Optimalisasi berkendara innova D4 D standard / Light Tune {gajah_terbang}
gambar 1 - Ignition delay pada mesin diesel
http://otodiy.blogspot.com
Dear all
Sepeti kita ketahui bersama bahwa proses pembakaran pada mesin Diesel lebih lambat daripada pembakaran bahan bakar bensin, maka teknik berkendara juga membutuhkan pendekatan yang sedikit berbeda
Ignition Delay = Waktu yg dibutuhkan saat BBM mulai disemburkan hingga meledak terbakar (semain rendah angak Cetane = ignition delay semakin besar dan sebaliknya)
by gajah_terbang
sumber : kaskus KIOC
gambar 2 - Siklus Termodinamika Diesel dan Gasoline (Otto)
Banyak pengguna mobil Diesel yang sebelumnya selalu membawa mobil
Gasoline merasa mesin “kurang bertenaga / lemot / lemah”…….padahal
sebetulnya mungkin dikarenakan pola menginjak gas yang kurang tepat.
Dengan kondisi mesin standard atau hanya “Light Tuning”……akselerasi dan Speed dapat kita optimalisasi dengan teknik menginjak gas yang sesuai.
Berikut teknik menginjak pedal gas yang dapat dicoba :
- Bisa dicoba menginjak gas dengan diurut (jangan langsung dibejek dalam), misal saat berakselerasi kita injak pedal gas 20%, tahan bentar di situ sekitar 1 -2 detik sudah itu lanjut tekan sampai 40% dst
- Sewaktu akselerasi kecepatan menengah – tinggi, pedal gas juga dapat dikocok sedikit, misal injak 40%, kurangi dikit dan seketika itu juga tekan lagi sampai 50-60%
Teknik menggunakan transmisi otomatis :
Saat akselerasi / menyusul dengan range kecepatan rendah sampai 90 km/jam bisa gunakan posisi tuas ke 3. Lalu setelah kendaraan di depan tersusul pindahkan lagi ke D
Pindah pindah tuas antara D dan 3 tidak akan merusak transmisi otomatis, asal dilakukan pada kecepatan sampai dengan 90 kpj, sedangkan di atas 90 tetap di D
Dengan teknik menginjak pedal gas yang sesuai, maka tenaga mesin akan lebih tersalur dengan optimal.
Selamat mencoba
Dengan kondisi mesin standard atau hanya “Light Tuning”……akselerasi dan Speed dapat kita optimalisasi dengan teknik menginjak gas yang sesuai.
Berikut teknik menginjak pedal gas yang dapat dicoba :
- Bisa dicoba menginjak gas dengan diurut (jangan langsung dibejek dalam), misal saat berakselerasi kita injak pedal gas 20%, tahan bentar di situ sekitar 1 -2 detik sudah itu lanjut tekan sampai 40% dst
- Sewaktu akselerasi kecepatan menengah – tinggi, pedal gas juga dapat dikocok sedikit, misal injak 40%, kurangi dikit dan seketika itu juga tekan lagi sampai 50-60%
Teknik menggunakan transmisi otomatis :
Saat akselerasi / menyusul dengan range kecepatan rendah sampai 90 km/jam bisa gunakan posisi tuas ke 3. Lalu setelah kendaraan di depan tersusul pindahkan lagi ke D
Pindah pindah tuas antara D dan 3 tidak akan merusak transmisi otomatis, asal dilakukan pada kecepatan sampai dengan 90 kpj, sedangkan di atas 90 tetap di D
Dengan teknik menginjak pedal gas yang sesuai, maka tenaga mesin akan lebih tersalur dengan optimal.
Selamat mencoba
by gajah_terbang
sumber : kaskus KIOC