Kamis, 26 April 2012

Review Car Seat - Booster Seat 3 in 1

Kebetulan kain pelapis Car Seat - Booster Seat 3 in 1 selesai dicuci dan sudah kering, sekalian foto-foto dan sedikit review. Car Seat ini jenis Facing Forward alias menghadap depan, beli di ACE Hardware beberapa bulan yang lalu dengan harga sekitar 500rb-an. Dari segi pemakaian dapat berfungsi 3 macam seperti terlihat di gambar 3, yaitu :

  • Car Seat dengan Harness 5 titik untuk berat anak 9 - 18 Kg, Seat Belt mobil terpasang untuk mengikat car seat pada jok.
  • Car Seat tanpa Harness 5 titik untuk berat anak 15 - 36 Kg, Seat Belt mobil dipasang untuk mengikat anak juga.
  • Booster Seat dengan melepas sandaran untuk berat anak 22 - 36 Kg, Seat Belt mobil dipasang untuk mengikat anak.


 gambar 1 - Car Seat 3 in 1
 gambar 2 - Harness 5 titik
 gambar 3 - Label pemakaian 3 in 1, bisa dipakai berat anak 9-36 Kg
Pada gambar 3 terlihat label cara pemakaian dan pengikatan disesuaikan dengan berat dan tinggi  anak seperti dijelaskan di awal.
 gambar 4 - Warning label tidak untuk pemasangan rear forward di depan air bag

Seperti gambar 1, gambar 5 berikut adalah penampakan apabila semua kain pelapis dilepas semuanya. Bahan terbuat dari plastik ABS yang ringan tetapi kuat. Nampak Harness 5 titik yang terdiri dari 2 titik di atas pundak, 2 titik bawah di samping panggul dan 1 titik di tengah paha. Tali yang didepan untuk mengencangkan harness, ketika ditarik ke depan maka dua harness di atas bahu pundak akan tertarik ke belakang. Tanda panah di gambar 5 dan gambar 6 adalah tombol untuk merelease tarikan pengencangan tersebut.

 gambar 5 - Car seat tanpa kain pelapis
 gambar 6 - Tombol Release Penyetel kekencangan

Untuk mengendorkan harness, cukup tekan dan tahan tombol pada gambar 6 kemudian tarik tali harness dari bagian bahu. Tombol ini akan tertutup kain pelapis cukup raba saja dan tekan kain pelapisnya tidak perlu dibuka. Sedangkan untuk melepaskan tali harness cukup tekan tombol merah pada gambar 7, selanjutnya kaitannya bisa dipisah menjadi dua seperti gambar 8.

 gambar 7 - Kaitan Harness 5 titik
 gambar 8 - Kaitan dilepas

Pada gambar 9 nampak bagian belakang sandaran Car seat, gambar 10 merupakan zoom in kaitan yang ada di belakang sandaran. Dua bua tali yang ke atas merupakan harness menuju atas bahu, sedangkan yang ke bawah terhubung ke tali pengencangan harness di gambar 6. Apabila tali pengencang harness ditarik maka kaitan ini akan tertarik ke bawah, sebaliknya bila tombol gambar 6 ditekan dan harness bagian bahu ditarik ke depan maka kaitan akan tertarik ke atas.

 gambar 9 - Bagian belakang
 gambar 10 - Kaitan Harness atas dengan penyetel kekencangan

Gambar 11 nampak 2 pasang lubang atas bawah dan kiri kanan, lubang ini untuk penentuan posisi ketinggian tali harness yang ada di atas bahu. Untuk menyetelnya maka tali perlu dilepas dari kaitan gambar 10, ditarik ke depan dan dipindahkan ke lubang atas ( atau bawah) dan dikaitkan kembali. 

 gambar 11 - Ketinggian titik harness atas ada 2 tingkat ketinggian

Ketinggian dari Head Support sendiri bisa disesuaikan dengan tinggi anak, caranya dengan menarik kaitan merah kemudian menarik ke atas atau  ke bawah, terdapat 5 tingkat ketinggian yang bisa diatur.


 gambar 12 - Head Support adjustable 5 tingkat ketinggian

Pada gambar 13 nampak bagian bawah dari Car Seat, tali mendatar yang kecil merupakan tali penarik penyetel kekencangan harness, tali yang vertikal merupakan tali harness yang ke samping panggul. Apabila tali penarik kekencangan harness dipinggirkan ke samping seperti gambar 14 maka akan terlihat ujung kaitan hardness di tengah paha. Untuk melepaskannya cukup tarik dan atur supaya masuk ke lubang yang ada seperti nampak pada gambar 15 dan 16.

