DIY : tutorial ganti link stabilizer belakang Aerio 2003 old model

 gambar 1 - link stabilizer merk Heiker
otodiy.blogspot.com
Alat-alat :
Dongkrak
kunci 14, kunci pas dan ring/sok
kunci L

Bahan :

link stabilizer belakang, pastikan buat old model karena beda panjangnya dengan new model, pastikan buat sisi kanan atau kiri karena beda bentuknya. Heiker kanan harga 119rb

 gambar 2 - merk Heiker, sori blur
gambar 3 - yang diganti no 2 dan 3
Step - step :
1. Lepas ban
 gambar 4 - link stabilizer belakang kanan yang mau diganti
 gambar 5 - perbandingan lama dan baru
2. Lepas mur pengikat atas dan bawah, menggunakan kunci 14.
Karena keras gunakan kunci sok 14 mm dulu dengan gagang yang panjang untuk mengendorkan. Setalah itu pakai kunci 14 mm yang pendek biar leluasa mutar di area yang sempit.
3. Terakhir mur nya ga mau lepas karena baut nya ikutan mutar, tahan bautnya menggunakan kunci pas 14 mm dan putar murnya dengan kunci ring 14 mm seperti terlihat di gambar 6
 gambar 6 - tahan baut tengahnya dan putar mur nya
4. Lakukan cara yang sama untuk mur sisi bawahnya
5. Setelah kedua mur baik sisi atas dan bawah dari link stabilizer dilepas, dongkrak tromol supaya stabilizer tidak ketarik, jadi mudah untuk mencabut link stabilizer karena tidak ketarik batang stabilizer dan arm
 gambar 7 - dongkrak dan cabut lepas link stabilizer sisi atas
6. cabut link stabilizer sisi atas terlepas dari batang stabilizer / stabilizer bar
7. Untuk sisi bawah tidak bisa dicabut langsung, juga jangan diketok palu, karena untuk yang bagian bawah, link stabilizer yang nempel di arm harus diulir lepas. Gunakan kunci pas 14 mm untuk mengulir baut stabilizer lepas dari armnya :
 gambar 8 - harus diulir pakai kunci 14 mm untuk lepas dari arm bawah
 gambar 9 - perbedaan baut link stabilizer ori dan heiker
Terlihat di gambar 9 untuk heiker pakai kunci L untuk menahan bautnya, sedangkan untuk bawaan tidak ada lubang untuk kunci L, jadi harus ditahan pakai kunci pas 14 mm seperti cara di gambar 6 dan 8. Sedangkan untuk Heiker tidak ada tempat pakai kunci pas 14 mm di bautnya, sebagai gantinya pakai kunci L
 gambar 10 - perbandingan panjang, sama panjang, sori blur
8. masukkan link stabilizer sisi atas dan kemudian sisi bawah, berhubung sisi bawah harus diulir untuk memasukkannya, pakai kunci L untuk memutar baut link stabilizer bawah yang nempel di arm. Mur jangan dipasang dulu.
9. Setelah baut link stabilizer bawah sudah diulir masuk ke arm, pasang mur sisi atas. Tahan bautnya pakai kunci L, sementara murnya putar pakai kunci 14 mm
 gambar 11 - pasang mur dan tahan bautnya pakai kunci L
10. Setelah itu pasang mur link sisi arm, sama caranya tahan menggunakan kunci L dan putar mur nya dengan kunci 14 mm
gambar 12 - terpasang
11. Pasang ban kembali dan selesai

regards,
singachu

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}