DIY : Recovery injector captiva diesel korban solar busuk {Judi}
gambar 1 - test semprotan injector
otodiy.blogspot.com
Maaf jika tulisan ini belepotan krn ini posting pertama saya untuk berbagi pengalaman.
Menceritakan pengalaman recovery captiva 2013 akibat mengkonsumsi solar busuk, mobil ini sy pakai sebagai mobil harian bergantian dengan ertiga sebagai backup, mulai baru menggunakan dex sebagai prioritas dan sesekali pakai bio jika tdk mendapat dex.
Awal masalah timbul pd saat sy melakukan perjalanan rutin ke bbrp kota di sepanjang pantura jatim dan tertarik mencoba solar A*R, pagi berangkat dr surabaya jarum indikator bbm kurang dr setengah dan sy isi solar A*R full di lamongan dan lanjut perjalanan ke tuban dan bojonegoro, sore balik ke surabaya dan besoknya lanjut ke pasuruan dan isi solar A*R di perbatasan pasuruan-probolinggo, saat itu indikator bbm menunjukkan setengan dan sy isi full dan melanjutkan perjalanan ke probolinggo dan sorenya lanjut ke lumajang dan malam hari balik ke surabaya, total ±600 km.
Masalah timbul pagi harinya, pada saat sy start mesin susah hidup coba 2x dan start agak panjang mesin bisa hidup dan dalam sehari itu mesin selalu susah start butuh start panjang utk bisa hidup.
Karena ada tugas ke atambua mobil tdk dipakai selama 4 hari dan setelah balik dari atambua mobil bisa di start tetapi tidak bisa hidup.
Kemudian sy cek fuel pump dengan membuka cover di bawah jok tengah dan mendengarkan suaranya sptnya msh normal, selanjutnya bongkar dan bersihkan fuel filter dan coba start engine hasilnya tetap tdk mau hidup.
Kemudian sy buka cover engine dan melepas semua selang di outled fuel return injektor dan dari outled fuel return injector sy sambungkan selang untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine hasilnya........
solar ngocor di injector no 2&3 ......wah gawat.....krn ini menandakan bahwa injector 2&3 bermasalah. (gambar 1)
Untuk memastikan kerusakan sy menghubungi teman untuk meminjam diagnostic scanner dan ternyata teman sy masih di luar kota, akhirnya call beres minta untuk kirim mekanik dan dijanjikan datang siang dengan biaya 400rb.
Setelah mekanik datang dan dilakukan engine scanning, hasilnya memang injector 2&3 bermasalah.
Karena mobil masih dalam masa garansi maka sy mengajukan klaim penggantian injector dan ternyata.....injector tdk digaransi dan utk penggantian partnya harus indent dengan harga perkiraan 7-8jt per pcs.
Mekanik dari beres menawarkan injektor bekas seharga 3.5jt per pcs tetapi sy tolak karena untung-untungan, kalau bagus ya untung ngak ya buang duit.
Postingan selanjutnya akan sy share bgmn cara recovery dengan cara DIY dan murah
gambar 2 - Perbandingan solar: kiri dex, kanan solar A*R dan injector yg bermasalah
kerusakan yg sering terjadi pada injector al: selenoid coil, control valve dan nozzle
dan kerusakan yg sering terjadi pada injector jika menggunakan solar busuk yaitu pada control valve dan nozzle.
Pd bbrp injector diesel common rail kerusakan bisa diperbaiki, untuk captiva menggunakan delphi pn:28264952
kerusakan pd nozzle yg paling mudah diketahui jika injector sdh dibongkar yaitu lobang nozzle buntu atau jarum macet.
Utk proses perbaikan cukup dengan 15rb saja
dan jk tdk bs diperbaiki hrs ganti baru biayanya per pcs US $15-25 sy biasa beli di eb*y atau al*exp**
gambar 3 - control valve
gambar 4 - nozzle + jarum
gambar 5 - injector
request utk coba DIY.
