DIY : Tata cara pemansangan Turbo Timer Portman di Innova D4-D {fiberplus}
gambar 1 - turbo timer Portman
http://otodiy.blogspot.com
Yg didapat:1 unit TT Portman
1 unit kabel harness
Manual pemasangan
Lama pengerjaan : 5 - 10 menit
Tingkat kesulitan : mudah - medium
gambar 2 - Alat-alat yg dipakai
Proses pemasangan sebetulnya terbagi dalam 2 bagian:1. Persiapan pemasangan dilalui dgn pemasangan socket
2. Installasi di kendaraan
Untuk Fortuner maupun Innova tidak ada perbedaan cara instalasi socket. Yang berbeda hanya cara membuka console dibawah setir dan panel2nya saja.
1. Persiapan pemasangan:
Tahap ini, kalo utk yang berada diluar kota atau yg ga mau DIY, nanti bisa dibantu oleh pihak seller untuk melakukannya. Jadi tinggal 100% plug n play.
(apa yg saya sebut disini, ada di manualnya)
a. Jadi Turbo Timer Portman ini datang dengan kondisi semua dengan kabel terbuka.
b. Pertama kita perlu gabungkan kabel coklat dan hitam
gambar 3 - kabel
c. Kabel biru dan kuning digabung spt diatas
gambar 4 - kabel biru dan kuning
d. lalu hasil dari (b) dipasang ring melingkar krn itu utk nanti disambung ke massa di body.
gambar 5 - pasang soket ring
e. hasil dari (c) dan kabel merah dipasang lidah logam yg nanti dimasukkan ke dalam socket
gambar 6 - pasang lidah untuk soket
f. Setelah semua siap maka hasil dari (e) dimasukkan ke dalam socketnya.
gambar 7 - socket
Perhatikan warna kabel dan lokasi pemasangan pd socket* Semua lidah besi, socket, ring, dan mur, disediakan dalam paketnya.
Selesai sudah tahap pertama persiapan. Sekali lagi, tahap ini bisa kita
minta tolong dengan pihak toko utk melakukannya buat kita. Supaya kita
benar2 plug n play dan tidak terjadi salah pasang kabel.
2. Installasi di kendaraan
a. Buka bagian bawah kolom stir
gambar 8 - buka bawah setir
b. Buka pelapis plastik pada kolom setir dengan membuka 3 sekrup saja.
Utk membuka 2 sekrup yg dibawah setir, ada baiknya mesin dijalankan
sehingga mudah kita memiringkan setir dalam posisi 90 derajat. Sehingga
sekrupnya terlihat di sebelah kiri dan kanan. Kemudian kita buka sekrup
yg bagian bawah.
gambar 9 - plastik kolom setir
gambar 10 - baut
gambar 11 - baut
gambar 12 - sekrup bawah kolom setir
c. Setelah semua terbuka, maka kabel didalam kolom setir akan terlihat,
dan kita akan menemukan socket yg terbungkus busa spt pada foto.
gambar 13 - socket setir
d. Lepaskan socket tsb
gambar 14 - lepas
e. Lalu pasangkan kabel harness yg sudah disupply dlm paket TT (turbo timer)
gambar 15 - kabel harness
f. Sisa socket pada kabel harness, dihubungkan ke modul turbo timer
gambar 16 - modul
g. Kabel dari modul, disambungkan ke displaynya
gambar 17 - display
h. Jangan lupa memasang kabel hitam/massa tadi ke body mobil. Kalo dalam
kasus ini, diambil tonjolan baut yg terdapat sekitar wiring utama
dibawah setir.
gambar 18 - kabel massa
Karena lokasinya dibalik itu, jadi ga bisa ambil gbr, hehehe....Tapi intinya pasang ke massa/body mobil
i. Tinggal pasang display dilokasi yg kita mau, bisa ditengah atau sekitar electrik mirror. Ini contoh yg saya pasang ditengah
gambar 19 - lokasi display
Selesai sudah pemasangan. Jadi utk memasang plastik kolom setir, tinggal
lakukan langkah sebaliknya dan tutup kembali cover plastik di bawah
setir.
Penampakan display TT yg sudah bekerja.
gambar 20 - Turbo Timer sudah bekerja
Sekian DIY utk pemasangan TT Portman. Untuk cara penyetelannya, nanti
ada di manualnya. Seandainya ada kesulitan dlm cara setting, mungkin
bisa menghubungi seller atau ya nanti akan kita sharing di post yg baru.
Selamat DIY gan, hehehehe.......
by fiberplus
sumber : kaskus KIOC
Gan kalo di innova 2012, socketnya sama gak kaya di fortuner, yg dibungkus busa itu
ReplyDeleteKabel orage gk dipakai ya
ReplyDeleteTurbo timer ini, pintu apakah bisa di lock saat timer bekerja (mesin masih menyala..)
ReplyDelete