most read in a week
Share letak no mesin dan no rangka Xpander {Wahyu Ramadhani}
Letak sekring / fuse cas / lighter Calya Sigra
DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G
Gambar 1 - Main Fuse Box hanya kode saja Bikin label yuk buat kasi keterangan fungsi dari Fuse dan Relay yang ada di ruang mesin karena hanya ada keterangan Ampere dari Fuse dan kode Relay saja tanpa ada keterangan jelas mengenai fungsi dan sirkuit apa yang dilindungi. Pada user manual terdapat penjelasan mengenai fungsinya tetapi tidak ada kejelasan secara lengkap untuk fungsi-fungsi relay, selain itu dengan adanya label petunjuk singkat pada ruang mesin membuat praktis bila melakukan pengecekan apalagi di kala darurat. Gambar 2 - Label Main Fuse Box - balik dan sejajarkan saja untuk baca
Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten
gambar 1 - Socket Connector http://otodiy.blogspot.com Masih penasaran dengan kabel untuk Camera Mundur biar bisa dipasang di Grand New Kijang Innova type G. Biarpun sudah membaca cara pasang camera mundur di Innova type V , tapi karena Head Unitnya beda tipe dengan Innova type G , biarpun sama-sama merk Fujitsu Ten, apalagi di panduan masih ragu mana Video IN plus dan groundnya, maka newbie coba browsing-browsing lagi buat nambah referensi. Dan dari google ketemu gambar-gambar berikut ini, meski kenyataannya tetap ada beda yah, but enjoy..... and do at your own risk....
Share wiring kabel kamera mundur Head Unit ex Fortuner pasang di Avanza {Kunaefi Atalah}
gambar 1 - Head Unit ex Fortuner terpasang di All New Avanza http://otodiy.blogspot.com saya pasang head unit di avanza saya pake bekas fortuner dan mau pasang kamera mundur tapi tidak tau posisi kabel vide in + dan - dan tidak tau juga posisi kabel sinyal mundurnya. Head Unit Panasonic made in tahiland tapi saya lupa typenya krn kondisi sdh dipasang di mbl
DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova
gambar 1 - tempat penyimpanan dongkrak dan tools innova Setelah selesai setel handrem , newbie pingin test putaran roda belakang. Lagi-lagi sebenarnya untuk melakukan pendongkrakan sudah tercetak cukup jelas di manual book, cuman biar lebih maknyus perlu dicoba praktek biar kalau di kemudian hari perlu melakukan udah ga mencocokan lagi titik dongkraknya dengan manual book :) Langkah kali ini tanpa penggantian ban, jadi proses pengenduran lugnut velg tidak dilakukan. Pertama buka pintu bagasi dan buka penutup penyimpanan dongkrak dan tools (gambar 1) sehingga nampaklah dongkrak dan toolsnya (gambar 2)
DIY : troubleshoot ABS dengan scan error code ABS serta perbaikannya
gambar 1 - diagnostic switch terminal pada monitor connector http://otodiy.blogspot.com Beberapa waktu yang lalu didapati lampu ABS sempat menyala tapi tidak selalu, lama-lama menyala terus. Awalnya dicoba membersihkan sensor ABS dan ring sensor di keempat roda sekalian membersihkan kampas rem, hasilnya lampu ABS tetap menyala. Kemudian lepas konektor modul utama ABS di ruang mesin, semprot dengan electro contact cleaner, hasilnya tidak membantu sama sekali. Akhirnya disempatkan untuk cek error code nya menggunakan seutas kabel yang dicolok ke monitor connector (gambar 1) untuk mendapatkan apa error yang terdeteksi di sana.
Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}
gambar 1 otodiy.blogspot.com Sore om dan tante.pengen curhat nih.ceritanya begini tiba tiba muncul servis sistem ASC.lalu saya masuk ke beres hari Kamis kemarin.dan dikatakan sensor abs nya aus kena tali layangan.lalu kata org beres harus inden 2minggu dan karena bukan kesalahan dr pihak pabrik saya disuruh beli dengan harga 376rb dan ok saya mau GPP supaya cepat slesai.tapi saya ngotot tidak mau gimana caranya harus ready barangnya.dan ternyata hari ini org beres copot sensor abs di mobil testdrive.lalu ternyata masih tetap muncul tulisan di layar.dan ini bilang lagi "KATANYA" mekanik lakernya ternyata aus kena benang layangan.tp saya heran apa hubungannya ya laker sama sensor.padahal saya lihat malah lakernya itu tidak center.yg bagian atas(garis biru) emang benar kena gesekan tali tapi bagian bawah masih utuh(garis merah).dan karena lakernya sudah aus mangkanya sensornya tidak mau baca.ini "KATANYA" mekanik sudah dicoba dr unit test drive dicopot lah dan dipindah