DIY : Test kondisi cell aki

Usia aki newbie bentar lagi akan ultah 1 tahun, sejak ganti newbie punya "keinginan" bikin aki ini awet, kalau aki sebelumnya berusia 2 tahun 11 bulan, bisa gak yah aki kali ini tembus 4 tahun ? hehehehehe !?
Well, terlepas bisa apa enggak dah lama newbie gak menggunakan hydrometer yang dulu newbie sempet tebus dengan harga sekitar 20rb. Test kondisi cell aki ah.....

O ya, newbie dulu simpan artikel dan baru saja newbie copy paste ke blog dan coba newbie terjemahin secara bebas, silahkan baca dulu kalau pingin tau apa itu hydrometer dan gimana cara test tingkat charge aki.

Kondisi mesin masih dingin karena terakhir mesin dinyalakan adalah kemarin malam jadi terakhir aki dapat setrum dari alternator sudah semalam yang lalu. Test ukur voltase didapati 12.68 volt. Buka tutup cairan pengisi aki dan sedot cairan pakai hydrometer secukupnya sampai skala indikator mengapung, ketok-ketok pakai jari tangan untuk meyakinkan indiaktor tidak lengket ke dinding kaca sehingga dapat mengapung sempurna.

gambar 1 - test specific gravity / berat jenis

gambar 2 - zoom in

Hmmm, dari keenam cell yang ada ternyata kondisinya terbaca di kisaran 1270 semua. Asik semuanya di daerah hijau berarti cell-cellnya masih pada sehat.

Setelah selesai, newbie bersihkan hydrometer dengan menyedot air bersih dan mengeluarkannya berkali-kali agar cairan aki terbilas semua sebelum disimpan. Eh iseng foto ah gimana bacaan hydrometer untuk air murni (gambar 4)

gambar 3 - hydrometer dibilas dengan air

gambar 4 - air murni, hydrometer tidak mengapung

Selesai...... berharap akinya awet :)

O iya tambahan info :
  • Jangan bingung antara hydrometer dan hygrometer - cuman beda huruf d dan g doang. Hydrometer seperti terlihat di atas adalah untuk mengukur berat jenis / specific gravity; Hygrometer untuk mengukur kelembaban udara.
  • Beberapa produk aki terdapat "magic eye" atau "lubang intip" untuk indikator kesehatan aki. Sebenarnya alat ini fungsinya seperti hydrometer yang newbie pakai di atas yaitu untuk membaca specific gravity, hanya bedanya magic eye tidak dapat menampilkan angka melainkan hanya indikator saja. Kelemahan berikutnya dari magic eye hanya dapat mengukur 1 cell saja yaitu cell dimana dia di tanam, padahal aki memiliki 6 cell yang masing-masing bisa memiliki specific gravity yang berbeda tergantung kondisi plat aki di cell tersebut; padahal kerusakan satu cell aki saja maka aki sudah tidak sehat lagi. Jadi dengan "magic eye" tidak dapat digunakan untuk mengetes keseluruhan aki, hanya "perwakilan" saja. Keunggulan magic eye dibanding hydrometer adalah kepraktisannya; tapi masa sih produsen tidak menghitung ongkos nya ?

Ada gambar "magic eye" yang cukup bagus, newbie ambil dari website supplier magic eye : http://www.itwdelpro.com/battery.html



gambar 5 - magic eye banyak ditemui pada aki otomotif

gambar 6 - magic eye banyak ditemui pada aki kapal


by singachu

Comments

  1. beli hydrometer nya dimana and berapa ? tlng balas yach ke e-mailku www.den_yadi@yahoo.co.id
    maturnuwun nggeh.....

    ReplyDelete
  2. di salah satu toko di jalan Raden Saleh Surabaya.
    kalo ndak salah inget 20rb

    regards,
    singachu

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}