DIY: Cara tutup lubang ventilasi luar AC Innova 04-15 {usbdevice}

 gambar 1 - Penampakan lubang slot ventilasi dari depan (kosong-bolong)
http://otodiy.blogspot.com

Mau sharing dikit nih agan2, filter AC mobil innova ane kotor sampe ada daun2 kecil gitu, ternyata masuknya dari lubang slot ventilasi depan dashboard. Saat posisi vent close debu terperangkap sementara, saat posisi vent ke open langsung kotoran turun ke filter. Ane kaga pernah pake fitur open ventilasi juga secara indonesia kotor gini, jadi ane putuskan langsung tutup semua aja. 

Sambil nutup ventilasi sekalian nambahin peredam di depan. Bisa pake peredam aspal, jenis foil atau wool. Karena posisi dekat mesin, lebih baik pastikan peredam non-flammable. Contoh yang dibawah ane pake jenis spon foil dan wool, sudah dites pakai korek juga biar ga khawatir.
 gambar 2 - tes bakar
Step 1: 
Buka gagang wiper. Gunakan kunci 12mm
 gambar 3
Step 2: 
Buka cover penutup motor wiper. Lepas 2 klip di ujung kiri dan kanan.
 gambar 4
Step 3: 
Angkat bagian kanan agar cover bisa lepas jadi 2 bagian.
 gambar 5
Step 4: 
Buat draft atau 'mal' peredam dan pastikan menutupi semua lubang
 gambar 6
Step 5: 
Pasang dan rapatkan peredam. Nyalakan motor wiper dan pastikan tidak terganggu.
gambar 7
Jika sudah selesai, kembalikan dengan cara mundur. Kalo mau juga bisa tutup kisi-kisi pada cover motor wiper sekalian biar mengurangi suara angin di kecepatan tinggi (lihat juga: splash-guard innova). Ane pake peredam aspal kalo untuk di kisi-kisi ini. Beberapa bulan ini melewati hujan masih OK.

Overall selain mengurangi kotoran pada filter AC, juga sedikit (mungkin cuma 3%) mengurangi suara dari luar. Yang berasa dari bagian atas dashboard sedikit lebih senyap. Efek samping adalah suara mesin bakal kedengeran berbeda dari dalem.

by usbdevice
sumber : kaskus KIOC

Comments

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : membetulkan karet dudukan per dan support shock penyebab bunyi saat belok