Timing chain tensioner guide Aerio lemah membuat mesin kasar bergetar dan loyo {Firmansyah}

gambar 1 - timing chain guide
 otodiy.blogspot.com
Izin share pengalaman si oreo
Maaf kalo kepanjangan..
Ketika mesin panas, terkadang ada suara besi beradu, seperti stelan klep renggang (tek tek tek) suara mesin kasar sekali sampai di dalam kabin saja kedengaran, kalo diperhatiin jadi mirip2 suara colt diesel..
Efek.ny selain suara kasar mirip colt disel+ suara klep + mesin bergetar.. tenaga mobil jadi loyo ngga ada akselerasi, dan knalpot rada ngebul hitam
tapi case.ny kadang2.. ketika pas gejala bunyi kasar lalu digas kenceng seketika ilang lagi bunyi kasar.ny..
Terus berulang bbrp minggu, dibawa ke bengkel kemungkinan kata.ny oli ngga naik atau stelan klep terlalu renggang..
setelah di stel ulang klep dan flushing oli, ternyata gejala ngga hilang..
akhir.ny coba bawa ke beres di bulak kapal-bekasi timur, setelah di cek disaranin buat ganti tensioner timing chain seperti di gambar, kt mas mekanik.ny gejala ky gini sering ketemu di suzuki ertiga jadi dicoba aja dulu apalagi liat kilometer yg udh diatas 250rb mestiny part ini udh diganti kata.ny..

 gambar 2 - timing chain guide
gambar 3 - pembelian part


Akhir.ny order part di tokped, lalu eksekusi..

sejak senin kemarin dipakai ngga muncul lagi bunyi2 aneh, malah suara mesin ky lebih halus dari biasanya dan tenaga kembali responsif..

di beres cuma konsultasi aja om, sama pengecekan..
biaya cek aja cuma 200rb-an
ganti.ny di bengkel luar, 400 rb jasa saja


bunyi kadang saat dipanasin om.. tapi saya baru nemuin 2x pas manasin bunyi..
tapi sering.ny kalo dipake jalan jauh/macet baru keluar bunyi2 aneh dr kap mesin.. suara klep, mirip kaya klep ngga kena oli.. kasar banget.
dan kalo udh bgtu irama mesin mirip mobil colt diesel, ngga enak dan ngga bertenaga
kalo saya, kadang aja (ga selalu tiap 800 rpm).. yg jelas pas mesin panas..
ntar pas di blayer gasnya bisa ilang, bisa ngga..
tp kalo mesin udh adem, pasti ilang
kl suara.ny sama, mirip suara besi beradu/klep kendor ky ngga kena oli..
kemungkinan sama om, soal ny kt mekanik beres part ini emang sih maintenance free karena timing chain oreo kan emang ngha bisa di adjust.. biasa.ny guide tensioner ini kalah karena bahan seperti plastik/teflon.. ditambah udh usia km 200rb-an.. jd timing chain kendor dan dia gesek ke body cover.ny

kemaren jg gambling sih, cuma mekanik.ny bilang dia pernah nemuin kasus suara kasar bgni di ertiga.. udh bbrp x malah.. jadi dia saranin buat ganti aja part ini dulu, siapa tau bener?
lagian harga part.ny jg ngga bgtu mahal.. jadi.ny y udah sekalian aja saya ganti.. dan ternyata bener..
kalo biaya jasa doang 400rb om..
yg diganti cuma guide tensioner 2pcs sama oli..
padahal baru seminggu ganti oli, ee... ganti lagi pas bongkar..

by Firmansyah
sumber : facebook AIC

Comments

  1. sepertinya saya punya problem yg sama, benerinnya dibengkel mana om

    ReplyDelete
  2. boleh minta kontak nya mas?saya mau nanya?

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten