DIY : repair menukar switch remote alarm dan pairing / kloning ke remote baru {Kun Widodo}

gambar 1 - tukar swith remote dan kode frequensi untuk patokan pembelian remote cloning
otodiy.blogspot.com
Sore kawan2......
Sesuai janji saya di postingan kemaren ttg foto kunci dan remote.
Hari ini saya mencoba memberikan informasi yang lebih detail.
Berawal dr remote mobil yang hanya semata wayang alias ga da serep dan sudah mulai menunjukkan gejala lelah.....
Remote mobil saya sudah bukan asli bawaan suzuki, tp sdh diganti oleh pemilik sebelumnya menggunakan remote aftermarket merk RWB.
Gejala remote lelah.....sejak hari Jumat tanggal 9 Okt 2020 yaitu tombol Lock ga mau mbalik alias on terus, kl dipencet sudah tdk terasa ceklik ceklik 😁😁😁
Sehingga kalau remote dekat dengan mobil.....suara buzzer selalu bunyi spt tombol Lock ditekan.... Bunyi "wik" sekali tapi secara periodik juga bunyi. Kalau buat jalan.....doorlock akan "ceklek-ceklek" terus....
Akhirnya malamnya mencoba untuk repair remote.
Dibongkarlah remote satu satunya utk cek fisik switchnya.
Dan didapatkan memang switch utk Lock sudah error, beda dg switch lainnya. Mulailah berimprovisasi, ngakali bagaimana agar remote tetap bisa dipakai.
Setelah dibongkar ternyata model switch 4 4nya sama, dan diputuskan untuk menukar switch saja....
Modal solder saja sudah cukup.
Switch ditukar dr switch Lock dan Buzzer..... Swing, tukar tempat.
Tapi berhubung switch Lock error, sebelum dipasang lagi saya buka dulu untuk menonaktifkan switch. Saya bongkar switchnya lalu plat penghubung saya buang....fisik switch msh tetap hanya dalamannya sdh tdk saya fungsikan. Lihat foto 1 anak panah
Selesai tukar tempat switch....saya coba tombol2nya....dan berfungsi.
Naaaa......repair remote sudah berhasil, tetapi tetep khawatir kalau2 ngadat lagi. Serching di marketplace ttg remote clonning dan nemu di salah satu toko yg bisa diajak diskusi meski harganya sedikit lebih mahal....
Saya mencoba diskusi di bbrp toko tp yg bisa diajak diskusi hanya 1 😁😁😁 yang lainnya jawaban nya setandar.....maaf kami belum nyoba, maaf kami juga tidak tahu.....seller koplak batin saya 😀😀
Padahal saat diskusi saya sertakan juga foto remote spt foto 1
Harga remote kosong 50k
Dr situ akhirnya orderlah remote kosong utk dikloning.
Oiya......dr remote yang saya bongkar itu....saya mencoba menyimpulkan bahwa remote saya pakai frekuensi 433MHz. Lihat foto 1 lingkaran merah
Kmd saya order ke seller malam itu juga....dan Minggu sore barang pesanan sampai ke alamat.
Berhubung Minggu libur....pesenan saya ambil hari Senin 5 Okt 2020 sekalian dg kirim barang.
Setelahnya saya coba mengikuti tutorial yg disertakan dan berhasil. 
Silahkan lihat videonya...
Catatan:
Syarat mengkloning remote
  1. Remote master atau yg dipakai masih berfungsi tombol2nya
  2. Tahu frekuensi remote yang dipakai; 433, 315 dll
#Disclaimer; ini berlaku hanya untuk saya, apabila ada yg mengikuti seperti saya dan tidak berhasil, kesalahan bukan ada pada saya.
Salam
AIC482
gambar 2 - petunjuk pairing / kloning remote
gambar 3

video 1 - Cara kloning remote alarm

sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Tutorial setting AFR Aerio {Kun Widodo}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin