DIY : cek cakram bergelombang dan bubut cakram penyebab bunyi rem {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - cakram yang bergelombang
kasus nih, cakram ga rata, kalau di injek bunyi srek srek srek, bensin boros..
wajib di bubut pake alat khusus ini sih...biar rata lagi.. bubut biasa sih ga bisa karena harus di level dulu. cakram dilepas aja dari mobil. disini ga ada yamg bubut piringan rem dengan kondisi terpasang di mobil.
tadi ngetes sih udah enak.. besok pembuktian nya mo dipake agak jauh dikit.

cakram bergelombang jangankan dari foto , diliat langsung juga ga keliatan..udah bubut sekali kemaren.. tapi ga di tukang bubut langganan.. jadi pas tadi pagi kumat lagi..

gambar 2 - cek cakram dan lepas cakram
ngecek nya dongkrak ban depan. lepas ban trus nyalain mesin. keliatan deh kaliper rem goyang-goyang... langsung ditandain deh posisi dimana benjol nya... dikira2 aja sambil muterin cakram....dirasakan mana yang terasa paling seret..

kalo besok masih kumat... mau ga mau ganti cakram.
benjol di cakram kiri yang sebelah luar. prediksi awal mang montir karena pernah macet dan dipaksa jalan.  tukang bubut yang pertama ngebubutnya asal rata aja ga di level dulu.

tukang bubut yang kedua dia udah biasa ngebubut parts otomotif. dia taro cakram di pegangan khusus buat cakram yang ada kaya water pas nya gitu. ngebubut nya juga pelan2 karena cuma ngeratain bagian yang gelombang.sayang lupa difoto alatnya...

tadinya ni cakram bunyi nya bikin khawatir aja. kalo rem di injek pelan, bunyi dug dug dug.. diinjek agak keras srek srek srek.. tapi kalo hard braking malah ga ada suaranya..
biaya bubut 100rb per cakram

update : Sekarang udah enak lagi....

by Aditia Ekalaya
sumber : Inbox FB

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}