report ganti kopling set di BIT diponegoro {Nova AIC-365}
gambar 1 - sedang di BIT
Kopling terasa dalam, mobil getar kalau antara injakan pedal gas dan kopling tidak pas. Belum ada gejala selip kopling. Kopling diganti sebagai langkah antisipasi. Dulu kopling pernah dibongkar, ternyata tidak dilakukan pergantian, hanya dilubang-lubangi lagi di kampas koplingnya (gambar 5). Kampas kopling sudah tipis tapi disiasati dengan cara dilubang-lubangi. Per di kampas kopling juga sudah kaku semua juga. Bagian tengah dari dekrup/matahari (gambar 4) juga terlihat aus, ada coakannya karena terkena gesekan.
Hasil pergantian kopling, keluhan hilang dan sekarang jadi halus. Test gigi 3 bisa mencapai 100 kpj dan belum sampai redline.
gambar 4 - cover clutch assy aka matahari aka dekrup
gambar 5 - kopling disc aka kampas kopling
gambar 6 - drag laher - seal crankshaft - pilot bearing - seal differrential side
gambar 7 - nota
Perincian penggantian spare parts / material :
1. SEAL, OIL - QTY 1 @ 147.454 - DISC 15% - 125.336
2. BEARING, INPUT SHAFT - QTY 1 @ 21.545 - DISC 15% - 18.313
3. CLUTCH COVER - QTY 1 @ 436.363 - DISC 15% - 370.909
4. CLUTCH DISC - QTY 1 @ 681.818 - DISC 15% - 579.545
5. BEARING, CLUTCH RELEASE - QTY 1 @ 267.272 - DISC 15% - 227.181
6. SEAL DIFF SIDE OIL - QTY 2 @ 45.272 - DISC 15% - 76.962
SUB TOTAL 1.390.247
Perincian Jasa:
1. Overhaul KOPLING 717.500 - DISC 15% - 609.875
2. BUBUT TROMOL P.KOPLING 136.500 - DISC 0% - 136.500
SUB TOTAL 746.375
TOTAL 2,136,622 + PPN 10% = 2,350,284
by Nova AIC-365
sumber : BB AIC Surabaya