DIY : troubleshoot lampu kabin Aerio redup / mati, saklar lampu penyebabnya
gambar 1 - dome light / lampu kabin
otodiy.blogspot.com
Udah lama lampu kabin / doom light di Aerio meredup, asalnya udah terpasang lampu LED tapi bukan yang tipe bright. Sementara newbie biarkan dan kapan hari beli lampu COB kecil untuk menggantikan lampu LED yang udah mau mati.
Namun ternyata saat lampu LED COB yang baru dipasang, hasilnya tidak menyala. Newbie tes di soket lampu dengan AVO meter hasilnya tidak ada arus listrik, kebetulan waktu itu tes dengan AVO meter analog jadi agak susah juga liat voltase listrik yang kecil, jarum sama sekali tidak bergerak. Anehnya kalau LED yang lama ditempelkan bisa nyala meski sangat redup.
Langkah pertama langsung cek fuse, cabut penutup (gambar 2) dan setelah dibaca lampu Dome dan Radio gabung fuse-nya, sedangkan radio / head unit bisa menyala dengan baik. Artinya bukan masalah fuse putus. Dugaan berikutnya adalah Grounding. Setelah lepas rumah lampu (gambar 1) dah soket-nya, langsung tes dari soketnya dengan AVO, hasilnya listrik bagus..... dieng...... nah lho.... lampu LED COB coba langsung colok ke socket dan nyala dengan terang benderang. Colokin lagi soket ke rumah lampu, tes pakai AVO, ya bener-bener tidak ada listrik.... Masalah ada di rangkaian di rumah lampunya berarti......
gambar 2 - Fuse Dome Light gabung sekaligus Fuse radio
gambar 3 - Rumah lampu kabin bagian depan
Terlihat di gambar 3 :
- Sisi kiri (kotak merah) soket lampu, ada 3 pin : ground yang ikut saklar ON, plus, ground yang AUTO ikut pintu
- Saklar (kotak biru), untuk mengatur lampu off atau Auto ikut pintu atau ON
- Socket Festoon (kotak kuning) : kiri plus, kanan ground tergantung saklar di posisi mana
gambar 4 - AVO set ke cek resistance 200 ohm
Pakai AVO digital, set ke 200 Ohm untuk mengetes jalur mana yang hambatannya besar atau bahkan terputus sama sekali. Cek resistance direct antar probe, hasilnya 1.2 Ohm, jadi anggap 1.2 Ohm adalah 0 Ohm dari rangkaian yang ditest.
gambar 5 - tes satu, soket plus ke soket lampu
Hasil tes untuk plus, normal saja (gambar 5).
Hasil tes untuk Ground dengan posisi Saklar digeser ke ON, ternyata hambatannya besar (ga kefoto). Wah berarti ada masalah.
gambar 6 - soket ground ke plat jalur ground
Tes soket ke plat jalurnya (gambar 6), hasil OK, artinya sambungan soket ke plat nya normal
gambar 7 - soket ground ke plat jalur ground lampu
Lanjut tes soket ke plat jalur yang mengarah ke soket lampu (gambar 7), hasilnya tidak terkoneksi. Padahal saklar di posisi ON. Masalah berarti.
gambar 8 - plat lajur soket lampu ke soket lampu
Lanjut tes dari plat soket lampu ke soket lampunya (gambar 8), hasil OK, artinya sambungan plat itu ke soket lampu normal tanpa masalah
gambar 9 - tes dari ground AUTO ke jalur plat Auto
Sekarang tes untuk jalur saat saklar di posisi tengah / auto. Hasilnya terlihat di gambar 9, OK, artinya soket auto ke plat auto sambungannya tidak ada masalah.
Lanjut tes dari soket auto ke ground soket lampu, hasilnya sama seperti saat soket ON yaitu tidak ada koneksi sama sekali. Dari testing di atas kecurigaan masalah ada pada saklarnya. Untuk itu penutup saklar warna hitam dilepas dulu, sehingga terlihat seperti di gambar 10.
gambar 10 - penutup saklar dilepas, posisi saklar digeser ke ON
gambar 11 - penutup saklar dilepas, posisi saklar digeser ke OFF
Setelah diamati ada plat kecil yang ikut bergeser-geser saat saklar dipindahkan dari OFF ke AUTO dan ke ON. Perhatikan gambar 11, untuk OFF maka tidak ada plat yang terhubung, saat di geser ke AUTO maka plat kecil akan menghubungkan plat kiri dan plat tengah, dan saat digeser ke ON maka plat tengah terhubung dengan plat kanan.
gambar 12 - dicoba dibersihkan
Newbie coba bersihkan kontak plat-platnya, secara visual tidak ada tanda-tanda kotor.
Setelah itu tes dengan AVO lagi apakah terhubung atau tidak. Anehnya tetap tidak terhubung. Setelah diotak-atik dengan menekan plat dengan jari ke arah plat kecil sambil dilakukan testing, hasilnya jadi terkoneksi dengan baik. Artinya problemnya plat-plat di gambar 12 kurang kuat menekan plat kecil yang ikut bergeser-geser saat saklar digerakkan.
gambar 13 - kertas dilipat-lipat untuk pengganjal / menambah tekanan
Newbie ambil kertas yang dilipat-lipat supaya tercapai ketebalan yang diinginkan, kemudian tes pasang lagi penutupnya.
gambar 15 - Saklar posisi ON, tes dari plat ground ke soket lampu
gambar 16 - Saklar posisi AUTO, tes dari plat ground auto ke soket lampu
Nah sudah terhubung sekarang, lanjut tes kalau dari kaki soket listriknya.
gambar 17 - kaki socket listrik ke socket lampu (mode ON)
gambar 18 - kaki socket listrik ke socket lampu (mode AUTO)
nah sip sudah. problem berarti pada saklar lampu yang kurang terkoneksi dengan plat-plat lajur listriknya. Solusi tambah pengganjal agar koneksi lebih baik.
Berikutnya tinggal tes pasang di mobil/
gambar 19 - soket listrik dipasang
gambar 20 - lampu menyala
Yup sukses menyala sekarang dengan sempurna.
gambar 21 - terang lagi dah
Tes kondisi ON. tes kondisi AUTO dan buka tutup pintu. Lancar.... Solved !regards,
singachu
Ok gan, sensor etc kayaknya yg kw, soalnya kepala soket yg warna putih, bukan yang hitam..
ReplyDeleteini meng komen post yang mana ?
Deleteada yang tau .kap lampu cabin dalam depan mobil ford rengger
ReplyDelete