Tambahan OCT pada Ertiga Diesel untuk mengurangi kotoran dari uap oli {Ivy Rubianto}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Sebagus apapun mesin diesel, tetap pasti membutuhkan OCT oli catch Tank.....sebab uap olie pasti sampai ke PCV dan mengotori dengan cepat....hihihi
sekarang pakai oli Suzuki sae 5 - 30


 gambar 2
 gambar 3

Adam GpSebenernya bawaannya udah ada oil separator, posisi di belakang intake (gambar 4). Jadi OCT tambahan ini posisi dimana?Tabung warna hitam di sebelah kanan itu adalah oil separator bawaan. (gambar 5)

gambar 4 - oil separator

gambar 5 - tabung hitam sebelah kanan adalah oil separator bawaan

Ivy Rubianto :
Klo ada pun oli masih lolos ke slang turbo, sedang ini sy pasang tiap 1000 km Nemu 15 CC oli kotor, aman di turbo....jg
posisi sebelum sparator, sehingga mudah membuang sisa uap olie
Adam Gp :maaf Om, kalo posisinya sebelum oil separator menurut sy kurang pas. Dan tentu saja dapat olinya banyak.Karena sebenernya di oil separator bawaan itu uap oli diperangkap dan dimasukkan lagi ke dalam bak oli.Memang betul tidak semua terperangkap, sehingga sebagian tetap lolos dan menuju turbo/intercooler. Semakin sehat mesin semakin kecil blowby nya maka semakin sedikit juga penguapan olinya 🙏. udah wacana dari lama. Tapi cabut selang dari oil separator ternyata lokasinya nyempil, tangan susah masuk ☹️☹️. Jadi sementara uapnya dibuang ke udara bebas.
Ivy Rubianto :Oli coklat bau, gak tega masuk mesin lagi.....gpp, klo ini hanya suka2 aja... Olie kotor uap , lebih baik dibuang.....1000 km hanya nambah 15 - 25 CC......klo di ikutkan ke separator kembali kemesin, gk tega laah.....sebagian jg lari ke turbo....ini yg bikin masalah.
Adam Gp :Lhoo.. kalo tetap masuk ke separator berarti uap oli sebagian tetap masuk ke mesin dan sebagian lagi tetap ke turbo meski jumlahnya mungkin makin minim 😁.Kenapa dari OCT tambahan gak dibuang ke udara bebas aja biar lebih bersih lagi Om?
Ivy Rubianto :Bukan minim, tapi bersih.....makanya cari OCT yg berkualitas.Ada racun NO3....hrs diolah lagi.

by Ivy Rubianto
sumber : facebook GADIES

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}