Jumat, 27 November 2009

Titik dongkrak dan pengangkatan Aerio dan Next G

Untuk melakukan dongkrak / mengangkat kendaraan tentu sebaiknya diletakkan pada titik-titik yang direkomendasikan oleh pabrikan agar tidak terjadi kerusakan pada kendaraan atau bahkan menyebabkan kecelakaan.

Untuk menggunakan dongkrak gunting yang merupakan bawaan mobil bisa dibaca di user manual halaman IX-2 dan IX-3. Sayangnya untuk pembeli kendaraan bekas belum tentu mendapatkan user manual tersebut. Saya coba cantumkan di sini titik untuk dongkrak dan juga titik untuk mengangkat dengan dongkrak besar / hidrolik lifting / meletakkan bahkan jackstand, silahkan disimak.


PERINGATAN : (dari buku manual)
  • Gunakan dongkrak hanya untuk mengganti roda.
  • Jangan mendongkrak kendaraan di tempat yang miring
  • Jangan menempatkan dongkrak di lain lokasi yang telah ditentukan pada gambar
  • Yakinkan bahwa dongkrak telah terangkat 5 cm (2 inch) sebelum mencapai  chasis, penggunaan dongkrak di bawah 5 cm (2 inch) dapat menyebabkan dongkrak rusak
  • Jangan berada di bawah kendaraan yang sedang didongkrak
  • Jangan menghidupkan mesin saat kendaraan sedang didongkrak


Berikut adalah letaknya, di buku manual versi indonesia hanya yang sebelah kiri, tetapi tidak ada salahnya melihat yang sebelah kanan bila mobil anda menggunakan asesoris bodykit. Prinsipnya / letaknya sama saja.



Berikut adalah tempat-tempat lifting lainnya termasuk mendongkrak dengan dongkrak buaya besar dan untuk meletakkan jackstand. Perhatikan gambar atas saja (berpenggerak depan saja) karena untuk pasar Indonesia hanya 2WD, apabila kendaraan anda 4WD maka perhatikan gambar di bawahnya.






regards,
singachu


Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar