Kamis, 07 Agustus 2014

Perbaikan rembesan oli power steering dari seal baut plug relief valve Suzuki Next G

gambar 1 - plug relief valve yang sudah dibongkar
http://otodiy.blogspot.com 
Sebenarnya udah lama banget bagian bawah dari power steering di suzuki baleno Next G terlihat basah, setelah dicoba dibersihkan ternyata didapati rembesan berasal dari bagian terbawah dari pompa power steering, tepatnya di baut/plug no 6 bila dilihat di gambar 2. Hal ini persis seperti yang direportkan oleh teman pemakai Aerio. Sayangnya posisi untuk memperbaikinya terhalang oleh Compressor AC. Karena rembesan relatif sangat sedikit dan nyaris pemakaian beberapa bulan hanya mengurangi level oli power steering di tabung reservoir beberapa cm saja dan tidak membahayakan, jadi untuk sekian tahun newbie cuman tambah aja oli di tabung. Akhirnya sewaktu ada kesempatan newbie bawa ke bengkel Pak Jono.

gambar 2 - diagram pompa power steering
(1) suction connector bolt
(2) suction connector
(3) O-ring
(4) pump body
(5) power steering pressure switch (terminal set)
(6) plug
(7) cover bolts
(8) flow control spring
(9) relief valve (flow control valve)
(10) pump cover
(11) O-rings
(12) snap ring
(13) vanes
(14) rotor
(15) cam ring
(16) side plate
(17) O-ring
(18) pulley
(19) oil seal
 gambar 3 - plug yang di-disassembly
Newbie kebetulan pernah dikasi pompa power steering milik teman yang sudah pernah dibongkar dan sudah rusak, pikir newbie mending dibawa aja biar lebih enak menerangkan sumber bocornya ke mekanik di bengkel.
Setelah mekanik mengamati dari bawah mobil, dan setelah mengamati pompa PS bekas yang newbie bawah, maka mekanik tersebut mengerti sumber permasalahannya. Namun begitu mekanik tersebut melihat di bagian tengah plug (gambar 2 - no 6) tersebut masih ada bagian tengahnya yang juga merupakan sumber rembesan, jadi bukan hanya di sisi luar plug itu saja tetapi di sisi tengahnya.
 gambar 4 - lubang untuk membuka circlip
Sebelum melakukan pembongkaran langsung pada Pompa PS di Next G, maka dicoba melakukan oprek-an percobaan di pompa PS bekas dulu. Setelah dilepas plug-nya dan diteliti, ternyata ada lubang di kecil di samping kepala baut plug (gambar 4 yang dilingkari merah). Melalui lubang ini ditekan dengan kawat kecil untuk menekan circlip ke dalam dan selanjutnya circlipnya di congkel keluar. Hasilnya seperti terlihat di gambar 3, Baut plug jadinya terpisah menjadi 3 bagian : (1) baut plug yang sisi luar, (2) bagian tengah plug yang bisa maju mundur mengikuti spring dari relief valve, (3) circlip yang dilepas. 

Baut plug sisi luar adalah yang di foto no 4.
Bagian tengah plug terlihat di foto no 5 dan juga di foto no 6, di sini ternyata ada 2 O ring tambahan yang juga harus diganti. Bila tidak maka rembesan oli masih akan terjadi. 
Circlip terlihat di foto no 6.
 gambar 5 - ada 2 O ring lagi di sini
 gambar 6 - bagian tengah dan circlip baut plug relief valve
Setelah yakin penyebab bocornya dan bagaimana perbaikannya, baut yang sudah terlepas dibawa ke toko sparepart untuk dibelikan O-ring yang sesuai, setelah itu langsung dilepas dari pompa PS yang terpasang di Next G. Proses melepasnya dimulai dari melepas belt AC, melepas baut pangkon compresor AC sehingga compressor tersebut tidak menghalangi pompa PS. Selanjutnya melepas baut plug dari bawah tanpa menurunkan/melepas pompa PS dari tempatnya. Tentu saja disiapkan wadah untuk menampung oli PS yang mengucur.
Setelah terlepas dilakukan proses pembongkaran lagi, kali ini pada baut plug yang di Next G (gambar 7). Di gambar 7 nampak berusaha melepas circlip dengan menekan melalui lubang di samping kepala baut (gambar 4). Ternyata susah karena circlipnya agak bandel (gambar 8)
 gambar 8 - proses melepas circlip
 gambar 9 - kawat untuk menekan circlip
 gambar 10 - dua orang melepas circlip
Akhirnya dua orang yang melakukannya (gambar 10), satu orang menekan circlip ke tengah/dalam, satunya lagi mencongkel circlip yang sedang ditekan agar bisa keluar dari tengah baut plugnya. Ngelihat prosesnya terasa ngeri, karena kalau ada meleset, bisa-bisa kawat menusuk ke tangan.....serem....
O Ring pun diganti semua dengan yang baru, baik bagian tengah dari plug maupun bagian luarnya. Setelah selesai dilanjutkan proses pemasangan ulang ke pompa PS (gambar 11)
gambar 11 - memasang ulang baut plug pompa Power Steering
Done, dipakai pulang ke rumah, cuci bersih, coba lagi dstnya, udah jalan 1 bulan lebih dan tidak nampak kebocoran lagi. Total biaya 75rb udah all ini termasuk O-Ring dan Jasa.

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar