Setir berat setelah perbaikan pompa power steering, lubang cone nut terhalang

 gambar 1 - setir terasa berat
otodiy.blogspot.com
Siang om
Mohon bimbingannya
Motor pompa power steering aerio pakai punya apv pnp kah? (pnp tapi harus kikir dudukan baut)

Chip AIC Jatim, om Firky :
Setir nya berat.. Ketemu di taman pinang.
Baru di bongkar pompa nya.. Apa balikin nya salah?
Ke bengkel 2 kali diagnosa nya beda.. Satu bilang rackstir.. Satunya bilang pompa..

Selang hipressure power steering pakai yang ori
Awalnya ganti selang high press ok steer sudah enteng cuman ada rembes posisi konut
Akhirnya repair bocor pompa setelah repair masih enteng dapet 2 hari berat sternyaa

Sudah ta balikin kebengkel diagnosanya racksterr ...
Q ragu om g yakin akhirnya ganti bengkel tuk diagnosa ternyata yang bengkel baru diagnosa motor pump ps. Bukan rack steer,

Yang pertama bengkel Aggaswangi auto service (ada di google)
Yang kedua aku cekkan di bengkel adi putro

Kapan hari bawa ke Aseng Rungkut Surabaya, dibilang kalau konut bocor ga bisa repair 

 gambar 2 - bongkar di Duki

Sedang dibongkar om. Kemungkinan mirip kasus nya om ardi kmrn

om Ardi :Saat stir berat,  yg di alami 896Baut atas yg ada pipa aluminium.... Terlalu tipis ring kuningannya,  akhirnya lubang baut yg di bawah tertutu kisi lingkarannya,  baut nya ada lubang kecil2....itu yg ketutup kisinya, oli yg kluar gak bisa..... Sirkulasi oli tertutup,  akhirnya di bikinin ring dari plat nomer bahan aluminium,  bikinan bengkel,  alhasil normal sampe sekarang.  ring kuningannya dah tipis,  setelah di kencengin bautnya terlalu masuk,  jadi di bautnya yg ada lubang2 kecil,  artinya terlulu masuk bautnya karna ring udah tipis


 gambar 3 - ternyata ada yang buntu
Ternyata ada kebuntuan. 
Ada yang putus ndak mau di ajak balikan (gambar 4)

gambar 4 - o ring di konut

Di duki om. Langganan om ardi. Di sidoarjo
Solved. Wes uenteng setir e..

Masih sama om sealnya neaple aja ganti cuman g di kasih sealent.
Kasusnya kan sealent menutup lubang di neaple sehingga oil tidak bisa suply ke rack ster akibatnya saat diam berat ster kemudinya saat jalan ringan cuman g seringan normalnya
Masalah sepele sebenarnya, cuma kadang beberapa bengkel malas bongkar, maunya ganti2 aja.....ini Duki mantap bisa buat rekomendasi....biaya 75rb

Yup 75rb
Sebelumnya di Aggas wangi kena 375 rb
Bukan ring kuningan om
Tapi seal yg di naple/ knut , Ada DIY nya om singachu. juga pernah ganti.
081233053983 namanya Dukik

lokasi : https://www.google.com/maps?q=-7.4379656,112.7326157&z=17&hl=en
Jl. Raya Kemiri 28
gambar 5 - bengkel mas Duki

by om Adi AIC
sumber : WA Group AIC Sejatie

Comments

  1. Panther saya jg bgt penyakit'y om. Emg cuma ganti seal nappel'y saja ya om? Btw seal nappel posisi'y dmn ya om? Mohon pencerahan'y om. Terimakasih

    ReplyDelete
  2. Mau tanya om, dua hari lalu sy melakukan perbaikan pada kaki2 mobil bmw e90 sy , dan oleh meknik di saran kan untuk press kaki2, dan setelah selesai knp ya setir terasa jd lebih berat dr sblm nya, ketika sy tnya pada mekanik nya di saran kan utk sporing, lalu sy sporing , tp setir msh tetap terasa berat, st tanya kan pada mekanik sporing, jawab nya emang setlelah pres kaki setir memang trasa berat, tp kira2 seninggu nanti normal sprti biasa, pertanyaan sy, apa kah pasca press kaki kaki, efek nya setir teras berat dan apakan bener setelah seminggu akan norma lagi. Mohon pencerahan nya.. terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin