DIY : Aerio bunyi besi beradu, circlip intermediate shaft yang kendor penyebabnya {Hanif Hidayat}

 gambar 1 - circlip pengunci inner cv joint ke intermediate shaft
otodiy.blogspot.com
Mau tanya para suhu. Circlip buat bagian dalam CV joint dimensinya berapa ya? Bisa kah di substitusi dengan mobil lain? Terima kasih.
Circlip sepertinya udah bukan aslinya, ukuran kekecilan, nguncinya gak kenceng.
(Mudah lepas), udah bisa ditarik pake tangan om 😆 bunyi kayak besi mukul besi. Tapi suaranya kadang2 muncul kadang senyap.

 gambar 2 - circlip no 2 seperti di panah biru

gambar 3 - letak circlip di no 3, intermediate shaft yang menghubungkan ke inner cv joint

gambar 4 - 1.6 mm adalah besarnya circlip bukan internal diameternya.
cv joint geser2 di intermediate jadi ketumbuk2. Karena cv joint gak terkunci dengan baik ke as intermediate. Hampir sama seperti postingan ini : otodiy.blogspot.com/2010/06/diy-centraltech8-bongkar-intermediate.html

sementara mau nyari alternatif ukuran yg lebih besar terus dipotong.
gambar 5 - circlip pengunci pelor cv joint, no 7 yang dipakai untuk dibentuk
 gambar 6 - panah biru, circlip yang dipakai untuk dibentuk
gambar 7 - hasil pembentukan circlip
spinya bikin om, pake spi yang besar (yang buat ngunci mekanisme pelor cv joint). Spi dipotong menyesuaikan keliling sil as intermediate dikurangi sekitar 7mm.

gambar nomor 7 (di gambar 5 / gambar 6 panah biru). Dipotong dulu om spi nya, dikira2 sesuai keliling sil as, dikurangi sekitar 7-10 mm buat ruang saat clipnya mingkup ketekan inner cv joint. Kebetulan saya nemu clip yg diameter batangnya sesuai clip as intermediate. 
Cara ngerolnya manual om, kayak ngenteng plat gitu. Pake bantuan dua tang, dipukul2 di atas benda bulat (saya pake handel obeng ketrok) sampai bentuk menyerupai aslinya. Alhamdulilah cv joint kembali kencang tidak mudah lepas.

by Hanif Hidayat
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin