Senin, 15 Oktober 2012

DIY : membersihkan Filter AC Custom - 3M Allergen Reduction Filter - pada Aerio dan Next G

Lanjutan dari custom filter pakai 3M Room Air Condition Filter buat dipakai di Aerio dan Next G, maka sekarang proses cucinya setelah kurang lebih hampir 5 bulan pemakaian. Paling terasa di Aerio kalau nyalakan AC pertama ada kesan kurang segar hembusan anginnya, bukan bau acem atau bau busuk tapi kerasa seperti berdebu. Dan benar saja ternyata kondisi filternya sudah sangat kotor, apalagi bila dibandingkan dengan yang ada di Next G, cuman karena sekalian inget skalian cuci aja.

 gambar 1 - Bagian bawah 3M Filter
 gambar 2 - Filter Aquarium yang diletakkan sebelum 3M Filter

Terlihat bahwa filter aquarium tidak sekotor filter 3M padahal letaknya sebelumnya, memang dari segi kerapatan filter maka filter 3M lebih rapat sehingga lebih banyak menampung debu, penggunaan filter aquarium sebelum filter 3M bisa dikata merupakan penyaringan awal supaya filter 3M nya tidak cepat kotor.

 gambar 3 - Filter Aquarium dijajar dengan filter 3M
 gambar 4 - sisi balik 3M
 gambar 5 - sisi balik 3M
 gambar 6 - Perbandingan filter 3M terpakai (kiri) vs 3M baru (kanan)
 gambar 7 - Test cuci filter 3M dengan air sabun cuci piring
 gambar 8 - Perbandingan 3M setelah cuci dengan 3M baru
Terlihat bahwa kotorngan sangat jauh berkurang dibanding sebelum cuci, tetapi tetap tidak bisa mengembalikan warna ke warna barunya. Tetapi kalau dirasa sudah tidak ada debu lagi. Akhirnya diputuskan untuk menambah filter 3M baru lagi yang diletakkan setelah filter 3M yang sudah dicuci, jadi double filter selain filter aquarium yang sudah dicuci juga dipasang lagi, harapannya filter 3M yang baru tidak sekotor filter 3M yang sehabis cuci.
 gambar 9 - Kemasan 3M Filter
 gambar 10 - Kondisi 3M filter di Next G, tidak sekotor di Aerio
 gambar 11 - Kondisi filter Aquarium di Next G
gambar 12 - Kondisi atas 3M Filter, bandingkan ama pinggirannya

Hasilnya sekarang hembusan AC kembali segar, double 3M Filter tidak menghambat hembusan angin, setidaknya tidak terasa perbedaan kencangnya hembusan angin AC.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar