Rabu, 15 Mei 2013

Share Bypass / tutup EGR di Livina dan efeknya termasuk bila kotor {515635}

Quote:
Original Posted By j4niS om...tanya dunk ada yg pernah coba matiin/bypass egr di livina gak ya?di hr15de or di mr18de?
klo ada mungkin bole minta share cara nya bagaimana.
thanks, 



ada tiga cara om...

1. Dikasi spacer di motornya biar dia ngga sampe buat neken katup EGRnya
gambar 1 - Yang dimerahin untuk spacer EGR


2. EGR valvenya dibalik biar lubang di EGR valve ngga ketemu sama lubang pipa yg ke intake
3. Soket EGR dicabut. Check engine ngga nyala, tp kalo di check pake consult keliatan ada fault

Hasil dari tutup EGR di mobil ane (HR15DE) adalah ngelitik parah
pake V-Power, sebelumnya ngga ngelitik sama sekali. Pas EGR diaktifin lagi ngelitiknya ilang.

Quote:
Original Posted By j4niS

ngelitik ya?aneh jg...bukannya mestinya jadi lebih plong ya tu?trus pas diliat tu kotor banget gk egr nya?(scara periodik kan di 80rb km diminta bt ganti tuh).cmiiw
trus tanya jg dunk...pernah cek pke timing light gk sebeneran default +0 livina hr15de tu bner 5btdc or di 0 TDC?soalnya ane cek yg livina ane koq seolah 0tdc di 750rpm ya...
trus pernah coba di advance ampe +3?
thanks  om rio 

pertamanya juga heran om kenapa ngelitik, tp setelah baca2. Salah satu fungsi EGR kan mengurangi gas NOx, gas ini terbentuk karena panas berlebih, nah EGR ini ngelepas panas berlebih di mesin.

Selain itu EGR juga meringankan kerja piston saat idle. Analoginya seperi syringe suntikan, kalo ujungnya kita tutup trus kita tarik buat ngisap kan berat, sedangkan kalo ujungnya kita buka kan enteng. Nah si EGR ini ngeloss-in sedikit vakum saat idle supaya kerja piston lebih enteng. Saat ngga idle dalam hitungan detik EGR valvenya harusnya langsung nutup. EGR valve yg kotor bisa bikin proses nutup valvenya jadi terhambat

Ini EGR Valve saya setelah 80.000KM, minggu depan mudah2an sempat sy bikin tutorial buat cleaning EGR Valve

gambar 2 - EGR before dan afer cleaning

Blom pernah cek dan coba advanced sampai +3 om...
gambar 3 - Lokasi EGR
itu om...persis dibawah selang bensin. Kalo EGR valve ke blok mesin ga ada gasketnya. Kalo dari motor EGRnya ke valve ada semacem packing tp bisa dipake lagi
yang difoto itu motornya EGR (yg hitam). Motor EGR itu neken katup EGR ke bawah, saat posisi ditekan itu kebuka lah jalur dari blok mesin ke pipa EGR yg masuk ke belakang intake.
EGR valvenya dibawah motor itu. buat ngelepasnya buka baut 10 di kiri sama kanannya ( di foto, yg kiri ketutupan selang bensin), trus tarik keatas

by 515635
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar