DIY : melepas dan mengganti lampu belakang Aerio

Sekalian dari pasang mudguard dan betulin bumper, bikin foto-foto cara ganti lampu. Sori nih foto terpasang ga ada, tapi pripsipnya bisa langsung dilihat di gambar berikut :

Gambar 1 - Posisi Baut dan klip plastik

Gunakan kunci no 10 untuk lepas 2 baut (Gambar 1 warna magenta) yang langsung terlihat bila pintu belakang Aerio dibuka. Setelah 2 baut ini terlepas tarik ke belakang karena masih ada 2 klip plastik (Gambar 1 warna kuning). Tarik lepas tapi jangan terlalu semangat, takutnya kabel ikutan ketarik putus, santai aja kabel cukup panjang kok (Gambar 2).

 
Gambar 2 - Taillamp setelah dicabut


Gambar 3 - Socket Taillamp

Pada gambar 3 tampak soket lampu rem (3 kabel) dan lampu sein (2 kabel), putar soket berlawanan jarum jam untuk melepasnya, searah jarum jam untuk memasang kembali.

Gambar 4 - Socket sudah dilepas

Gambar 5 - Socket lampu sudah dilepas

Gambar 6 - Tinggal cabut untuk mengganti Bohlam

regards,
singachu

Comments

  1. ikut nanya gan, kalau untuk suzuki sx4 2008 socket stoplamp nya ukuran berapa ya, apakah sama juga? trims ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya dipastikan saja di buku manualnya, daripada salah beli.
      Atau lebih yakin lagi ya buka langsung. soalnya stoplamp ada bbrp bentuk lampunya.

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Ganti kopling set matic Aerio yang sudah aus, jedug perpindahan gigi pun hilang {Erwin Berlian}

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin