Share overhaul mesin Aerio yang bocor kompresi penyebab air radiator berkurang terus {Eko Hariyadi}

gambar 1 - turun mesin
otodiy.blogspot.com
Just sharing....
Berawal dari gejala air reservoir sering habis, check dengan cara buka tutup radiator (dalam keadaan dingin), trus nyalain mesin...eh terlihat gelembung udara muncul tiada henti. Indikasi kompresi bocor, buat pastikan tanya rekan2 AICer...dan mayoritas jawaban sama. Langsung berangkat bengkel langganan daerah Sepanjang, dan dilihat langsung....eh jawabannya sama, kompresi bocor harus ganti packing cylinder head. Ok...fix turun setengah (rencana awal sih hanya tune up rutin persiapan lebaran). Part dapat kiriman dr om Yogi Suryawan, dan sebagian lagi sudah ready.

Part yang ganti : 
  1. Packing Cylinder Head merk ITE
  2. Plug/water outlet cap + O ring merk SGP (yg lama terpaksa dirusak karena stuck gak bisa kebuka)
  3. Fanbelt alternator + AC merk SGP
  4. Filter oli merk SGP
  5. Seal as kruk depan merk SGP
  6. Waterpump merk NPW
  7. Oli 1 galon merk Federal Rextron 10W40
  8. Radiator Coolant merk TMO 4 liter + merk Top1 Power Coolant 4 liter


Setelah mesin kebuka setengah, terlihat jelas kerak sisa air, dan beberapa bagian keropos. Next wajib pakai coolant. Hasil...setelah terpasang semua test awal air radiator tenang tanpa gelembung....(lega...). Test jalan luar kota temperatur aman, mesin terasa halus, tarikan enteng......alhamdulillah. Reservoir aman...gak kurang gak tumpah. Hanya waktu nyalain AC fanbelt masih berdecit, perlu dikencengin lagi (maklum masih baru...masih melar).
Terimakasih buat om Yogi Suryawan (buat part dan konsultasinya), om Kun Widodo (buat konsultasinya) om Rusly Muhammad (buat kesediaannya tak titipi part di Kedungdoro)
Yo ngene iki enake akeh dulur.....gak bingung lek Aerio bermasalah...
#seduluransaklawase
#aic408sejati

 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
Antar silinder kq spt las2 an (gambar 4), mestinya renggang ? tu kumpulan kerak air yang nempel. Setelah dibersihkan kelihatan celahnya...Ini lebih dekat (gambar 5)....kerak nya wow banget, ampun wis....gak lagi pakai air biasa
 gambar 5 - kerak air di water jacket
gambar 6 - parts
Bengkel nya di daerah Kalibader, namanya Pak Tris Bengkel


  • Packing cyl head merk ITE = 175 rb
  • Plug/water outlet cap + O Ring (SGP) = 250 rb
  • Seal as kruk depan (SGP) = 90 rb
  • Waterpump NPW = 350 rb
  • Oli Federal Rextron 10W40 = 280 rb (4liter)
  • TMO radiator coolant = 90 rb
  • Top1 radiator coolant = 60 rb
  • Filter Oli (SGP) = 45 rb
  • Fanbelt alternator + AC = 75 rb (2 pcs)

jasa bongpas 750rb all in

video 1 - radiator setelah turun mesin
warna coolant berubah : coolant pertama warna merah, karena kurang saya tambahi coolant warna ijo😀
bocor tuh klo keluar gelembung udara secara kontinue (video 2)
video 2 - radiator sebelum turun mesin

Sudah sembuh, sudah test antar kota, via tol lari2 kecil....alhamdulillah kembali sedia kala, siap touring lagi...
Itu ngisi air di tabung reservoirny sebelum dibenerin seberapa sering ? Tiap habis dipakai....besok nya pasti ngisi

by Eko Hariyadi
sumber : facebook AIC

Comments

  1. Gan jd gmana caranya ngebuka cap yg stuck? Punya ane juga stuck nih, please help

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova