Kamis, 28 Juni 2012

DIY : {diptakirana} Aktifkan Taillight bagian Tailgate di Kia Sportage


sumber : kaskus
Selamat sore Sportagers skalian ^^

Ada yg bertanya via pm kepada saya mengenai taillight bagian tailgate kok nyala sedangkan di Indo kan ngak ada bohlamnya, nah ane jawab disini aja yah agan, skaligus sharing2 informasi bwat smua pemilik dan calon pemilik sportage

Jadi, perkenalan sesaat kalo sportage versi Indo itu sama dengan Sportage versi UK, dimana taillight bagian taillgate nya innactive, jd kesannya putus gt XD
Jika ingin membuat nyala, maka kita mengkiblat pada Sportage versi US yg taillightnya nyala penuh, wkwk..

Step1:
Buka taillight bagian bagasi, caranya sangat simple, buka cover di kiri ama kanan bagasi yg memberi akses ke taillight tengah lalu didalam terdapat baut yg harus dilepas.. sesimple itu kok untuk nyopot ^^
Ketika telah dibuka, maka akan terlihat seperti ini:
gambar 1 - Bagian Blakang Lampu

Nah kan ada label A dan B tuh, disitu lah lokasi bohlam akan dimasukan.. Maka dengan ini lanjut ke step2~


Step2:
Dengan permukaan terlihat, drill harus digunakan untuk melubangi permukaan berlabel A dan B dengan sangat berhati2..
Untuk setup lampunya, kita mengambil dari lampu senja yang menyala sbagai lampu plat nomor, nah disini wiring dilakukan dengan menyabang lampu senja tersebut dan menyambungkannya dengan setup 2 cabang baru yang ujungnya diberi socket lampu yang sama seperti reverse lamp yang ada (bisa beli di toko variasi ato elektronik terdekat kok ^^
gambar 2 - Setup Wiring

Nah bila sudah kelar dan tersambung, maka akan terlihat seperti ini:
gambar 3 - Final Setup

Step3:
Setelah setup selesai, maka jangan lupa diberi pasta lem (lem tembak jg bs) pada sekitar socket lampu pasangan yang ada supaya tidak masuk air, setelah itu baut segalanya dan voila! jadi deh seperti ini:
gambar 4 - Final Result

Gimana? cukup simple kan? bisa DIY at home kok, namun kalo males repot yah tinggal bawa ke tukang modif yg ngerti lampu sperti audio dan kawan2nya dan siapkan dana skitar 200rb, jadi deh XD

Cheers dan happy sharing Sportagers ^^

by diptakirana

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar