Rabu, 19 November 2014

DIY : lepas dan bersihkan plafon Aerio {Maranatha Manurung}

 gambar 1 - proses copot plafom
 http://otodiy.blogspot.com 
mari bersih-bersih interior ( maaf blur..pake hp, dokumentasi lebih lengkap ada di camdig, ketingggalan ). lem-leman di atas plafon om buat nempelin busa penahan panasnya sama isolasi kabel lampu kabin, itupun cuma segaris melingkar gampang nyopotnya kl rangkanya yg plastik putih gak dicabut om krn gak nyerap air, langsung guyur deh..hehehe

Bila mau ditambah aluminium foil peredam panas, bisa banget kayaknya om,soalnya banyak ruang kosong di atas plafon, yg aku gak ngerti kenapa suzuki ngasih busa sepotong-sepotong, nanggung banget kayaknya, busanya mirip kayak penahan panas atap gedung tapi minus aluminium foil, dokumentasinya masih di Indo om, kelupaan, maaf..maaf..

step pengerjaannya (kira2 30 menit untuk membongkar) 
  1. buka semua list karet pintu 
  2. buka baut seatbelt depan belakang dengan kunci 15 atau 16 (lupa:) )setelah mencongkel covernya dengan obeng minus 
  3. buka semua panel bawah, khusus penahan rak bagasi buka masing2 3 baut kiri dan kanan 
  4. buka kompartemen di atas ban serep 
  5. buka semua panel atas ( tinggal tarik, khusus panel pilar B lebih gampang digeser keatas kemudian ditarik) 
  6. buka handel pegangan tangan dengan mencongkel penahannya dengan obeng minus sampai keluar kemudian congkel dengan cara menekan pengaitnya dengan obeng minus 
  7. buka sun visor dan lampu kabin depan dan tengah pake obeng plus setelah mencongkel kacanya terlebih dahulu pake obeng minus 
  8. sampai di sini plafon hanya ditahan oleh satu kancing di depan dan tiga kancing di belakang 
  9. naikkan sandaran kepala sampai maksimal (agar plafon tidak terlalu menekuk ketika diturunkan atau mintalah seseorang untuk menahan plafon), congkel dengan obeng minus tiga kancing belakang, kemudian satu kancing si bagian depan 
  10. setelah plafon terlepas buka isolasi kabel lampu kabin dan tarik hingga kabel terbebas 
  11. tarik keluar plafon melalui pintu bagasi 
  12. buka busa penahan panas
  13. letakkan plafon dengan posisi terbalik dan siram dengan air campur detergen, diamkan beberapa saat, cukup diusap pake jari tangan aja atau kuas yg tidak terlalu keras, untuk membilas sandarkan plafon ke tembok dan disemprot, terakhir pake pelembut deh, dan siap dijemur. Semua panel ditempel dengan kancing plastik, kalaupun kancingnya patah banyak dijual kok, perlakuan sama juga berlaku untuk panel, waktu mencuci jangan disikat cukup diusap pake kain atau kuas, soalnya ada satu panel bawah yg kotorannya bandel saya sikat eeh..setelah kering terlihat keputih2an(panel yg warna abu2), 
  14. kurang lebihnya begitu maaf kalau ada yg terlewat..hehehe


pemilik mobil sebelumnya punya anak kecil,plafon gak karuan, Ada yg mulus Ada yg udah keriting,bekas kuku,makanan,item2,macem2 deh, yg keriting saya cukur om pake silet lumayan tersamar,tahun depan Mau saya lapis aja,rencananya pake bahan tipis trus direkat pake lem sablon.
 gambar 2 - proses copot plafon
gambar 3 - plafon sudah terlepas

by Maranatha Manurung
sumber : facebook AIC

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar