{hendra98} Report Carbon Clean di GBT Dukuh Kupang
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=358369303#post358369303
lapor gan,
tadi siang ane habis carbon clean di GBT Dukuh Kupang, ternyata GBT itu singkatan dari nama si pendiri.
Gejala awal :
1. sering batuk2 di rpm rendah
2. kalo idle ac on. knalpot sering batuk2
3. konsumsi bbm dalkot boros sekali , 1:6 atau 1:7
langkah yg telah ane lakukan : reset ECU, tapi tidak terlalu berpengaruh
pada saat dicek emisi sebelum carbon clean :
CO : 1.045 %vol
CO2 : 13.91 %vol
Lambda : 0.998
02 : 0.98 %vol
HC : 323 ppm vol
kata teknisinya angka HC ini yg tidak wajar.. seharusnya berada maksimal 300 ppm vol, makanya boros. kadar CO2 pun terlalu tinggi sehingga dipastikan terlalu banyak jelaga di pengapian....
akhirnya dilakukanlah carbon clean, dan hasilnya lambda bisa diperoleh angka 1, tetapi ternyata HC tidak bisa ditekan dibawah 300 ppm.
saat dilakukan test drive masih batuk2 juga, ternyata ada tersangka lain yaitu satu busi yg mati..,
untung ada beberapa toko sparepart di kedungdoro yg buka setengah hari. Sama yg punya ditoko ditawarin busi NGK yg katanya lebih bagus dan lebih mahal dikit, beda 2500 perak. Akhirnya dicoba deh...., sekalian ganti filter udara tapi gak dapat DENSO, dapatnya indopart seharga 60rb (yg DENSO berapaan yaa?)
setelah ganti busi, ganti filter..... tarikan lebih oke.., pake busi NGK juga rasanya mbal ku tarikannya agak2 liar.... jadi pangling
dan juga emisinya jadi lebih friendly.... angka HC bisa di 200an, batuk2 hilang
total biaya
1. carbon clean : 250rb
2. tips : 10rb
3. filter indopart : 60rb
4. busi NGK 4 buah @17,500 : 70rb
3. parkir di dua tempat di kedungdoro: 2,500
5. es tebu 2 gelas : 3,000
total : almost 400rb....
credit : thanks to bro singachu, dan bro kijangtua
ps : ada yg tau harga filter udara denso?
by hendra98
lapor gan,
tadi siang ane habis carbon clean di GBT Dukuh Kupang, ternyata GBT itu singkatan dari nama si pendiri.
Gejala awal :
1. sering batuk2 di rpm rendah
2. kalo idle ac on. knalpot sering batuk2
3. konsumsi bbm dalkot boros sekali , 1:6 atau 1:7
langkah yg telah ane lakukan : reset ECU, tapi tidak terlalu berpengaruh
pada saat dicek emisi sebelum carbon clean :
CO : 1.045 %vol
CO2 : 13.91 %vol
Lambda : 0.998
02 : 0.98 %vol
HC : 323 ppm vol
kata teknisinya angka HC ini yg tidak wajar.. seharusnya berada maksimal 300 ppm vol, makanya boros. kadar CO2 pun terlalu tinggi sehingga dipastikan terlalu banyak jelaga di pengapian....
akhirnya dilakukanlah carbon clean, dan hasilnya lambda bisa diperoleh angka 1, tetapi ternyata HC tidak bisa ditekan dibawah 300 ppm.
saat dilakukan test drive masih batuk2 juga, ternyata ada tersangka lain yaitu satu busi yg mati..,
untung ada beberapa toko sparepart di kedungdoro yg buka setengah hari. Sama yg punya ditoko ditawarin busi NGK yg katanya lebih bagus dan lebih mahal dikit, beda 2500 perak. Akhirnya dicoba deh...., sekalian ganti filter udara tapi gak dapat DENSO, dapatnya indopart seharga 60rb (yg DENSO berapaan yaa?)
setelah ganti busi, ganti filter..... tarikan lebih oke.., pake busi NGK juga rasanya mbal ku tarikannya agak2 liar.... jadi pangling
dan juga emisinya jadi lebih friendly.... angka HC bisa di 200an, batuk2 hilang
total biaya
1. carbon clean : 250rb
2. tips : 10rb
3. filter indopart : 60rb
4. busi NGK 4 buah @17,500 : 70rb
3. parkir di dua tempat di kedungdoro: 2,500
5. es tebu 2 gelas : 3,000
total : almost 400rb....
credit : thanks to bro singachu, dan bro kijangtua
ps : ada yg tau harga filter udara denso?
by hendra98
filter udara ga ada merk Denso keknya om, yang ada merk Denso setauku filter blower buat evaporator ac
ReplyDeletecekidot : http://otosupply.blogspot.com/2011/01/sentosa-motor-part-2.html
regards,
singachu