Share Engine Cleaner Aerio {Richardt75}

 gambar 1 - Komponen mesin dibuka
selamat malam semua penghuni disini...lama tidak berjumpa...salam kenal buat semua....registrasi kembali nih...setelah lama vacuum

mo sharing soal Engine Cleaner..

kamis kemarin ane mampir ke salah satu bengkel kenalan istri di bilangan Holis, Bandung, alih alih mau benerin kaki2 ternyata jadi engine cleaner, ceritanya nih aerio ane si merah, kerasa koq bantingannya makin keras, istri udah jelang 7-8 bulan menuju kelahiran, kasian liat kondisi perjalanan yang rata2 offroad di bandung pinggiran...

sampe di bengkel, si merah dicek kakinya, katanya sih emg ada rembesan oli disalah satu shockbreaker, tp yang punya bengkel bilang engga usah dulu krn belum parah, soal bantingan emang agak keras krn per yang sptnya udah dipendekin (ane beli seken si merah ini 2010), jadi kl mo di normalin yah lumayan sih, ane disarankan pelan2 aja...

yang kedua, soal tarikan si merah yang super boyot, akibatnya bensin di itung2 jadi sangat boros, saking sebelnya, udah mau jual aja, jadiin DP buat mbl lain, kalo di akselerasi, suka ngeden gitu, spt ada yg tersumbat, pernah ngalamin saat masih naik motor, spt karburator kotor mgkn...naik tanjakan pulang ke rumah aja musti turunin gigi 1 padahal dulu seingat ane masih bisa 2-3 dgn ancang2 dikid


nah akhirnya setelah mendengar keluh kesah ane, empunya bengkel nyaranin ane buat engine cleaner, kalo harganya sih lumayan 650rb-an, proses 2 jam... yah udah ane pikir no problemo asal performance balik, soalnya 6 bln lalu sempet tune up, ga da perubahan banyak (ane jarang pake nih mobil, 6 bulan aja cuma naik 3000km... maklum rumah ke toko doank, minggu dirumah atau belanja yg deket2 aja, males macet kl jauh2...) 

Saat dilaksanakan, semua komponen mesin dibuka sperti saluran intake, filter udara, engine cover, dll... tersisa seperti pada gambar 1 di atas.

Pada proses diatas, lubang2 intake di semprotkan sejenis liquid spray, untuk membersihkan karbon2 yang ada didalam blok mesin tanpa harus membongkar blok mesin, katanya biar ga ganti packing seal, ane kebetulan lupa ngambil gambar spraynya...tapi ada 2 jenis satu botol gede dan satu agak kecil setengahnya botol yg gede, kl botol yg gede ane liat disemprotin di karburatornya, oh iya...karburator ini juga dibongkar, sampe dibawahnya jg dibalikin, disemprot2 gitu... maklum ane pergi ama istri (istri ngidamnya ga bs lepas ama ane, ngedampingi mulu...serem gan udah 7-8 bulan)

 gambar 2 - Fuel Rail
diatas ini, yang kata empunya bengkel, injectionnya.. (red: Fuel Rail untuk memberikan tekanan bensin ke injector) sepertinya agak tersumbat...nah bagian ini nanti ada yg dicabut trus di masukkan ke ULTRASONIC CLEANER, (kl ini ane tau di kerjaan ane laptop ada juga hehehe)
PS : tuh aki ane kecil banget, begini nih kl beli mobil di showroom, pada disunatin semua bagian2 yg bisa disunat...
 gambar 3 - Ultrasonic cleaner
Proses pencucian injector bensinnya, sekitar 10-15 menitan, ane lupa juga nanyain apa obatnya... duh maap yah 
 gambar 4 - kalibrasi /simulator semprotan injector

disini proses cleaning jg berlangsung, ada mode simulasi gimana injector bekerja, kata si mas2nya...cairannya berwarna biru muda, seperti cairan deterjen kl menurut ane, ada 3x proses cyclingnya...

 gambar 5 - Pasang ulang
Tahap ini, semua yg tadi dilepas dipasang kembali...sebelumnya semuanya tampak dibersihkan dulu, setel busi, air filter, throttle gas, dll

gambar 6 - Sisa obat jadi Asap lewat knalpot
pada gambar diatas, saat di gas, keluar asap yang sangat2 tebal, putih, sepertinya sisa obat yang dimasukkan ke dalam engine block, lewat bagian busi (ada di semprotin ke dalam lubang busi trus dikeluarin trus di semprotin atau dimasukin lagi cairannya...abis itu disedot...). sempet juga susah di starter sampe jumper pake aki yg gede, aki ane kecil disunat ama showroom, sebelumnya sempet di atur CO2nya pake sejenis alat deteksi digital gitu... sempet juga si pemilik bengkel nawarin busi jenis racing, cuma ane tolak, krn kl busi racing ane cuma tau busi jualan TS di thread ini...jadi ane ga beli deh busi asli japan yg 40rb/pcs itu...jd tetap pake busi kmrn yg baru jalan 3000km itu wkwkwk....

sekian dan terima kasih...semoga sharing ini berkenan mendapat hati di kalangan pengguna mesin M15A.. jika ada salah kata atau salah pengucapan mohon dimaapkan...650rb terasa mahal jika tidak ada share dan tanggapan serta penyegaran ijo2 kepada aku dari rekan2 senasib sepenanggungan (hahaha)

Result menurut ane secara feeling so good mode on
  • pedal gas jadi sangat enteng, sampe ane merasakan pedal kopling bagaikan bumi dan langit, andai bisa dipindah sejenak, kopling ama gas, betapa bahagianya kaki kiri ane....
  • Tarikan lebih gampang, dan bertenaga, cesplong deh, tarikan bawah lmyn berasa, palagi atas, M15A gitchu lho...bawaannya pengen ngegas aja...ngebut juga jiakakaka...bahagianya hati ane... yg tadinya mo jual nih merah, krn seiring kejadian2 aneh mempengaruhi psikologis ane jd tertunda sementara/selamanya?
  • bensin pastinya berdampak jadi irit, ane jadi ngerti kl mobil yg kondisi kotoran carbon sedikif krn pake pertamax, makanya skrg ane berusaha pake pertamax deh, beda dikid juga seboke2nya nyampur aja...menaikkan oktan dgn tablet2 orange, ternyata ga menghilangkan timbal kt si pemilik bengkel...

istri sampe bilang, serasa pertama kali ngerasain mbl ini pas awal beli seken dulu 3 tahun lampau, langsung dipake ngebut di pasupati bandung, 125km/h jam 2 malam, bolak balik doank...hanya ingin mendengar deru mesin M15A yg legendaris... untung ga cilaka.... kl sekarang sih, makasih mas, engga deh... tatut ama kecepatan tinggi...calon daddy sih wkwkwkw

oh iya, pas beli 3 tahun lalu odometer di 55.000km sekarang udah di 63.XXX, jadi ane catet kl terakhir engine cleaner di 63.XXX, usia mobil udah 8thn-an...mobil harian, mingguan, bulanan, tahunan...wkwkw

sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}