Rabu, 28 Mei 2014

DIY : Tutorial Pasang Intercooler di Innova D4-D {zabdoel}

 gambar 1 - penampakan copot bumper
http://otodiy.blogspot.com
Setalah beberapa lama hanya dipasang IC saja untuk tampilan fashionable.... akhirnya pengen juga difungsikan IC nya tandem sama RCP2 sbg piggybacknya.
Berikut hasil DIY dalam bentuk foto-foto dan beberaa keterangan saja.
Persiapan:
1. Bor
2. Mata bor yg disertakan dalam paket IC.
3. Copot bemper
4. Bobok 3 lobang untuk piping AC inlet dan outlet

 gambar 2 - Posisi 3 lubang yg harus dibesarin diameternya
 gambar 3 - peralatan utama
 gambar 4 - terpasang
Test jalan sekitar 30km, berdasarkan alat ukur berupa sugesti dan perasaan tapi beneran deh:

1. Brasa torsi dan tenaga ada tambahan dari sebelum-sebelumhya.
2. Bunyi mesin kerasa lebih rendah dan brasa agak ngebasss (sdikit lebay.com)-------> lebih kerasa halusan
3. Lag krasa agak berkurang.
4. Seperti yang banyak dikhawatirkan sebagian teman-teman, boyo/ngempos ternyata ga terjadi, meski secara teori katanya ngempos. justru ada tambahan torsi dan tenaga yg dirasakan.
5. test bosst meeter pake HKS OB-Link normal, artinya ga ada kebocoran di sambungan hose-hosenya.
6. selebihnya...... buat om zeindox.... mantafff banget IC nya,

oh ya, pendukung IC nya al:
- DP
- ganjel 2 ring
- k&n
- EGR block
- Q8 5w-40
- RCP2 set CB
 gambar 5 - biar bisa DIY utk yg lainnya .....
pasangnya sekalian sambil coba pasang lampu utamanya, krn celahnya sempit, pertama pasang piping+hose+klem t-bolt nya, lampu ga bisa kepasang sempurna, akhirnya lepas lagi, pasang lampu dulu, baru piping+hose+klem pasang barengan.... butuh keuletan dan kesabaran utk DIY bagian ini.
 gambar 6 - hose di bagian dalam dekat tabung reservoir, nyelempit banget.....
 gambar 7
 gambar 8
pemasangan piping+hose sebelah kanan. foto-foto aja ya ...
 gambar 9
 gambar 10
 gambar 11
 gambar 12
Lain-lainnya :
 gambar 13
 gambar 14
 gambar 15
gambar 16
selesai sudah pasang IC hasil DIY.
kendala selama pemasangan:
- ngeboboknya rada rada susah krn gergaji besi ketemu besi. butuh kesabaran, keuletan, pelan-pelan, dan harus santai.
- terkadang lubang juga kurang besar meski secara ukuran udah pas, krn letaknya di celah-celah yg sempit, tp kalo ada kemauan pasti bisa DIY sendiri.
-kadang pede kadang tdk saat pembobokan pelebaran lubang-lubang buat piping IC. tetapi setelah tau hasilnya....... mantafff abis meski belum dasteran...
sekian dulu FR bro ..... kalo ada saran dan kritik, lagsung saja di comment yah.

ada yg kelupaan. lubang hasil boboknya jangan lupa untuk dicat ya bro.... ane pake cat T-Up beli di ace hardware.... cukup utk cat ketiga lobang tsb.

jangan lupa piping IC dan hose dicuci dulu dalamannya dan luarnya biar bersih... ane lupa bersihin piping inlet yg dari turbo ke IC. tp yg piping outlet ke TB, udah dicuci bersih luar dalem.

hose jika dicuci tambah kesetketika dimasukkan ke pipingnya, agar tidak terjadi kebocoran.

hose diusahakan dipasang semua sesuai pasangannya dengan piping yg ada, klemnya belakangan saja ketika hose dan piping dah masuk sempurna termasuk center tidaknya hose ama piping, apa ya istilahnya..... pokoknya piping dan hoses nya ngepas banget ga ada miring-miring nya. ini utk kesempurnaan saat di klem dg T-Bolt klem nya.

Trus setel lagi semuana milai dari turbo sampai di TB, apakah sudah center, lurus, rapih, ga miring-miring hose dan piping.... baru di klem satu persatu...

jaminan dah dg DIY sendiri hasilnya puas, krn kalo ada beberapa yg kurang pas bisa diulang-ulang sampai kita puas... 

kunci utama DIY: kemauan, telaten, sabar, hati-hati banget, krn yg dikejar paling utama: rapih, center, lurus, pas, dan tentunya hrs fashionable yg kesemuanya utk kesempurnaan fungsi nantinya .....

dan hasilnya..... udah recommendet pasang dah... ato mo coba test drive dulu... ayo ke surabaya tak tunggu dah.... tes tol suramadu ....

tp ga tau ya utk yg blm pasang piggybank macam RCP, ngempos atau tidak, perlu dicoba juga nih.... nunggu waktu luang deh....

by zabdoel
sumber : kaskus KIOC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar