report ganti kopling set di BIT diponegoro {Nova AIC-365}

 gambar 1 - sedang di BIT
Kopling terasa dalam, mobil getar kalau antara injakan pedal gas dan kopling tidak pas. Belum ada gejala selip kopling. Kopling diganti sebagai langkah antisipasi. Dulu kopling pernah dibongkar, ternyata tidak dilakukan pergantian, hanya dilubang-lubangi lagi di kampas koplingnya (gambar 5). Kampas kopling sudah tipis tapi disiasati dengan cara dilubang-lubangi. Per di kampas kopling juga sudah kaku semua juga. Bagian tengah dari dekrup/matahari (gambar 4) juga terlihat aus, ada coakannya karena terkena gesekan.
Hasil pergantian kopling, keluhan hilang dan sekarang jadi halus. Test gigi 3 bisa mencapai 100 kpj dan belum sampai redline.
 gambar 2 - di BIT
gambar 3 - transmisi diturunkan
 gambar 4 - cover clutch assy aka matahari aka dekrup
 gambar 5 - kopling disc aka kampas kopling
 gambar 6 - drag laher - seal crankshaft - pilot bearing - seal differrential side
gambar 7 - nota

Perincian penggantian spare parts / material :
1. SEAL, OIL - QTY 1 @ 147.454 - DISC 15% - 125.336
2. BEARING, INPUT SHAFT - QTY 1 @ 21.545 - DISC 15% - 18.313
3. CLUTCH COVER - QTY 1 @ 436.363 - DISC 15% - 370.909
4. CLUTCH DISC - QTY 1 @ 681.818 - DISC 15% - 579.545
5. BEARING, CLUTCH RELEASE - QTY 1 @ 267.272 - DISC 15% - 227.181
6. SEAL DIFF SIDE OIL - QTY 2 @ 45.272 - DISC 15% - 76.962
SUB TOTAL 1.390.247

Perincian Jasa:
1. Overhaul KOPLING 717.500 - DISC 15% - 609.875
2. BUBUT TROMOL P.KOPLING 136.500 - DISC 0% - 136.500
SUB TOTAL 746.375

TOTAL 2,136,622 + PPN 10% = 2,350,284

by Nova AIC-365
sumber : BB AIC Surabaya

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten