Share modif ganti model bumper Innova GT ke GNKI {pgonk}

 gambar 1 - before dan after
 http://otodiy.blogspot.com 

Halo para juragan penghuni KIOC.. saya silent reader dr bandung nih,tp pernah bbrp kali ikt kopdar chapter bandung.. kebetulan saya mau sharing terutama buat om2 yg punya ipah GT dan ada rencana mau ganti bumpernya ke model GNKI,supaya nyari barang2nya ga bingung sama ada gambaran keluar duitnya berapa.. hehehe.. langsung aja ya..

Barang2 yg keliatan mata yang perlu diganti:
1. bumper depan
 gambar 2 - bumper depan
supaya ngirit biaya saya beli bumper depan ex asuransi,harganya 350rb.. ongkos cat nya 800rb karena harus dikerik lg dr awal supaya hasilnya bagus.. ya masi lebih murah drpd beli bumper baru + cat..

2. grill atas
 gambar 3 - grill atas
ini jg saya beli ex asuransi,bisa pilih mau yg chrome ato tanpa chrome.. harga ex asuransi yg pake chrome 450rb,yg tanpa chrome 300rb.. saya pilih yg tanpa chrome karena pengen dicat sewarna body.. biaya cat + repair (karena ex asuransi ada bekas tambal2an) 450rb..

3. grill bawah
 gambar 4 - grill bawah

awalnya saya beli ex asuransi jg seharga 150rb,tp ternyata ada bekas tambalan jg (dicat pylox item).. stlh tanya di auto2000 ternyata harga barunya 275rb.. dengan pertimbangan yg ex asuransi kalo saya cat ulang keluar biaya lg 200-300.. akhirnya saya beli yg baru..
part number: 53112-0K090 (GRILLE RADIATOR LWR)

4. cover foglamp

 gambar 5 - cover foglamp
Cover foglamp jg macem2 ada yg chrome dan tanpa chrome.. saya pilih yg tanpa chrome.. dpt diharga 125rb sepasang,karena bekas barang lelangan.. ada baret2 halus sih,cm ga terlalu keliatan.. konon harga barunya sepasang 250rb..

Untuk logo toyota di grill bisa dipindah dari yang ipah GT,foglamp jg bisa dipindah.. ga perlu ada yg diubah..

Untuk barang2 yang ga keliatan dr luar tp harus diganti:
 gambar 6 - gambar ket
keterangan dari gambar 6
1. tiang tengah (di gambar 6 yg dilingkari kuning)
 gambar 7 - tiang tengah
Tiang ini buat nahan grill sama bemper.. ada bagian grill sama bemper yang dikancing ke sini.. tentu harus diganti karena grill GT lebih panjang ke bawah,dudukannya beda.. harganya 110rb..
Part number: 53208-0K070 (SUPPORT S/A HOODLOCK)

2. retainer bumper (di gambar 6 yg dilingkari merah)
 gambar 8 - retainer

Retainer ini tempat ngebaut gril bawah.. ini jg harus diganti karena yg bawaan GT lebih panjang.. retainer ini ada 2 kiri dan kanan,tapi partnya sama.. harganya jg murah 13rb 1 nya,2 jadi 26rb..
Part number: 52533-0K060 (BRACKET FR BMPR RET1)

3. deflector (di gambar 6 yg dilingkari hijau)
 gambar 9 - deflector
 gambar 10 - deflector
Deflector sebenernya optional.. karena sebenernya bisa dicabut,ga dipasang jg gpp.. kalo pake yg bawaan GT kyny mentok sih,kmr lgsg dicabut soalnya keliatannya bakal mentok.. kalo ada rencana pasang intercooler jg deflector ini biasanya dilepas.. harganya lumayan jg 225rb 1 nya.. ada 2 kiri kanan jadi 450rb..
Part number: 53293-0K120 (DEFLECTOR RAD SD RH), 53294-0K120 (DEFLECTOR RAD SD LH)
 gambar 11 - before
gambar 12 - after
gambar 13 - after
kira2 abis 2,8an lah,kalo deflector dicabut sih lbh irit,ga nyampe 2,5.. asal ga ada salah beli barang.. kmr sy ada bbrp salah beli barang soalnya blm kebayang walau udh tanya2.. makanya saya mau sharing di sini biar ga ada yg salah beli..
Sekian sharing dari saya,semoga bisa berguna buat anggota KIOC,maaf kalo kepanjangan.. hehehe..

by pgonk
sumber : kaskus KIOC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}