Ganti water pump yang patah bilahnya dan tambal blok mesin Aerio yang lubang karena korosif {Ary Fourlife}

gambar 1 - blok mesin berlubang dan air pendingin bocor
otodiy.blogspot.com
Curhat apa keluhan gt lah pokoknya...
#Ambyaaarrrrkabeeehhh
Berawal mau cek dan tambah air radiator, begitu diisi hampir 3ltr botol mineral..air
yg diisi berkurang drastis spt yg terlihat di video 1, derasnya air bikin deg degan...😁
Kondisi mesin sedang tdk hdp..kalo hdp suara kaya mesin dompeng🤣🤣
Mmg sebelum2nya WP sdh bermasalah dan bunyi spt gesekan besi.

Santuy,sabar intinya...
Kuat dilakoni..ora kuat ora dilakoni😘😘

#AIC932
sumber : facebook AIC
video 1 - air bocor dari blok mesin

gambar 2
gambar 3


Berawal dr mau ganti waterpump yg bilah2nya udh kolaps dan bearing yg udh sengklek, 

begitu sdh diganti waterpump dan test kebocoran rupanya masalah terbesarnya diblok 

mesin bagian bawah depan/yg sejajar dgn waterplug(yg dilingkar putih - gambar 3) jebol...
Waktu pengerjaan dihalaman rmh dibawah pohon mangga..final solution hrs derek 

kebengkel dan turun mesin utk pastinya..

Selamat beristirahat yg panjang #932

sumber : facebook AIC

 gambar 4
 gambar 5 - bilah waterpump patah
 gambar 6
 gambar 7 - lokasi bocor
 gambar 8 - titik kebocoran
 gambar 9 - keluar air
posisinya diblkg kompre ac om (gambar 7, 8), kirain hanya waterplug/mangkok airnya yg bocor..begitu dicek ternyata dinding blok mesin yg bolong (gambar 8)
Posisi jebolnya didlm lingkaran itu om, jd ga keliatan krn ketutup sama kompresor

penyebab kurang tau jg om, feeling agak kepecahan bilah2 waterpump yg patah (gambar 5)

ada tanda-tanda bunyi om, cuma ga ngeh antara bearing dinamo cas apa waterpump gt...
Begitu dinamo cas diganti masih bunyi, brrti waterpump tersangkanya
gejala overheat, aer nambah trus om...bisa jadi jg krn pecahan2 bilah kipas waterpump

Lobangnya ga seberapa 6/7mm, posisi kebocoran berada diblok dibelakangnya pompa ps/kompre ac...kenapa foto harus pake kaca spion (gambar 8)?? Berhubung agak kedalam, jd dampak dan  efeknya sgt luar biasa kalo dibiarkeun, berhubung ada air/coolant yg mengatur  sirkulasi mesin(correct if i'm wrong).

On progress #sibandit, pengerjaan tambal keseluruhan ruang, sekalian ganti waterplug  kuningan 30mm 2 pc.

siap om, hilangkan pemakaian air ledeng...mengakibatkan korosi pd dinding blok. berhubung lobangnya sebesar baut cacing 6/7mm...dimasukin baut seukuran itu lalu dilas almunium...kalo saya pake lem tahan panas dan tahan tekanan om


video 2 - air bocor dari blok mesin yang berlubang

sdh selesai om,cm td mekanik lupa fotoin lobang yg ditambal😟

by Ary Fourlife
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten