Troubleshoot steer getar saat pengereman Livina matic {Ariz88}

 gambar 1 - kanvas rem depan diamplas dan dibersihkan
http://otodiy.blogspot.com
Selamat siang rekan-rekan KLiK, izin saya mau sharing masalah steer getar yang saya alami saat pengereman di kecepatan tinggi, terutama pada kondisi jalan menurun.

Mobil Grand Livina 1.5 XV Matic
2010 / Kilometer 59.700

Masalah Utama :
Steer terasa getar & sangat tidak nyaman dikendalikan saat melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, terutama saat kondisi jalan menurun.



Troubleshooting :
1. Kanvas Rem masih cukup tebal namun kondisi Disc Brake menurut bengkel sudah bergelombang, akhirnya dibubut (ongkos Rp. 250.000) setelah itu saya test jalan, memang benar tidak terjadi getar dijalan lurus, namun setelah saya coba dijalan yang agak menurun masih saja terjadi getar yang tidak nyaman.

2. Akhirnya cek kembali rem, terutama kanvas rem depan, dibersihkan & diamplas permukaannya. (gambar 1).

3. Cek rem belakang, setelah dibuka ternyata brake shoe sudah sangat tipis, menurut analisa bengkel ini salah satu penyebab getar saat pengereman di jalan menurun lantaran beban rem terlalu berat di depan

gambar 2 - kondisi brake shoe yang sangat tipis

4. Buang angin & kuras minyak rem, minyak rem yang dulu sudah cukup kotor *maaf lupa foto

DC : Bersihkan rem, ganti brake shoe, kuras minyak rem & jasa total Rp. 445.000

Akhirnya saya coba test kembali, hasilnya memuaskan, tidak ada lagi getar dan rem semakin pakem
sekian sharing dari saya

salam, KLiK Bandung #243

by Ariz88
sumber : kaskus KLIK

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}