Mengganti Suport shockbreaker Grand Livina serta melumasi bearing shockbreaker {ata666}

 gambar 1 - diangkat dulu kakinya
Permisi Mimin dan KLiK-ers, mau sekedar sharing nih gan bersama dengan Livi abu ane yang udah berumur 3tahun dengan KM yang sudah 88.+++ , berawal 2 minggu lalu yang mendapati adanya suara "Gruk..gruk.." pada kaki kaki depan bagian kiri dan terasa sampai di steer pada saat steer di belokkan ke kiri. akhirnya ane hubungi pak Joko (Jasmin Motor). Setelah ane ceritain apa yang ane rasa, pak joko langsung memberikan asumsi bahwa bearing shock yang mulai kering sehingga per tidak bisa berputar dengan sempurna dan menyebabkan bunyi dan sedikit getaran. kurang lebih seperti itu deh, ane agak lupa soale . Dari asumsi yang di sampaikan dan juga risih akan suara yang cukup bikin gak nyaman dan takut akan makin parah akhirnya ane putuskan untuk mampir ke jasmin kemarin (19/02/2014). 
Kurang lebih seperti ini proses pengerjaannya.

Pertama diangkat dulu kakinya (gambar 1)
terus di copot dek (cowl ventilator) serta wipernya
 gambar 2 - dek serta wiper
 gambar 3 - copot cowl ventilator
Tapi sebelumnya jangan lupa di copot klip deknya gan, ada 5 ya gan klipnya yang seperti ini
 gambar 4 - clip cowl ventilator
 gambar 5 - clip cowl ventilator
 gambar 6 - clip cowl ventilator
 gambar 7 - Hasilnya begini nih gan
 gambar 8 - hasil lepas cowl ventilator
 gambar 9 - proses copot shock
 gambar 10 - shockbreaker terlepas
Di bengkek dulu gan pernya biar bisa nyopot shocknya
 gambar 11 - compress per
 gambar 12 - compress per
Dan inilah bearingnya gan
 gambar 13 - bearing shockbreaker
 gambar 14 - bearing shockbreaker
Setelah di cek dengan seksama, kondisi bearing masih oke, namun memang agak ada yang mengganjal jadi di bongkar dan hanya di lumasi saja.

Namun, setelah di lakukan cek pada keseluruhan part shock, di dapati karet support shock yang sudah pecah , seperti ini gan kondisinya
 gambar 15 - support shock
 gambar 16 - support shock ditekan
lihat gambar ke dua (gambar 16) yang ane teken, di sana ada robekan karetnya. Dan ternyata bagian kanan juga sama , jadilah di ganti semua kanan kiri , sekalian di gemukin juga bearingnya.

Berhubung bawa duit pas pas-an jadinya ane ganti pakek part Thailand punya gan, harganya Rp325.000/pcs. Kalo yang ORI punya Rp675.000/pcs . Kayak gini gan barangnya
 gambar 17 - support shock Thailand
 gambar 18 - Ada part numbernya juga gan
Perbedaan yang ane liat secara fisik adalah, barang Thailand yang ane beli sedikit lebih tebal karetnya ketimbang barang ORI. Namun dari sisi pemakaian yang ane rasakan gak ada bedanya gan , gak tau deh ya kalo durabilitynya . sorry gak photo perbedaan ori dan thailand, silahkan datang aja ke Jasmin dan liat sendiri perbedaannya

oiya DC yang saya dapatkan dari total pengerjaan adalah :
gambar 18 - nota

Support shock ABS FRT 2 @ 325.000 = 650.000
Jasa OH Shock ASS FRT 2 @ 75.000 = 150.000
total 800.000

Sekian sharing saya, semoga bermanfaat bagi semua

by ata666
sumber : kaskus KLIK

 gambar 19 - bagian-bagian shockbreaker
gambar 20 - diagram shockbreaker
sumber : http://www.partsbase.org/nissan/grandlivina-inn-l10n-gr-3row-hr15de-hi-5mt-std-axle-suspension-front-suspension-p-2/

Comments

  1. Trims infonya gan livina 2010 ane. Problemnya sama.

    ReplyDelete
  2. Kalo jasmin motor di sktr bsd ada ga maa

    ReplyDelete
  3. Nah,, nah,, shockn support shock vina ane kek nya minta ganti dah ke om yayat kemuning

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G