Step awal adalah mencari injector yg bermasalah dengan diagnostic scanner ini cara yg paling gampang krn tinggal hubungkan scanner ke port obd2 yg ada di pojok kanan bawah dashboard
jika tdk ada diagnostic scanner bisa menggunakan cara di gambar 1 yaitu lepas semua return hose dan sambungkan dengan hose yg lain untuk mengalirkan solar ke gelas air mineral dan start engine, perhatikan solar paling banyak ngocor di injector nomor berapa itu yg kemungkinan besar rusak.
atau cara di gambar 6 yaitu lepas semua injector dan pasang lagi dengan posisi injector dibalik dan start engine, perhatikan injector yg tdk menyemprotkan solar itu yg rusak
gambar 6
Dalam kondisi normal debit solar yg keluar melalui return outled pd semua injector sama, ini bs dilihat di gelas penampung spt pd gambar 7, itu hasil test pd captiva sy setelah melakukan penggantian control valve dan membersihkan nozzel.
gambar 7 - debit yang normal
bila harus beli :
control valve di https://www.aliexpress.com/item/Genuine-high-quality-nozzle-valve-fuel-injector-control-valve-9308-625C-9308z925c-28264094-28277576-28346624-EURO/32698411410.html?spm=2114.01010208.3.2.ie7PIq&ws_ab_test=searchweb0_0,searchweb201602_1_116_10065_117_10068_114_115_10069_113_10017_10080_10082_10081_10060_10061_10062_10056_10055_10054_10059_10078_10079_10073_10070_421_420_10052_10053_10050_10051,searchweb201603_1&btsid=72f0a08f-0627-4353-9fe4-dd71641d4136
control valve+nozzle di https://www.aliexpress.com/item/Original-Nozzle-Valve-Kit-7135-573-includes-28277576-and-L374-for-Common-Rail-injector-33800-4A710/32626062649.html?spm=2114.01010208.3.29.ie7PIq&ws_ab_test=searchweb0_0,searchweb201602_1_116_10065_117_10068_114_115_10069_113_10017_10080_10082_10081_10060_10061_10062_10056_10055_10054_10059_10078_10079_10073_10070_421_420_10052_10053_10050_10051,searchweb201603_1&btsid=72f0a08f-0627-4353-9fe4-dd71641d4136
part number bila link sudah tidak ada :
injector: delphi 28264952
control valve: 28277576
next.....bongkar injector
gambar 8 - jepit injector dng ragum dan buka penutup dng kunci sok 15
prepare bongkar injector,alat yg diperlukan:
- ragum
- kunci sok 15
gambar 9 - injector yg sdh dibongkar
sebaiknya pd step ini didokumentasikan supaya pd saat reassembly tdk terjadi kesalahan
gambar 10 - injector dlm kondisi terbongkar
gambar 11 - injector dlm kondisi terbongkar
gambar 12 - urutan assembly
test nozzle :
1. cek apakah jarum nozzle tdk lengket/macet di dalam nozzle
2. jika tdk lengket/macet keluarkan jarum dr nozzle
3. cek fisik terutama ujung jarum yg warna hitam apakah ada kerusakan/tergores
4. test lobang nozzle dng menyemprotkan carb/injector cleaner spt pd gambar 13
hasilnya cairan hrs keluar dr 8 lobang dng debit yg sama
perbaikan:
- jika ujung jarum yg warna hitam rusak/tergores ===> ganti
- jika jarum lengket/macet dan lobang nozzle ada yg buntu ===> beli thinner A yg biasa (sy beli eceran di toko bangunan Rp 15rb)
rendam min 1 jam, jika msh macet rendam kembali dlm wadah yg tertutup
- lakukan test no.4
gambar 13 - cek lobang nozzle
Pada saat pemeriksaan nozzle menemukan kerusakan dan kerusakan sdh diperbaiki dan di test tdk ada yg buntu atau jarum macet sebaiknya injector di reassembly tanpa mengganti valve control krn ada kemungkinan masalah pd injector sdh solved.
Pasang kembali injector dan sambungkan return outled injector ke selang dan gelas air mineral untuk test hasil perbaikan apakah sdh sempurna.
Pasang kembali kabel negatif pd aki.
PENTING !!!!!!
tangki hrs sdh dikuras dan diganti dengan solar yg bagus
ganti filter solar
jangan langung start engine, lakukan bleeding untuk mengeluarkan udara
caranya:
1. Turn on the ignition key dan tunggu 5 detik
2. Turn off the ignition key dan tunggu 3 detik
3. Ulangi step 1 & 2 sebanyak 5X
4. Start engine (biasanya butuh start agak panjang sampai mesin hidup)
setelah mesin hidup perhatikan penampungan solar pd gelas air mineral, jika hasilnya tdk sama dng perbandingan yg sangat jauh maka injector yg return outlednya mengeluarkan solar paling banyak itu valve controlnya hrs diganti.
Penggantian valve control
sy blm menemukan part ini dijual di lokal jadi sy membeli di luar,
sy membeli sebanyak 4 pcs dng harga US $148 dan shipping US $25 pakai EMS
total waktu pengiriman 7 hr, jika ingin cepat diambil sendiri di kantor pos bs hemat waktu 2 hr.
sy sengaja beli lebih krn yg 2 pcs buat spare.
gambar 14 - paket kiriman valve control via EMS
gambar 15 - isi paket
gambar 16 - injector yg akan ganti valve control
yg perlu diperhatikan pada saat pemasangan kembali valve control jangan sampai terbalik (gambar 12),
krn itu pada saat pembongkaran perlu didokumentasikan/foto.
Lakukan bleeding dan test setelah penggantian valve control spt tsb diatas. (gambar 12).
Sekian sharing sy mudah2 berguna dan dr pengalaman sy menggunakan mobil ini sejak awal 2014 adalah:
nyaman,
stabil,
standart saja sdh powerfull krn torsi yg besar,
cocok untuk stop n go di dlm kota,
dan take over di jalur pantura,
maupun melibas jalur pegunungan (sy biasa ke malang lewat jalur pacet-cangar-batu),
perawatan murah krn hrg fast moving part yg sy dpt :
- fuel filter US $27.14
- oil filter US $8.62
- air filter US $15.08
- cabin filter US $14.93
- oli mesin Q8 5-30 dexos2 Rp 120.000/l
sejak th 1995 s/d skrg mobil utk daily yg berkesan :
1. Cefiro dng RB25DET
2. W124 Masterpiece3. Captiva Z20D
Turboman wrote:
om Judi
sekiranya boleh di share pake tools apa aja utk bongkar injector ini
lalu setelah parts rusak diganti baru, apakah injector dikalibrasi di benchtest utk CRD ?
juga yg saya heran, dr solar yg kurang bagus bisa sampe kena ke injector, padahal di Captiva FL kalo gak salah filter solarnya ada 2, mana harganya ajibb pula
setahu saya filter solar utk CRD micron nya sgt kecil ?
apakah mungkin waktu pemasangan filter kurang bersih / ada kotoran yg masuk ?
Thanks sebelumnya
tdk ada tools khusus untuk membuka injector mungkin yg agak susah adalah melepas injector dr silinder head, tapi utk mobil yg usianya kurang dr 3th biasanya masih mudah dilepas.
sptnya bukan masalah di filternya, dugaan sy krn injector captiva yg sdh euro5
info dari beres ada bbrp captiva yg pakai full dex tetapi injector msh bisa kena
mungkin krn kadar belerangnya msh tinggi ya....(euro5 maximum sulphur limit of 0.001% (wt.) = 10 ppm)
dex ???????
mungkin krn SOP di beres harus ganti om walaupun bisa diperbaiki.
Sebelum sy lakukan DIY sy sdh kontak beres dan mereka kirim mekanik hasilnya harus ganti injector 2 buah total ± Rp 18.000.000 belum purging, kuras tangki, dll .......
Perbandingan biaya dng cara DIY :
- perbaikan 1 buah nozzle yg buntu = 15.000
- ganti 2 buah valve control @ 500.000 = 1.000.000
- ongkos bongkar pasang injector = gratis
- ongkos kuras tangki = 80.000 (karena hrs beli jirigen 40l)
- purging dng liqui moly 1 kaleng = 180.000
- carbs cleaner 1 kaleng = 50.000
===> total biaya = 1.325.000 saja
KESIMPULAN 1.325.000 VS 18.000.000 pilih yg mana.......??????
hemat 16.675.000
wah sy salah hitung, estimasi dari beres @8jt include ppn mereka tdk berani pastikan hrg krn tdk ready stock jd total 16jt belum lain2
harga di eb*y yg baru 4,7jt belum ongkir, ppn 10%, pph 7% kl punya NPWP kalau ga punya kena 15% total ±6,5jt ini yg 30hr baru datang barangnya,
kl yg express 5-7hr lebih mahal lagi ongkirnya
yg bekas di eb*y juga banyak harga separuhnya
harga di lokal selain beres sy tdk tau.....
by Judi
sumber : serayamotor
Tulisan yg menarik.
ReplyDeleteSaya baru 1 bln beki captiva diesel fl 2011.
Masalahnya sama kerusakan pada injector.
Tidak tanggung2x 3 buah yg rusak.
Harga 1 pc 5,8 jt.
Info dari bengkel bisa ganti nozzel nya saja sekitar 1 jt.
Tp barang gak ready. Harus inden lama (bisa 1 bln lebih)
Mhn info no telp atau WA om judi brp ya?
Saya awam ttg mobil, apalagi mobil captiva.
Saya butuh solusi.
Trims
saya ga tau kontak WA/telp om Judi. Tapi coba private message di serayamotor, link bisa diclick di atas.
DeleteCoba di rekondisi ke PT.Fakta Jaya Motor, bengkel tsb punya alat untuk rekondisi injector Delphi, nanti nomor injector nya juga otomatis ganti, harga 1/2 beli baru dan ada hasil tes lengkap nya, saya sdh 2x rekondisi ke tempat tsb, hasilnya kembali normal dan hasil test return nya bagus.
ReplyDeletebisa share alamat / telp dari PT Fakta Jaya Motor ?
DeleteFakta Jaya motor (021) 6261999
ReplyDeleteShare dikit ttg injector, captiva saya sdh ganti 3 injector, 1 ganti baru, 2 rekondisi
Sejak awal saya test return bahan bakar dari injector spt bro yudi ajarkan, hasilnya memang ga boong, yg ngocor paling banyak biasanya yang paling parah. Setelah penggantian 3 injector secara bertahap dlm rentang 11 bulan tarikan captiva saya jadi jambak lagi dan gas mobil jadi padat ada isinya..yg aneh bau asap gak kecut lagi (analisa saya bau kecut dari bahan bakar yg tidak terbakar sempurna)
Penyakit captiva boring nya ngantong juga hati2, buruan beresin injector, krn misfiring menyebabkan banyaknya deposit di ruang bakar yg menyebabkan boring tergerus. saya juga pakai bardahl oil additive untuk campuran oli, harganya gak mahal, sejak pakai itu volume oli gak gampang berkurang.
Oh ya saya bukan salesnya FJM ya, saya hanya pengguna captiva yg terbantu dgn adanya FJM krn bisa rekondisi injector dgn alat2 dan penanganan professional...apa lagi harganya, semoga harganya gak tambah mahal..hehehe, semoga membantu
siap. thanks sharingnya, semoga berguna buat pembaca blog ini.
DeleteNo tlp kantor / wa, lokasi daersh mana
ReplyDeleteMantap ini saya jg lg nanganin yg 2011 injektor nomer 3 ngocor deras dan nomer 4 agakendingan,,,tp sdah berpengaruh susah hidup,,,harus dipancing bensin ato dijumper dengan arus besar supaya crankingnya lebih cepat baru bisa idup,,,mudah2an setelah diganti lgsung sembuh...
ReplyDeleteQ beli yg type 2011 harga 4,5 barunya
ReplyDeleteSalam Badaker om....
ReplyDeleteMohon izin newbie nanya2 om.....
Untuk valve control, di toko2 online baik lokal dan international kan banyak jenis atau seri nya, apakah untuk captiva 2013 sama saja?
Pengalaman selama dipake untuk si Badak, beli dari china apa baik2 saja om? soalnya ada yg di e*ay itu dari UK, harganya memang lebih mahal dan di iklannya berani nampilin dusnya yg ada merk-nya, kalo yg dari china kan ga berani nampilin dusnya. Kalo boleh tahu no WA-nya om...no sy di 082299500115, insyaAllah lebaran mau dipake mudik ke Sidoarjo om...