Share video rekaman OBD gaya menyetir Pulse And Glide pada Aerio transmisi manual

 gambar 1 - screen shot video saat menyetir
otodiy.blogspot.com
Share video rekaman gaya nyetir newbie saat menerapkan Eco Driving dengan metoda Pulse And Glide. Sebenernya ada beberapa macam style / gaya menyetir untuk Eco Driving, khusus untuk manual. Dari percobaan newbie di Aerio Manual, Innova VVTi Manual, Veloz manual, gaya Pulse And Glide yang cukup enak untuk diterapkan. Sedangkan kalau untuk Matic, newbie lebih merasa mudah menerapkan gaya steady injakan throttle. Kali ini newbie coba rekam video dari OBD Reader, karena agak susah juga menjelaskan dengan kata-kata, seperti oper di RPM berapa, pakai gigi berapa saat speed berapa. Susah karena harus liat sikon lalu lintas dan kontur jalan. Mestinya ini dibarengin video jalan raya lebih baik sih, cuman newbie belum bisa.
Metode Pulse And Glide sendiri banyak dibahas di internet, jadi silahkan di search sendiri.

Video yang newbie pakai adalah OBD Reader dengan aplikasi Hobdrive. Berikut penjelasan beberapa point-point bacaan :

 gambar 2 - point-point bacaan
gambar 3 - point-point bacaaan

Dalam video kali ini, perhatikan area Bukaan Throttle (TPS), 0% artinya pedal gas tidak diinjak, dan lebih dari 0% artinya pedal gas diinjak, seberapa dalam ditunjukkan dalam persentase, 100% artinya pedal gas diinjak mentok lantai (asal ga keganjal karpet atau setelan kurang pas).

Hal lain yang dilihat adalah Fuel Consumption Instant dan Fuel Consumption average atau rata-rata . Fuel Per Hour, Kecepatan, dan RPM. Lainnya kurang terkait langsung dengan video kali ini. Untuk Accelerasi newbie dapati kurang real time untuk displaynya, banyak delay sehingga kurang bisa membantu.

Mobil yang digunakan :
  • Aerio M/T 2003. Speedometer digital, ada selisih yang tampil di speedometer dengan yang di OBD, Speedometer lebih cepat 3 km/jam dibanding yang di video ini.
  • Ban yang digunakan 185/65/15, Bridgestone Techno Tecaz, bawaan aerio 195/55/15, pernah diulas juga di sini.
  • Ubahan di header, dan tahun 2007 pernah pasang Unichip type C, dan lain-lain printilan ga penting.
  • Busi standard cooper NGK BKR6E-11
  • Bensin premium. Pengisian terakhir di 19 Maret 2020 (gambar 4), belum isi lagi karena ada social distancing jadi jarang kepakai mobilnya.
  • Display Fuel Consumption Average sepertinya perlu dicalibrasi lagi, belum newbie lakukan, karena yang newbie pakai versi Demo jadi untuk kalibrasi agak panjang dan perlu kedisiplinan koneksi OBD setiap kali mesin hidup, ini yang kadang tidak newbie lakukan kalau short trip, dan kadang koneksi Bluetoothnya error jadi ada delay pencatatan. Cuman dalam point sharing kali ini tidak usah terlalu dilihat secara angka absolute nya, relatif aja.


gambar 4 - test isi full to full saat 19 Maret 2020

Video yang direkam :

  1. Video 31 Maret 2020 sekitar hampir jam 6 malam, kombinasi tol non tol, kondisi jalan cukup sepi karena social distancing wabah Covid-19. AC ON dan Lampu ON, lampu ini newbie liat cukup berimbas juga ke konsumsi BBM. Playback speed normal, lumayan lama 34 menit.
    Ternyata suara ga ikut terekam waktu newbie coba kasih penjelasan saat perekaman, jadi newbie ganti dengan tulisan di video, cuman ga akurat banget. Penjelasan di awal-awal jadi ga perlu play sampai habis sudah cukup.
  2. Isinya adalah Video 1 yang playbacknya dipercepat 4x lipat, jadi untuk memperhatikan gaya menyetir lebih enak yang ini karena ga usah play lama-lama.
  3. Video 1 April 2020 pagi menjelang jam 8, setelah keluar dari tol biasanya akan terjadi drop Fuel Consumption yang banyak, newbie coba terapkan gaya pulse and glide semaksimal yang newbie bisa menyesuaikan traffic supaya drop FC nya tidak terlalu banyak. Karena biasanya atau dulunya newbie banyak loss saat jalan dalkot, ternyata bisa sangat terbantu dengan penerapan pola kendara yang tepat
Tentunya semakin banyak macet dan mobil diam, akan sangat berpengaruh pada FC, karena Fuel Per Hour terus jalan sedangkan distance tidak bertambah. Hanya intinya kalau mau menerapkan Eco Driving adalah saat jalan, kita kontrol supaya tidak boros. Maksimalkan saat bagus, dan minimalkan saat jelek, sehingga secara rata-rata akan lebih baik. Kecepatan optmal kalau newbie perhatikan ada di kisaran 80 kpj, tapi tentu saja kita tidak bisa selalu berada di kondisi ideal. Yang penting bagaimana kita beradaptasi.

Dan tentu saja harus terapkan Safety Driving dan juga Defensive Driving, karena percuma irit kalau kecelakaan. Defensive Driving pun juga berimbas lebih efisien karena kita melakukan antisipasi terhadap kondisi lalu lintas dan pengendara yang lain, sehingga tidak banyak kita buang momentum atau terlalu banyak kita konversikan energi dari BBM jadi energi panas di Rem.

Tidak semua orang suka menyetir eco, ada yang suka kencang, spirited rider dsb, tiap orang punya hobi masing-masing, dan punya cara masing-masing untuk berkendara :) 

Enjoy the video, semoga membantu.


video 1 - Gaya menyetir Pulse And Glide pada Aerio

video 2 - Playback Percepat 4x Pulse And Glide

video 3 - Mempertahankan Fuel Consumption saat jalan dalam kota

Foto FC:

 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
 gambar 8 - tune up ganti oli 13 juni
 gambar 9 - tune up ganti oli 13 juni 
  gambar 10 - tune up ganti oli 13 juni
 gambar 11


regards,
singachu

Comments

  1. Gan pake obd apa yg dipake buat aerio 2003, saya coba pakai obd2 elm327 v.1,5 ga bisa coneck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan v 1.5 bukan clone atau turunan dari 2.1

      Delete
  2. Replies
    1. bisa pakai software ELM Chat. Tapi ya itu artinya setelah barang datang, yang bisa jadi zonk.
      Jadi kadang mastikannya ya kalau sellernya ngerti atau berdasarkan review

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G