DIY : Review Aerio matic ganti injector 4 hole dengan 12 hole {Kun Widodo}
gambar 1 |
otodiy.blogspot.com
Ini versi lengkap season 1
Penggantian injektor Aerio 4 hole dengan injektor Swift 12 hole.
Perbedaan masing2 mulai dr lubang dan dimensi silahkan lihat foto secara seksama.
Proses penggantian dan pemasangan Plug n Play ga ada yang perlu diubah, langsung PLEK ππ
Meski secara bentuk ada sedikit perbedaan
Untuk saat ini part pendukung yang saya pakai
- Injektor 12 hole
- Busi Denso IK20
- Koil original Denso Japan
- Kabel busi/koil original
- Filter udara Apex
- TB spacer 10mm
- Fuel pump original Avanza by Denso
Review sesaat kondisi mobil diam tidak ada perbedaan signifikan
Review jalan sebentar nyantai..... belum merasakan perubahan
Besok pagi baru bisa merasakan kondisi real sehari2, stop n go, kick down, down shift, engine brake dll
Untuk fuel consumption akan saya review seminggu kemudian (kalau ingat πππ)
Oiya.....ada satu temuan saat bongkar injektor
Yaitu.....permukaan injektor terlihat kotor kerak bbm (saya pemakai bbm oplosan, kadang pertalite, pertamax kadang juga perta turbo)
Ada baiknya injektor dibersihkan secara berkala terutama pakai alat injector cleaning (ultrasonic)
Silahkan simak foto terakhir
Silahkan disimak foto dan videonya sampai selesai agar ga gagal paham ππ
Simak dulu.....baru berkomentar ππ
gambar 2 |
gambar 3 |
gambar 4 |
gambar 5 |
gambar 6 |
gambar 7 - injector 12 hole terpasang |
video 1 - persiapan pemasangan injector 12 hole
gambar 8 - pagi setelah terpasang injector 12 hole |
#Update review
270921 01.10
Tadi jam 22.45 dpt panggilan dr RS ada operasi mendadak 2 pasien, Naaaa....sekalian review singkat nih
Saat berangkat.....jalanan masih rame belum bisa kick down, hanya ngekor Masjero aja ππππ
Selesai op 2 pasien am 01.05.....waaah, cocok nih buat test kick down meski jalanan juga ga sepi2 amat.
Ketemu jalanan lurus lapang meski sedikit nanjak tapi landai
Dicobalah KICK DOWN....ga terasa sampai 112 masih di gigi 3 dan angkat kaki dr pedal gas krn di depan sudah ada truk pasir konvoi ππ
Overall......enak banget dan sepertinya perpindahan gigi lebih smooth, entah saya nya yg tersugesti atau emang ada korelasinya....saya ga tahu ππ
Kamis tgl 30 rencana lukot ke Klaten jemput anak, rutenya kombinasi naik turun gunung, tol, jalanan kabupaten rame.
Grabag, Sala3, Boyolali, Klaten, Prambanan, Pakem, Turi, Magelang, Grabag.
Sekalian nanti review FC nya....metode Full to Full njeglek.
Salam
AIC482
sumber : facebook AIC
update 29 sept 2021
video 2 - rekaman OBD setelah pasang injector 12 hole part 1
Sudah setelan ideal irit belum?πππ
Ditunggu komen dan masukannya πππ
#injektor12hole
#afrwatonputer
.
Salam
AIC482
sumber : facebook AIC
update 1 okt 2021 :
Pagi kawan2......
Ijin melaporkan review pemakaian #injektor #12hole
Postingannnya ada di siniπ
https://m.facebook.com/groups/aerioclub/permalink/10158415955070205/
Start Grabag jam 16.30 full tank ceklek nozzle, ga sampai luber.
Trip di 0 kan dulu.
Rute Grabag Sala3 Boyolali Klaten Prambanan Turi Magelang Grabag Magelang.
Rute jalanan kombinasi naik turun gunung, tol, jalanan biasa.
Jarak sesuai di trip spido 183.2 km
Pagi ini full tank ceklek nozzle lagi ketemu 18.7 liter pertamax
Kalau dihitung ketemu 9.79 km/l
Settingan sesuai yang tertampil di video scanner, belum saya ukur tahanan di potensio AFR
Siang nanti.....saya fotokan kondisi businya
Konklusi menurut saya :
- Tidak ada perbedaan signifikan masalah FC, mungkin karena karakter mengemudi saya yang boleh dibilang sebagai driver agresif π
- Untuk dijalanan stop n go dan tanjakan butuh injakan gas lbh dalam (rpm tinggi)
- Untuk jalan tol.....enak banget, apalagi kl sudah stabil di atas 100kpj
- Perlu setting ulang melalui AFR agar dpt angka yang optimal, masing2 mobil akan berbeda settingan yg optimal, JANGAN DISAMAKAN.
Monggo......silahkan, saya buka diskusi dan masukannya
Salam
AIC482
gambar 9 |
video 3 - rekaman OBD setelah pasang injector 12 hole part 1 dan kondisi busi
stop n go enakan yang 4 hole afr 11.9 ohm, kalau yang 12 hole sudah diputer2 setelan sampai angka injektor minimal 0.9xx tapi belum ketemu afr yg enak untuk 12 hole ππ.
update :
Video yang atas itu (Video 3) kondisi busi dingin setelah pemakaian sesuai rute.
Video itu (video 3) saya ambil jam 3 sore.
Kondisi awal spt video kmd iseng saya dorong ujung elektroda positif....lha kok patah ππ
Foto perbedaan gambar 10 :
gambar 10 |
Kmd.....busi yg patah itu saya pasang lagi....mesin masih bisa nyala normal.
Naaa....video yg ini (video 4) sesaat setelah sampai rumah (pulang dr RS)
Krn kadang kan warna busi saat dingin dan panas berbeda, makanya saya buat video ini (video 4)
Begitu ππ
video 4 - Kondisi busi setelah dipakai jalan, kondisi panas
yg lingkaran hijau masih lurus....tp memang kondisinya spt logam dilelehkan.
Spt timah kena solder.....njendol dikit π
3 busi lainnya blm saya cek, td cuma lepas satu saja.
Besok saya update om π
makanya besok nyoba naik 1 step ke IK22 dan AFR kembali 11.9 atau injektor ke 1.000
by Kun Widodo
sumber : facebook AIC