Report tambal ban press dari dalam dan spooring balancing Aerio di GBT Diponegoro
Sabtu pagi, saat cuci mobil mendapati ban belakang aerio tertusuk paku hampir di pinggirannya. Newbie coba cabut dan ternyata angin langsung keluar dengan cepat, akhirnya newbie balikin dulu pakunya biar angin tidak berkurang dan segera membawa ke GBT Arjuno. Di sana dilakukan tambal press dari dalam dan dipanasi. Sekalian aja melakukan spooring dan balancing karena terakhir dilakukan adalah 10ribu km yang lalu atau sekitar 11 bulan yang lalu.
Wow nilai Toe roda belakang jauh bener beda kiri ama kanannya...
Hasil spooring :
Depan
Caster Left : 1.89, Right 2.13
Camber -0.33, -0.24
Toe 0.02, 0.01 total 0.03
Belakang
Chamber -1.81, -1.15
Toe -0.03, -0.02 total -0.05
Tapi ternyata setelah ditest ama supervisor masih dibetulin lagi spooringnya, cuman ga kecatat berapa hasilnya.
regards,
singachu
gambar 1 - Paku biang kerok....... walah rada di pinggiran :(
gambar 2 - segera dioperasi
gambar 3 - sebelah kiri melepas ban yang bocor, yang kanan balance roda yang lain
gambar 4 - proses pelepasan ban dari velg
gambar 5 - proses pelepasan ban dari velg
gambar 6 - mesin balance
gambar 7 - press dari dalam agar tambalan menyatu dengan ban
gambar 8 - balance roda yang sudah ditambal, mesin balance yang lain...
gambar 9 - proses spooring
gambar 10 - data sebelum spooring
gambar 11 - nilai keselarasan roda sebelum spooring
Wow nilai Toe roda belakang jauh bener beda kiri ama kanannya...
Hasil spooring :
Depan
Caster Left : 1.89, Right 2.13
Camber -0.33, -0.24
Toe 0.02, 0.01 total 0.03
Belakang
Chamber -1.81, -1.15
Toe -0.03, -0.02 total -0.05
Tapi ternyata setelah ditest ama supervisor masih dibetulin lagi spooringnya, cuman ga kecatat berapa hasilnya.
regards,
singachu