Minggu, 14 Juni 2015

Ganti ekspansi Aerio, penyebab kompresor ga muter saat panas

gambar 1 - Ngebengkel di Budi AC Sidoarjo
 http://otodiy.blogspot.com

Belakangan hari AC mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, terutama kalau malam hari jalan sekitar 10 km dan berikutnya AC menjadi panas, kalau AC dimatikan ntar skitar 10 km lagi bakalan dingin lagi. Anehnya seringnya kejadian pas malam hari, pas pagi hari biarpun jalan 70 km juga ga apa-apa, sampai terakhir makin parah di pagi pun kadang juga kumat. Diliat dari RPM yang tinggi saat idle dan merintahkan kompresor muter maupun vacuum meter yang engine loadnya ga mau naik terlihat bahwa si kompresor ogah muter.
Kecurigaan newbie langsung ke spool magnet yang ngoperasikan clutch compressor AC. Cek relay nya dan coba ganti tetep aja kumat, tekan-tekan clutch pakai besi, nolong setengah hari aja abis itu kumat lagi. Tanya-tanya harga spool magnet aerio ternyata harus satu set ama clutchnya juga, harganya bikin manyun..... tapi apa boleh dikata ga ada cara lain selain menggantinya. Karena pilih murah newbie coba alternatif bengkel AC lain yang didapat dari rekomendasi thread di kaskus. Budi AC - 081 331 806 540, di dekat pasar larangan- seberang pabrik gula.

Janjian ketemu pagi hari, sampe sana jam 8:30 ternyata kok blom buka, ane telp ternyata sedang beli magnet clutch buat persiapan, kalau ga kepake bisa dibalikin ke toko. Newbie minta dipastikan dulu.
Masukin mobil ke bengkel, buka dek bawah dan mulai diamati, terus ngobrol dengan newbie untuk dapetin diagnosa yang tepat. Newbie ditanya kelakuan kompresor seperti apa, seberapa cepat putus nyambung. Emang newbie ga pernah perhatikan secara pasti tapi yang jelas kalau berhenti di lampu merah dalam kondisi stationer, kompresor bisa hidup mati beberapa kali, terlihat dari vacum meter. Dari sana pak Budi bilang kalau magnet kena biasanya begitu dia lepas maka akan sulit lagi untuk narik clutchnya lagi, kalau dingin baru kerja lagi, so disimpulkan bukan magnetic clutch dan spool magnetnya yang kena, tapi ekspansi...... apalagi setelah ditanya kapan terakhir ganti ekspansi, newbie langsung jawab dengan pasti Tidak pernah diganti sejak awal, jadi udah 12 taon ekspansi ga pernah diganti, pak Budi makin yakin mendengar itu, menurutnya harusnya tiap 2x ganti filter dryer maka ekspansi diganti.
Hmmm cukup surprise mendengarnya, bahkan newbie beberapa kali bertanya dan berdiskusi untuk memastikan diagnosanya benar-benar pas apa enggak..... Bukan masalah ganti ekspansinya, kalau itu sih sudah newbie anggap waktunya ganti secara dah 12 taon, cuman kalau diagnosanya salah maka newbie baru bisa ke sana lagi Sabtu depan yang artinya seminggu kepanasan lagi, blom lagi waktu ngebengkel susah newbie dapatin, maklum ane pengacara nih.... pengacara = pengangguran banyak acara, wkwkwkwkwk....
Trus newbie ditanya lagi, bagaimana ? Lha.... hajar aja sekalian service, udah hampir 2 taon ga service.....
Akhirnya dibongkarlah itu AC, well nothing special, secara kayak service AC normal aja soalnya. Yang lama nungguin pak Budi keluar bengkel lagi beli sparepart ekspansi, maklum bengkelnya kecil jadi ga stok banyak-banyak part, kasian lah kalau ada dead stock, ga lancar cash flownya wkwkwk... Finger cross harap AC nya ga kumat lagi.

 gambar 2 - rumah blower dilepas
 gambar 3 - proses copot ekspansi
 gambar 4 - ekspansi yang jadi tersangka
 gambar 5 - ekspansi
 gambar 6 - ekspansi
 gambar 7 - ekspansi
 gambar 8 - ekspansi
 gambar 9 - ekspansi
 gambar 10 - ekspansi dah dilepas
 gambar 11 - ekspansi
 gambar 12 - ekspansi
 gambar 13 - ekspansi
 gambar 14 - evap sebelum dicuci, ga kotor amat ada filter cabin soalnya
 gambar 15 - condensor dilepas
 gambar 16 - condensor
 gambar 17 - condensor dan filter dryer di ganti
 gambar 18 - part numper ekspansi, partnya ga kefoto
 gambar 19 - jalur AC divacuum
 gambar 20 - refrigerant R134a aka freon merk GreenSave
 gambar 21 - GreenSave atau GreenLive ya, lupa ama foto blur ternyata
Setelah itu ternyata uaaademmm jauh lebih adem daripada "normal" biasanya, pernah sampe 3.9 Celcius euy.... mata newbie terus di vacuum meter ama rpm, soalnya kalau masih dingin sih blom keluar problemnya. Tapi ini sudah teruji sih, itu Aerio dinyalain terus AC nya sampe jam 1 an, dan sepertinya kompresor jalan normal. Nurut Pak Budi, karena ekspansi sudah tidak sempurna, aliran freon ga lancar, dinginnya mulek sehingga otomatisnya (thermister) membaca udah dingin, disinilah sebabnya kompresor ga mau muter meskipun ECU dah merintahkan mesin untuk kompensasi tenaga karena kompresor diperintahkan muter.
 gambar 22 - Abis itu dipake jalan ke rumah mertua, sempet foto dapet 4.4 C
 gambar 23 - 4.3 Celcius
 gambar 24 - Colok sini sensor temperaturnya
 gambar 25 - abis mobil parkir dan kejemur, masuk lagi 37.2 C
Lupa foto lagi pas sampe lokasi, tapi adem kok hehehehe
gambar 26 - Abisnya
Service Evaporator 75rb
Ganti Ekspansi 225rb
Ganti Filter 160rb
Isi Freon + Oli 110rb
Total 570rb
Kebetulan malam kemaren ada kondangan di surabaya, selama PP AC terus maknyessssss tanpa ada gejala kompresor ngadat lagi.... Sip dah case close.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar