Selasa, 13 Mei 2014

DIY : tutorial buka / ganti busi Mazda M2 {the_sixth_sense}

 gambar 1 - buka cover soket sensor
http://otodiy.blogspot.com
ini dia hasil bongkar2 mumpung nganggur di rumah. sambil nunggu yang cod busi.... liat waktu kayanya bisa nih buat bongkar busi.... jadi deh dikerjain
alat-alat nya:
1. obeng kembang
2. kunci 10mm
3. kunci busi 16mm

kerjanya:
1. buka kap mesin dulu dunk.... ga mungkin bisa dikerjain kalo kap mesin ga dibuka
2. pake obeng kembang, buka cover soket sensor di samping filter udara (gambar 1)

3. ini waktu cover soket sensor nya kebuka....
 gambar 2 - cover soket sudah terbuka
4. klik klip soket nya... ntar gagang yg warna putih itu ditarik ke arah depan mobil, tinggal tarik deh
 gambar 3 - klip soket sensor
5. buka maf sensor nya juga.... di bawah nya, pake obeng kembang, buka selang yang menuju throttle body
 gambar 4 - buka selang menuju Throttle Body
6. udah lepas selang nya, buka klip box filter udara nya (ada 4 klip), tarik deh. tapi ati2, soale ada selang yg nempel di situ sama kabel sensor. tinggal lepas pengait nya ajah koq
 gambar 5 - buka klip box filter udara
7. pake kunci 10 mm, buka baut cover filter udara itu. ada 3 baut nya, 1 di bagian depan, 1 di bagian samping deket oli mesin, 1 di bagian belakang. tinggal tarik deh kalo baut nya udah kebuka semua
 gambar 6 - setelah box filter udara dilepas, nampak koilnya
8. pake kunci 10 mm, buka baut yg nempel di koil
 gambar 7 - buka baut koil
9. angkat koil nya
 gambar 8 - koil terlepas satu
10. pake kunci busi 16 mm, buka deh busi nya
 gambar 9 - kunci 16 mm untuk buka busi
11. ini perbandingan busi aslinya, dibandingin sama 3924 dan app 985
busi aslinya pake fomoco k16 pzr13
gambar 10 - dari kiri : Autolite App 985, Fomoco K16, Autolite 3924
btw, gue ga ganti busi nya.... cuman mo tau ajah

by the_sixth_sense
sumber : kaskus

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar