Share service AC Aerio di dealer Denso AC magelang {Kun Widodo}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Late story
Berbagi cerita......
Awalnya hanya mau servis besar AC saja karena mau dibawa ke Jakarta yg cuacana very2 hot meski hujan deres.
Yang dirasakan sebelum2nya...... Kalau dibawa jalan jauh lama2 ac jadi anget..... Ilang dinginnya, apalagi kl jalannya siang hari panas, makin spt sauna 😀😀😀😀
Meski bisa diatasi dg jalan meng Off kan AC beberapa saat, kmd bisa dingin lagi.....

Datanglah saya ke dealer denso ac magelang utk servis pd hr Sabtu 14 Des 2019 jam 11 siang.
Masuk bengkel langsung dicek sama mekanik dan di dapat hasil tekanan freon kurang dr setandarnya (ga tau berapa setandarnya) mungkin nanti kang AC H-dy bisa kasih pencerahannya......
Diskusi dg mekanik akhirnya di dapat kesimpulan kalau mau servis besar AC mesti nginap krn nanti semua sistem AC dibongkar dan dicek satu 1.
Naaaa....... Berhubung malemnya ada kerjaan dan ga punya serep mobil/motor akhirnya saya putuskan masuk bengkel hari Rabu saja (18 des 19).
Kemudian saya minta pendapat sama mekanik buat ngatasi sementara ac yg kurang dingin bagaimana...... Mekanik nyarankan tambah freon aja meski nanti saat servis akan terbuang. Dan saya iyakan saja drpd ga dingin.....
Hasil sth ditambah freon ac jd duiiiingiin bingits 😀😀😀😀

Hari Rabu 18 des 19 jam 08.00 mobil masuk bengkel lagi utk servis besar ac (emang udah diniatin, jgn nanya....udah dingin kok servis lagi. Freonnya eman2 dibuang..... Biariiin 😛😛😛)
Masih di hari yg sama ditelp sama bengkel memberitahu kalau Evap bocor...... (padahal evap baru th 2015 ganti baru) ngobrol2 nanya harga dan dijawab 1.25jt merk Denso (dealer Denso ga sedia merk lain), jangan komen pake merk Pokka dpt 3 tuh..... Ini evap Denso broo...
Krn memang harus diganti ya saya iyakan saja......meski hati merintih duh kok larang banget.....
Hari pertama......Done.

Lanjut cerita di hari ke 2.... 19 des 19 (tanggal cantik nih...... 😁😁)
Dapet telpon lagi dr bengkel klarifikasi bahwa yg diinfokan kemaren ttg evap bocor ternyata salah mobil..... Bukan Mpreed (Alhamdulillah ga jd keluar banyak......seneng dunk sayanya..... 😄😄😄
Dan informasi berlanjut.....memang evap tidak perlu ganti....Tapi tutup tempat filter dryer kondensor ga bisa dibuka alias macret bin seret dan stuck 😢😢😢 plus sirip kisi2 sdh pada rompal...... Meski ga bocor
Satu 1 nya jalan adalah ganti kondensor.....dan lagi2 hanya ada merk Denso.... Tanya harga....1.6..... Alamaaaak lbh mahal dr evap 😭😭😭😭
Dan mau ga mau saya iyakan lagi.... Karena kl tidak diganti ya akan percuma, sama aja spt mesin ganti oli tp ga ganti filter oli..... Rugi bandar.
Dan jam 13.00 ditelpon lagi kalau servis ac nya sudah selesai dan mobil bisa diambil...... Total jendral biaya 2.7 (dpt diskon 5% krn booking servis).
Diambilah mobil di dealer......... Kmd ngobrol2 lagi ama mekanik apa saja yg dikerjakan dan diganti.
1. Kondensor
2. Selang low press, katanya udah lemes dan ini yg bikin bocor alus freon shg tekanan berkurang
3. Tutup permanen jalur udara luar
Kemudian test ac......... Dan kembali dingin, saya tanya cut-off kompresor di suhu berapa..... Dia jawab di suhu 4°C Off, lalu di 4.5-5 On lagi.
Mobil dipakai tiap hari dan ac always dingin.
Semalem (20 des 19) start jam 19.30 buat lukot ke Semarang dan balik lagi sampai rumah jam 00.30 aman jaya lancar sentosa ga da kendala.

Oiyaaa.......... Servis ac terakhir yg saya lakukan 2.5 tahun yang lalu di tempat yang sama, ketahuan ama bengkel krn sdh ada datanya 😁😁😁😁

Pelajaran yang bisa diambil
1. Sistem AC juga butuh servis berkala spt mesin; ganti oli, freon, filter dryer
2. Patuhi anjuran bengkel jadwal servis, biasanya disarankan tiap 6 bulan maximal 1 tahun.
3. Gunakan filter kabin
4. Perhatikan kondisi kondensor
5. Perhatikan putaran extra fan (lebih kenceng lebih baik)

#ACDINGINBELUMTENTUSEHAT
#ACSEHATPASTIDINGIN

Salam
AIC482
 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
gambar 6

by Kun Widodo
sumber : facebook AIC

Comments

  1. Thank you infonya gan..
    Salam dari kami Dealer Resmi AC Denso
    http://kikijayabekasi.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten