share ganti kopling set Aerio

 gambar 1 - transmisi manual Aerio
 http://otodiy.blogspot.com
Sebenernya kopling Aerio udah bunyi sejak akhir 2013 lalu, dugaan adalah dari drag laher aka throwout bearing-nya. Gejalanya saat pedal kopling diinjak terdengar suara kasar seperti bearing kering, sedangkan apabila pedal kopling dilepas suara hilang sama sekali. Karena tidak ada gejala selip kopling dan lain-lain makanya ga terlalu keburu-buru untuk ganti, meski begitu kopling set sudah sempat pesan dari Sentosa motor di Des 2013 lalu, kalau ga salah ingat seharga 1.135 jt, terdiri dari dekrup SGP lokal Aerio, plat kopling SGP lokal Aerio, pilot bearing SGP lokal, drag laher merk NTN. 
Mumpung ada kesempatan akhirnya bawa ke bengkel Pak Jono di gedangan untuk ganti kopling sekalian ganti arm kanan karena balljoint sebelah kanan sudah bunyi, sempat dipress namun hanya bertahan beberapa bulan udah bunyi lagi. Arm yang dibeli KW Aerio, harga juga lupa, kalau ga salah sekitar 600rb

 gambar 2 - proses menurunkan kopling
Prosesnya dimulai dari lepas aki, lepas tatakan aki, lepas as roda kiri kanan, sekalian lepas arm kanan soalnya mau diganti, lepas engine mounting kiri, lepas pangkon engine mounting depan belakang. 
 gambar 3 - as roda kiri
 gambar 4 - as roda kanan
 gambar 5 - transmisi berhasil diturunkan
 gambar 6 - transmisi aerio
 gambar 7 - drag laher diputar tangan langsung bunyi kasar bin kering
 gambar 8 - dekrup aka matahari dilepas
 gambar 9 - fork pengungkit drag laher
 gambar 10 - transmisi letak keluarnya as roda kiri
 gambar 11 - flywheel dilepas
 gambar 12 - flywheel sudah dilepas kering dari oli
 gambar 13 - flywheel sebelum dibersihkan, aman dari baret
 gambar 14 - pilot bearing ternyata juga seret
 gambar 15 - perbandingan plat kopling baru dan lama
 gambar 16 - plat kopling lama masih tebal hanya sudah mulai mengkilat
 gambar 17 - per sama persis dengan ori bawaan mobil
 gambar 18 - per di plat kopling bawaan mobil, mulai kocak
 gambar 19 - kuku dekrup mulai tergerus drag laher
 gambar 20 - matahari sisi penekan masih bagus
 gambar 21 - masih baik kondisinya
 gambar 22 - arm yang oblak balljointnya
 gambar 23 - flywheel aka roda gila
 gambar 24 - flywheel aka roda gila
 gambar 25 - diamplas untuk membersihkan permukaan flywheel
 gambar 26- setelah transmisi dibersihkan, drag laher dipasang
 gambar 27 - dekrup baru diberi pelumas
 gambar 28 - drag laher terpasang, tuas pengungkit diberi grease
Pilot bearing baru juga dicongkel penutupnya dan ditambah grease kyodo yushi, setelah itu dipasang di flywheel, pemasangan flywheel menggunakan kunci torsi, bautnya diberi thread locker agar tidak geser.
 gambar 29 - lem dodol untuk kaca
 gambar 30 - dilem di karet boot kabel yang rusak, biar rapet ga kemasukan asap
gambar 31 - nota
Total jasa 350rb include pemasangan kopling, ganti arm kanan serta lem dodol + lem karet boot kabel di firewall. Nambah oli untuk transmisi sebanyak setengah liter seharga 20rb, total 370rb.
Injek pedal kopling enteng bener serasa ga injak apa-apa, padahal sebelumnya udah enteng ini terasa makin enteng lagi. Test jalan juga lebih halus, sentakan benar-benar halus, efek redaman per di plat koplingnya.

regards,
singachu

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Letak fan double blower, evaporator dan pembuangan air AC Innova {ipah2.0v}