Perbaikan mekanisme gantungan ban serep Innova yang macet {Haryo Bilawal}
gambar 1 - gantungan ban serep Innova
otodiy.blogspot.com
beberapa hr lalu ban mobil sya gembos,pas mau turunin ban serep putaran gantungan ban macet butuh waktu 1jam buat nurunin ban serep dgn cara si paksa efek puteran ban serep jebol.alamat beli gantungan ban serep baru.cek hrg di online ternyata hrg mahal 500rb keatas.copotan pun hrg hampir sama baru..hr ini mumpung libur coba perbaikin sendiri.bongkar katrolnya ternyata gigi gir selek semua,bawa kebengkel bubut minta perbaikin gigi gir nya ongkos 100rb.setelah selesai kembali sya rakit lagi pasang ke sasis trus di coba,lah kok msh macet ga bisa naik ga bisa turun,.saya lepas dan bongkar lg sya analisa penyabab macetnya.ternyata penyebab plastik di mulut katrol gantungan ban serep krn bentuk plastik udah ga sempurna menyebab kan rantai kusut nyakut pas di lobang rantenya,sya lepas plastik sya coba dan lancar udah sya tes beberapa kali naek turun udah ga sangkut lgi.lumayan hemat duit dan kembali fungsi..
gambar 2 - gear yang slek diperbaiki
gambar 3 - plastik yang bikin seret rantai
Arif Sanjaya : Yg d bubut brati gigik yg d lingkari itu ya om?
iya om itu yg slek rompal krn di puter paksa,efek rante kusut didalem
klo cuma macet aja cukup buang plastik di lobang rantenya aja,sesuai gambar yg sya uplod.punya sya knp dibubut krn udah doll .punya om blm doll?msh mau muter tp keras?
Wiwit Supriyanto : klo.plastiknya dibuang gpp om?
yg menyebabkan rante kusut krn nyangkut di plastik om.krn lobang di plastik udah peang peang itu yg bikin kusut.klo lobang plastik msh bagus ga bikin nyakut rante ga usah di buang.
liat tanda panah itu (gambar 4) klo plastik di buang lobang jd besar rante jd lbh los ga nyangkut di plasti penutupnya
gambar 4
by Haryo Bilawal
sumber : facebook Innova Community