 gambar 13 - Tampak bawah kaitan Harness dan tali penarik kekencangan Harness
 gambar 14 - Ujung kaitan harness bagian bawah tengah
 gambar 15 - Cara melepas dengan dimiringkan
 gambar 16 - Zoom in cara melepas

Apabila semua kaitan dilepas, maka akan nampak harness-harnessnya seperti gambar 17 - 19 berikut.

 gambar 17 - Harness posisi terlepas
 gambar 18 - Zoom in kaitan harness atas dan penyetel kekencangan
 gambar 19 - Zoom in kaitan harness 5 titik


Cara menjadikan Car Seat - Booster Seat adalah dengan melepas-pasang sandaran dari tempat duduk. Kaitannya cukup sederhana cukup dengan  merebahkan sandaran dan angkat maka terlepas seperti nampak pada gambar 20, untuk memasang kembali tinggal langkah kebalikannya.
 gambar 20 - Engsel Sandaran dilepas untuk merubah jadi Booster Seat
 gambar 21 - Kondisi terlepas

Gambar 22 merupakan rangkaian kain pelapis yang ada. Kainnya cukup nyaman dan tidak panas, terlapis spons tipis. Kanan atas adalah pelapis head support, kiri atas adalah pelapis di depannya lagi sifatnya optional supaya lebih empuk. Kain tengah kanan merupakan kain pelapis sandaran, terdapat 4 pasang lubang untuk harness sisi bahu, terdapat lubang kiri kanan vertikal adalah untuk jalur seatbelt mobil untuk mengikat car seat ini ke jok mobil. Tengah kiri ada sepasang pelapis harness di pundah, dan sebuah kain pelapis harness di tengah paha. Kanan bawah adalah pelapis booster seat, terdapat 2 buah lubang kiri kanan untuk jalur harness samping panggul, 2 buah lubang di tengah terdiri 1 lubang untuk jalur harness tengah paha dan 1 lubang paling depan untuk jalur tali penarik kekencangan harness. Kiri bawah adalah kain pelapis booster seat sifatnya optional untuk dipasang (pada foto terbalik peletakannya). 

 gambar 22 - Kelengkapan kain pelapis / cussions
 gambar 23 - Kain terpasang
 gambar 24 - Sebagai Booster Seat


Sedikit modif harness, karena berat anak 27 kg sehingga harness 5 titik tidak dapat digunakan karena terlalu pendek.  Memang bila dilihat spek nya (gambar 3) harness bisa dipakai untuk tipe 1 dengan berat anak 9 - 18 kg, sehingga untuk anak dengan berat 27 adalah menggunakan tipe 2 yaitu memanfaatkan seat-belt 3 titik dari bawaan mobil, atau mengfungsikan sebagai booster seat. Anak terkadang tidur di mobil dengan adanya head support membuat tidurnya nyaman karena ada yang menyangga kepalanya sehingga tidak tertekuk ke kanan / kiri, sehingga lebih nyaman menggunakan fungsi car seatnya, meski begitu terasa lebih aman lagi bila bisa memanfaatkan harness 5 titiknya. Keterbatasan panjang harness bisa diatasi dengan mengganti tali harness yang lebih panjang. Dipilih tali webbing untuk pengikat barang dengan kekuatan 1000 lbs dan untuk safetynya rekomendasi untuk dipakai 1/3 kekuatannya yaitu 300 lbs atau 150 kilogram, lebih dari cukup untuk menggantikan harness.
Tampak gambar 25 dan 26 setelah harness diganti dengan tali webbing yang lebih panjang, gambar 25 tampak bila dikendorkan maksimal terlihat tali sangat longgar, gambar 26 tampak bila harness dikencangkan maksimal tampak sangat sempit. Berikutnya tinggal disesuaikan dengan postur tubuh anak, setelah didapat posisi yang kencang tapi nyaman berikutnya tinggal mengoperasikan tombol merah untuk mengancingkan / melepas harness dari anak.
 gambar 25 - Modif Harness diganti tali yang lebih panjang - kendor
gambar 26 - Kondisi harness dikencangkan maksimal

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar