Jumat, 09 Maret 2012

DIY : Report ganti radiator Aerio dengan Koyorad

Bekas tambalan radiator yang dilakukan tahun 2007 lalu ternyata bocor lagi, setelah dicoba tambal-tambal masih blom bisa mampet sepenuhnya, akhirnya diputuskan ganti radiator saja dengan merk Koyorad. Sayang radiator yang manual sedang kosong akhirnya pakai punya transmisi matic, harga lebih mahal 200rb,  sehingga radaitor ditebus dengan harga 1.695.000 di Suzuki Motor Kedungdoro 16B Surabaya. 
gambar 1 - Nota
 gambar 2 - Penampakan

 gambar 3 - Saluran oli matic ga dipakai
 gambar 4 - Proses pemasangan

 gambar 5 - Terpasang

 gambar 6 - Kardus Koyorad

Sorry gambar gelap dan step-step ga lengkap, karena sudah malam dan pingin cepat-cepat kelar, sedangkan radiator sudah dilepas paginya.
Sebenarnya cukup mudah stepnya tapi mesti telaten waktu ngeluarinnya karena kiri dan kanan terhalang pipa AC.
Step-stepnya :

  1. Drain air radiator, lepas tutup radiator.
  2. Lepas socket extra fan, pinggirkan kabelnya biar ga menghalangi
  3. Lepas 4 baut pengikat extra fan, angkat extra fan
  4. Lepas selang radiator atas, pinggirkan biar ga menghalangi
  5. Lepas socket radiator fan, pinggirkan biar ga menghalangi
  6. Lepas 4 baut pengikat radiator fan, angkat radiator fan
  7. Lepas selang radiator bawah
  8. Lepas pangkon pengikat radiator atas yang nempel di besi melintang, ada 2 baut, lepas pangkonnya
  9. Lepas selang ke reservoir, dan lepas tabung reservoir supaya tidak menghalangi
  10. Bagian bawah radaitor hanya ditumpangkan saja ke pangkon karet, jadi ntar tinggal angkat saja , Miringkan radaitor ke belakang mobil, sedikit angkat untuk melepas pangkon bawah
  11. Miringkan sisi kiri radiator ke arah aki, dan miringkan sisi kanan radiator sedikit di bawah selang Hipressure AC, pelan2 angkat sisi kiri diikuti sisi kanan dan angkat ke atas, Lakukan dengan hati-hati karena kanan dan kiri terhalang pipa ac


regards,
singachu





Comments
2 plus+

2 comments :

Poskan Komentar