DIY : Troubleshoot lampu indikator bensin Brio berkedip saat bensin penuh {dityo kurniawan}

 gambar 1 - Fuel Pump beserta fuel sender
http://otodiy.blogspot.com
Suhu2 brio yg jago2... punya ane satya S nih...
Ada problem, Jd setelah isi bensin... fuel levelnya Malah Gak baca... Dan tanda illuminate pom bensin yg Warna kuning itu berkedip...
Ane Buka tuh Di fuel sendernya ane check pake avo meter, menunjukan 4ohm,,, (artinya full tank) Nah yg ane curigain nii sekring ato relaynya bermasalah....
Ada yg tau Gak layout sekring n relay satya S..??
Soalnya setelah isi bensin itu kedip sih pertamanya...Tp Langsung baca.... Nah Trus tiba2 Mati lagi... ane curiga Di sekringnya putus ato relaynya.... ada yg tau Gak posisi relay fuel level Dmn gan??

Help gan... ane kudu DIY nih... Soalnya ane Jauh Dari Beres Di sini... kudu nempuh berkilo2 smpe ke provinsi tetangga untuk dapetin Beres....


Sesepuh brio... bantu ane dooong.... help please..... 

Gentle men.... setelah ane baca trit Ini (klik sini)

Nah.. pembacaan Di fuel sender untuk level fuel ada 3,... full , middle sm low
Nii ane Buka Langsung fuel sender ane...

Nii penampakan level bar yang Udh karatan gan...

 gambar 2 - fuel sender berkarat
Ane test Di tiga level tsb...
Full
 gambar 3 - Full = Normal
Low
 gambar 4 - Low = Normal
Daaaaaaaannnn.........!!!!
Middle ane rusak gan... Jd dia resistansinya tinggi ... smpe 1637 kilo ohm...
???......!!!#@$$@/&^**
 gambar 5 - Middle = bermasalah
Setelah ane test manual Di fuel penuh maka tanda Lampu pom bensinnya Gak kedip LG...
Ane set Di full position bacanya full ....(normal LG)
 gambar 6
Yg low jg gt.. mormal jg.. tapi ane Gak foto lupa gan....

Sekarang dah beres, beli Langsung Di Denso Jakarta aja
Kalo full setnfuelnsender sama pompa2nya dpt 450rb....

Semoga bermanfaat...ya gan....

----
Yg low jg gt.. normal jg.. tapi ane Gak foto lupa gan....

Semoga bermanfaat...ya gan....
Kuncinya pake kunci 8, sm kunci khusus yg ane buat sendiri (gambar 7)
Mending Agan ke bengkel deh...Agan kan Di kota... klo ane kudu nempuh 5jam dlu Baru nyampe ke kota Lewat jalan aspal...
Nah smpe bengkel Agan suruh deh bukain tu Fuel sender, Tp Agan kudu buat ndiri Dari rumah saringannya.....
Lebih puas bikinnya deh pokoknya...
Ato Agan ganti fuel sender yang empunya kakanya Mas bro... A.K.A mbak jezzy.... cuma 450rb doang kok....
Belinya Di gerai Denso untuk part ya gan.... jgn Di rumah bang jamin....tar ditawarin soto
 gambar 7 - custom tools

-----
LCGC memang dirancang untuk Mobil yg dianjurkan pake pertamax sama pemerintah.... karena pertamax Lebih bersih ketimbang premium...
ÒOT gan...maklum kuli Minyak ane nih Di kalimantan.... 
Krn Di bakar Di sebuah boiler vessel yg berbeda tingkat suhunya...
Yaaahh... OOT LG... 
Anyway setelah ane buka fuel sender ane, ada sesuatu yg janggal Di fuel brio satya S ane... (lihat tulisan di atas)
Ada perbedaan yg mencolok nii Di fuel sander kita....Dan Mobil klub laen.... Capede.PNG miris bgt.....
Nah..penampakan fuel sender satya :
 gambar 8 - tanpa filter di intake suction Brio Satya
Dan Ini punya civic... :
 gambar 9 - ada filter di civic
Ada yg beda Gak gan????
Yak betul... warnanya....!!!!
Tp Bukan itu gan.... niihhh intake fuel sender satya Gak ada soft*k nya....
Jadi masuk ke pembakaran adalah bensin yang kotor.... kudu pake saringan juga dong Yaaa.... Masa diruang bakar kotoran blh masuk siihhh....

Gak Mungkin kaleeee.......

Nii DIY ane.... sambil searching mau cari pembalut... #eh...
Saringan Maksudnya gan....
Hahahaha.....
Check this one out....
gambar 10 - saringan
Tp gpp sih radak ndeso dikit.... daripada sprayer ane yg duluan kena sumbat... Jd Mobil ngadat...nahloh....
Motor verza aja ada tuh pembalutnya.... Masa satya Nggk sih...
Memang pemerintah cerdas yaa....Tp rakyat kudu, must, Dan harus jenius...Wkwkwkwkwk
Kalo ada info Tentang saringan sof*ex Ini eh....salah LG....
Saringan Ini....Maksudnya... kasi tau ane ya Agan2...

by dityo kurniawan
sumber Fuel Sender : HondaBrio.Org
sumber Fuel Filter : HondaBrio.Org

Comments

  1. maaf soal itu, tetapi saya tidak tahu bagaimana menyelesaikan pertanyaan itu di Honda Brio

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}