Error code P0012 pada Aerio, OCV buntu pada saringannya {Yogi Suryawan}

gambar 1 - filter OCV
otodiy.blogspot.com
Sedikit bercerita....pada hari Minggu Aerio dibongkar karena ingin ganti packing cylinder head, kok diganti kenapa??? Karena ada rembesan oli di packing cylinder head. Akhirnya diganti lah packing cylinder head sekalian skur klep, ganti seal"nya sama mas mekanik.... Singkat cerita...bla.....bla.....bla..... Aerio siap test jalan, mas mekanik bilang "mas e..... Mobile di test dulu, mudah"an aman gak ada masalah". Aku test jalan nih..... Menurut ku sih enak tapi angkatan awal agak gendoli (gendoli bahasa Indonesia nya apa?) Tapi sampai rpm 3000 tarikan enteng, itu test hari pertama. Mas mekanik bilang lagi..... "Dicoba aja dulu, soalnya kemarin kan liat sendiri rantai timingnya gak pas tanda di sproket sebelum dibongkar, lah ini aku paskah ditanda". Akhirnya aku minta tolong om Irwan yang biasa pecicilan untuk ngetes Aerio nya.....singkat cerita om Irwan nyoba nih, tapi aku gak ikut takut mabuk, aku nunggu di rumah om Irwan aja sambil minum kopi buatannya om Irwan (enak loh kopinya...besok kalau pada ke Jogja mampir ke om Irwan), akhirnya dicobakan Aerio nya.....pas selesai nyoba om Irwan bilang ke aku "om nganu.....itu lambang cek engine nya nyala" aku jawab "serius om....??? Mosok sih....??" Om Irwan njawab lagi "Ra percoyo.....delok Dewe" aku njawab lagi "siap.....", Ternyata bener cek engine nyala, aku mung mbatin "kenopo meneh Iki....." Akhirnya aku bawa pulang Aerio nya sambil mampir ke kawan yang punya scaner OBD, ternyata pas di scan muncul lah kode P0012, aku tanya ketemen P0012 itu apa??? Katanya sih itu sekitaran timing lah.

Keesokan harinya aku tanya mas mekanik "mas....itu cek engine nya nyala, trus kudu piye aku" mas mekanik njawab "ya dimatikan kalau nyala..." Aku njawab lagi "lah piye carane....???" Mas mekanik njawab lagi "coba aku geser lagi timingnya ke posisi semula sebelum bongkar cylinder head, aku ada fotonya kok...." Aku jawab singkat padat jelas "yohhhh siappp manut....wong aku Yo gak ngerti", akhirnya diperbaiki lah timingnya, lalu test jalan lagi.... Tak penyak gas 120 km/jam berkali", ehhh....muncul lagi P0012, tak tanya mas mekanik opo sih P0012 katanya timing mundur meskipun sebenarnya timingnya maju, jadi vvt nya yang keganggu. Aku njawab "oooohhhjj gitu....manut ae mas wong aku gak ngerti". Ahirnya mas mekanik bilang "coba aku cek lagi timingnya meleset gak....tapi sebelum cek timing, aku ngecek OCV dulu....siapa tau OCV nya yang bermasalah. Dibongkar lah OCV, dan ternyata eng....ing....eng saringan di OCV buntu ada endapan" kerak oli dan bekas" Sealer warna merah. Ahirnya dibersihkan lah sama mas mekanik.....telaten banget nyoblos lubang saringan sampai bersih, dicoblos.....ditiup.....dicoblos.....ditiup sampe bersih. Selesai semuanya dirakit lah OCV nya. Ahirnya suruh test jalan lagi, tak penyak gak 120 km/jam aman....gak idul lagi, masih penasaran aku lanjutin coba jam 12 malem biar jalanan sepi, tak penyak gas dan 150 km/jam aman...cek engine gak nyala, cuma makserrrrrr......takut bannya lepas, dan seumur" baru menyak gak segitu, biasanya pol mentok 100 km/jam aja udah ndredek.....oke sementara aman, nanti aku coba lagi....mudah" aman ya. Mohon doanya ya....biar Aerio nya sehat....waras.... Aamiin...

Pesan moral:
  1. Jangan telat ganti oli
  2. Gunakan oli yang asli yang sae 5-30 atau 10-40.
  3. Kalau ganti oli sekalian filter olinya
  4. Mungkin setelah 4 kali ganti oli, sekalian di cek OCV nya dan bersihkan saringan OCV nya.

Sekian cerita dari aku, aku Yogi tinggal di Sleman Yogyakarta. Kalau ada kata" yang gak mengenakkan mohon dimaafkan, karena saya manusia biasa. Semoga om"nya makin ganteng, Tante"nya makin cantik, aerionya sehat.....waras....dikasih rejeki yang banyak untuk nambah lagi.....aaminn

 gambar 2
 gambar 3 - letak saringan OCV, congkel pakai cutter
 gambar 4 - mampet
 gambar 5 - mampet
gambar 6 - mampet

by Yogi Suryawan
sumber : facebook AIC

dokumentasi dari proses sebelumnya :
 gambar 7
 gambar 8
 gambar 9
 gambar 10
 gambar 11 - posisi timing chain sebelum dibongkar
 gambar 12
 gambar 13
 gambar 14
 gambar 15
 gambar 16
 gambar 17
 gambar 18
gambar 19

sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}