Mesin Aerio bisa menyala, 10 menit mati lagi, CMP CKP sensor penyebanya {Jefry Alfiansyah Allan}
gambar 1 - 18 = CMP, 19 = CKP
otodiy.blogspot.com
Para Master semua, butuh bantuannya.
Oreo pas dipanasin pagi. Start nyala langsung, trus skitar 9 menitan mati sndiri. Distart lagi nyala langsung, skitar 8 menitan mati sendiri. Distart yg ke-3 g nyala. Didiemin lumayan lama start lagi nyala langsung, trus bbrp menit mati lagi.
Info terakhir dr bengkel langganan: Ini untuk ECU nya (engine control unite) lg di cek di orang khusus ECU/elektrik.. sdh ke baca saat di SCAN jalur bahan bakar dan injeksi terputus saat mesin kondisi mencapai temperatur nya.. klw untuk IAC, MAP, ISC ,TPS blm ada masalah
Sambil nunggu Cek ECU, ada yg bisa sharing?
Terimakasih sebelumya
gambar 2 - ECU yang diduga bermasalah
gambar 3 - CMP sensor juga bisa bermasalah
Update : Akhirnya ganti Sensor CMP dan CKP. Alhamdulillah 3 hari ini lancar. Semoga tetep lancar. Terimakasih suhu-suhu semua.
CMP 482.000, CKP 489.000 beli online. Masangnya dimontir langganan, ongkos pasang g tahu soalnya diincludekan jasa total.
-----------------------
Tambahan catatan untuk mempermudah saja :
merujuk pada gambar 1, berikut part-numbernya nya :
18 33220-50G02 SENSOR ASSY, CAM POSITION (aka CMP)
20 33220-80G00 SENSOR ASSY, CRANK POSITION (aka CKP)
Untuk memudahkan pengertian, diambil gambar dari report om Wirasaja :
gambar 5 - kiri CKP, kanan CMP
Untuk mengetahui letaknya, CMP ada di atas sebelah kanan mesin kalau kita melihat ke arah mesin. Dan CKP ada di kiri bawah dekat dengan pulley alternator. Mudahnya bisa dilihat dari report om kijangtua :
gambar 6 - posisi CMP (Camshaft Position Sensor), difoto dari kiri mobil (sisi aki)
gambar 7 - posisi CKP (Crankshaft Position Sensor), difoto dari arah box filter udara
gambar 8 - lubang kalau CKP dilepas
Gambar 7 dan 8 difoto dalam kondisi alternator aka dinamo ampere dilepas berikut beltnya juga dilepas. Yang nampak di foto adalah pulley Crankshaft dan pulley Waterpump.