DIY : Perbaikan coolant yang sering berkurang dan rembes oli dari o ring filter aerio {Eko Gendut}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Selamat siang om2 dan tante2 serta para sumas semua, perkenankan saya sedikit berbagi cerita pengalaman. Maaf kalau ada yang salah mohon advise perbaikannya maklum newbie๐Ÿ™.
Ada dua permasalahan yang muncul di aerio saya.
  1. Cairan coolant sering berkurang baik di radiator maupun di tank reservoir. Kira2 150km berkurang 1literan.
  2. Muncul ceceran oli mesin di sekitar filter oli dan carter oli sampai menetes di kolong. 2 bulan dari batas atas deep stick berkurang hanya tinggal 1/4 bagian diatas batas bawah deep stick.


1. Cairan coolant sering berkurang baik di radiator maupun di tank reservoir. Kira2 150km berkurang 1literan.
Analisa : awalnya tutup radiator rusak dan diganti dengan yang kw (denso warna kuning), setelah beberapa waktu muncul rembesan coolant pada sambungan selang bawah radiator dengan pipa besi.
Maka diputuskan untuk mencoba ganti tutup radiator dengan ori sgp 1.1 dan ganti selang radiator bawah (panjang).
Perbaikan : mengganti tutup radiator dengan ori sgp dan mengganti selang bawah radiator dengan tambahan sealer threebond tahan panas.
Hasil : cairan coolant tidak berkurang baik di radiator maupun tank reservoir.
Biaya : tutup radiator original sgp(75k), selang radiator bawah sgp (125k)

gambar 2 - Kuning (kw denso), merah (ori sgp)

2. Muncul ceceran oli mesin di sekitar filter oli dan carter oli sampai menetes di kolong. 2 bulan dari batas atas deep stick berkurang hanya tinggal 1/4 bagian diatas batas bawah deep stick.
Analisa : awalnya dikira kwalitas filter oli yang jelek setelah dibersihkan dan diganti filter selang 1 hari ceceran oli kembali timbul. Maka perkiraan pindah ke seal rumah filter, dugaan semakin menguat saat searching di grup FB AIC.
Perbaikan : melakukan tap oli kembali (tidak wajib) kemudian membuka cover header untuk memudahkan melepas 3 baud dudukan rumah filter dengan kunci 12. Setelah rumah filter dilepas ternyata didapatkan seal oring sudah termakan usia, bentuk sudah gepeng dan tidak elastis. Saat berada di dalam got oring sudah tidak menonjol keluar. Langsung cari di toko onderdil terdekat, tetapi oring yang diinginkan tidak ada yang ada oring kw avanzah dengan terpaksa membelinya dengan harga 15k. Dirasa tidak meyakinkan maka saya putuskan untuk tetap menggunakan oring lama dengan sedikit modifikasi. Langkah awal beri setengah tinggi got dengan sealer threebond ratakan keliling got, biarkan agar sedikit mengenyal kemudian masukan oring ke got perlahan tetapi jangan sampai masuk full tetapi biarkan menonjol keluar got. Kemudian tambahkan sealer ke sisi luar got dan ratakan biarkan sampai agak mengenyal tetapi jangan sampai keras. (hindari sealer di sebelah dalam oring takutnya saat dipasang sealer mbeleber ke dalam saluran oli). Kemudian pasang kembali rumah filter ke blok mesin kencangkan baud secukupnya (takut slec karena gak punya kunci torsi). Biarkan sampai kira2 sealer mengeras. Kemudian pasang kembali baud penutup carter lalu isikan kembali oli mesin. Pasang kembali cover header.
Hasil : setelah pemakaian 2 hari tidak ada ceceran oli mesin disekitar filter dan carter oli.
Biaya : oring kw (15rb) tetapi tidak jadi digunakan. Sealer threebond tahan panas masih sisa banyak untuk sambungan selang radiator.

 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
 gambar 8

Demikian sedikit share pengalaman dari saya, semoga bermanfaat bagi teman2 semua apa lagi newbie seperti saya ๐Ÿ™.
Mohon maaf apa bila ada penjelasan yang salah dan kata2 yang kurang tepat dari saya.๐Ÿ˜…. Untuk dokumentasi foto saya sertakan.

by Eko Gendut
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF