DIY : Custom Ground Cable XPander dengan peletakan plat tembaga di Firewall {Nugroho Prasetyo, Andrei Achrat}

 gambar 1 - Plat tembaga konsetrasi kabel grounding pada Firewall
otodiy.blogspot.com
Kali ini gw keracunan om Andrei Achrat yang tempo hari ngajak diskusi soal Kabel Grounding dan Voltage Stabilizer yang bertujuan agar tarikan/akselerasi lebih stabil di berbagai putaran mesin. Berbeda dari instalasi kabel grounding pada umumnya (di mobil lain spt di Veloz atau Avanza G dulu) yang memasang plat tembaga di minus accu, di xp gw pilih firewall sebagai penempatan plat tembaga dengan konsekuensi salah satu kabel grounding diarahkan ke kutub negatif aki dengan tujuan konsentrasi flow arus listrik (pergerakan elektron dari kutub negatif ke device) lebih tersebar merata, misalnya ke ECU, klakson, lampu, dsb. Selebihnya kabel grounding dipasang di Blok Mesin dekat alternator, di Throttle box (bawah air filter box), dan di gearbox (dibawah dudukan aki).
Hasilnya:
  • Suara mesin lebih halus
  • Akselerasi di RPM bawah lebih berasa isi
  • FC rumah ke kantor yg biasanya 1:13, sekarang 1:15 (selama 3 hari ini) dengan kondisi jalan ramai cenderung padat

DC: Kabel grounding (NYAF 10 mm² atau 8 AWG), plat tembaga, skun Rp. 190.000,- untuk Voltage Stabilizer merk tidak terkenal Rp. 170.000,-.

Berikut panjang kabel grounding yang digunakan (diukur dari dudukan plat tembaga di tengah firewall/bracket selang booster rem)
  • Ke accu = 1.4 m
  • ke Transmission Gear Box (AT) = 1.2 m
  • ke Throttle Box (dibawah air filter box) = 1.6 m
  • ke kompressor AC = 2.4 m
  • ke Alternator = 2 m
  • ke cover cylinder head (diatas dudukan alternator) = 2 m


Special thanks to om Arief Sjamsudhiarto 🙏
 gambar 2
gambar 3

video 1 - Video jalur kabel Grounding
Andrei Achrat : Ini karya saya

 gambar 4
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
 gambar 8
gambar 9

by Nugroho Prasetyo, Andrei Achrat
sumber : facebook XMOC

Comments

  1. kabel pump bahan bakar warna apa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya warna kabel positif nya ? kurang tau gan

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Troubleshoot extra fan AC tidak berputar, bersihkan ECT sensor dan test fan radiator {Reynaldo PS}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}