Report tambal ban press dari dalam dan spooring balancing Aerio di GBT Diponegoro

Sabtu pagi, saat cuci mobil mendapati ban belakang aerio tertusuk paku hampir di pinggirannya. Newbie coba cabut dan ternyata angin langsung keluar dengan cepat, akhirnya newbie balikin dulu pakunya biar angin tidak berkurang dan segera membawa ke GBT Arjuno. Di sana dilakukan tambal press dari dalam dan dipanasi. Sekalian aja melakukan spooring dan balancing karena terakhir dilakukan adalah 10ribu km yang lalu atau sekitar 11 bulan yang lalu.

 gambar 1 - Paku biang kerok....... walah rada di pinggiran :(
 gambar 2 - segera dioperasi

 gambar 3 - sebelah kiri melepas ban yang bocor, yang kanan balance roda yang lain
 gambar 4 - proses pelepasan ban dari velg
 gambar 5 - proses pelepasan ban dari velg
 gambar 6 - mesin balance
 gambar 7 - press dari dalam agar tambalan menyatu dengan ban
 gambar 8 - balance roda yang sudah ditambal, mesin balance yang lain...
 gambar 9 - proses spooring
 gambar 10 - data sebelum spooring
gambar 11 - nilai keselarasan roda sebelum spooring

Wow nilai Toe roda belakang jauh bener beda kiri ama kanannya...

Hasil spooring :
Depan
Caster Left : 1.89, Right 2.13
Camber -0.33, -0.24
Toe 0.02, 0.01 total 0.03
Belakang
Chamber -1.81, -1.15
Toe -0.03, -0.02 total -0.05

Tapi ternyata setelah ditest ama supervisor masih dibetulin lagi spooringnya, cuman ga kecatat berapa hasilnya.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}