DIY : Test tegangan Aki

Hari ini (17 Jan 2010), Iseng ukur tegangan aki di mobil Aerio, kondisi mobil sudah beberapa hari tidak dipakai termasuk tidak dihidupkan sama sekali kira-kira sudah 7 hari.
Selama itu paling alarm yang nyala, standby.

1. Sengaja langsung ukur dulu tegangan aki tanpa menyalakan mesin.


 gambar 1

Hmm tegangan rada turun, 100% charged kan 12.66 volt. Wajar sih kepake ama alarm, turun dikit wajar aja nurut newbie.

2. Test stater tapi sengaja dibikin gagal jadi ga sampe mesin nyala.


gambar 2

Hmmm asalnya liat di bawah 12.3 trus naik-naik terus dan waktu difoto ya 12.30 di atas.... maklum kerja sendirian jadinya mondar-mandir ke kabin dan ke depan.
Wow, cukup surprise juga bisa cepet drop ke sana yah, mungkin kalo ditungguin bisa naik lagi... soalnya beberapa kali starter mobil ni aki masih kuat kok.

3. Starter mobil, mesin masih dingin

gambar 3


gambar 4

Hmmm di kisaran 14.2x volt, kadang naik kadang turun di kisaran ntuh..... rpm seperti biasa bisa sampe 1500rpm soalnya pan masih dingin nih mobil dah seminggu lagi ga pernah distater.

4. Udah ga sabar, langsung deh AC On


 gambar 5

Hmmm turun voltasenya ke 14.16 volt

5. Headlamp On

gambar 6

Hmmm turun lagi ke 14.02 volt

6. Head Unit (radio) On



gambar 7
Hmm masih di atas 13.9 volt lebih (sayang lupa ga nyalain Foglamp)

7. Eh rpm dah turun, suhu udah normal. Matiin AC, Lampu & HeadUnit


gambar 8

Hmm rpm idle dengan tanpa beban asesoris di atas 14 volt.

8. AC, Lampu depan, HeadUnit On. dicoba digas (dari Throttle Body langsung biar bisa ngambil foto - jadi ga ngerti berapa rpm, kira2 dari suara mesin sekitar 2000rpm an)


gambar 9
Hmmm sepertinya ga lebih dari 14.3 volt.

9. Setelah gas dilepas (AC, Headlamp, HeadUnit On) rpm idle.


 gambar 10

10. Matiin semua assesoris dan matiin mesin.

 

gambar 11


gambar 12

Voltase berangsur-angsur turun.

9. Siapin accu charger

gambar 13
Jangan lupa tutup pengisian dibuka (biar arinya ga nyiprat keluar cuman dilepas dan ditumpangkan saja)


gambar 14
Voltase berangsur-angsur naik


gambar 15
Beli aki Mei 2009


gambar 16
kapasitas 45 Ampere Hour


gambar 17
Masih naik


gambar 18
Masih naik lagi


gambar 19
Setelah ditinggal 1 jam lebih


gambar 20
Ada di sekitaran 14.44 volt

Kondisi normal, baik aki dan alternatornya. Konon tidak boleh mencapai 15 Volt yang artinya overcharge yang dapat berakibat rusaknya aki. Juga voltase waktu mesin hidup diharapkan di atas 13.25 Volt bila tidak coba alternatornya

Info :
Alternator : standard Aerio
Aki : Yuasa 45Ah
Lampu : Osram Night Breaker 60/55 Watt
AC : Denso - standard Aerio
Headunit : JVC standard Aerio dengan 4 speaker standard Aerio juga :)

regards,
singachu

Comments

  1. untuk bisa menyalakan mesin, dibutuhkan daya minimal berapa volt om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berdasarkan voltase aja, yang masih lumayan tokcer 12.2 volt, di bawah itu udah mulai susah.
      Tapi sebenernya ga cuman voltase aja karena ada aki yang kalau diukur tanpa beban voltasenya tinggi bisa 12.5 volt misal.... tapi begitu dikasi beban dia ga langsung drop ga bisa maintaince voltasenya.
      Makanya di alat test aki ada yang namnya Load Test, aki dikasi beban selama bbrp detik dan diliat drop voltagenya seberapa gede.
      So kalau pakai alat voltmeter aja diambil rule of thumb nya di 12.2 volt, tp itu bukan angka yang pasti / mutlak karena ada faktor yang aku sebut di atas

      regards,
      singachu

      Delete
  2. Mantap banget gan. Nambah pengetahuan tentang tegangan aki nih...
    Regard, Ganti Oli.

    ReplyDelete
  3. Kalo voltase aki di mobil saya dg beban lampu 2x90watt, ac on kipas no 3, audio std on. Tegangan drop ke 11.7 volt. (kebetulan ada pemantau voltase aki dikabin). Apa yg mesti di cek om? Aki ato alternator nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alternatornya.
      Coba dites kalau di gas, tegangannya naik ga ?

      Delete
    2. Kalo ga ada beban listrik voltasenya 14 volt kalo di gas,langsamnya 13,7an. Kalo pk beban yg sy sebut diatas jadi 11,7 di gas juga sama.

      Delete
    3. bisa alternatornya (carbon brush).
      coba cek pakai AVO langsung di kepala aki, sapa tau beda hasilnya. kalau beda jauh coba pakai AVO di tempat pengukuran volase aki di kabin.

      Delete
  4. ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ

    Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen


    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    * DominoQQ
    * Poker
    * Bandar Ceme
    * Capsa Susun
    * Super 10
    * Ceme Keliling
    * Omaha Poker

    => Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
    => Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
    => Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
    => Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)

    * Pusat Bantuan ituDewa

    LINE : ituDewa
    WECHAT : OfficialituDewa
    WHATSAPP : +85561809401

    Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
    Melatih Strategi Permainan
    * Inspirasi Meraih Mimpi


    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : pasang sendiri peredam Plafon Wagon R {wagireng}

DIY : tambah relay power window Aerio

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Review alarm mGuard M1+