Review perbaikan Aerio bergetar di setir di kecepatan 80 km/jam ke atas {Yogi Suryawan}

gambar 1 - inner cv joint kiri dan kanan
 otodiy.blogspot.com
#repiu gaeasss....
Setelah saya berkeluh kesah kemarin di sini masalah getar dikecepatan diatas 60 km/jam dan getarnya sampai body mobil, berdasarkan saran dari teman saya lakukan semuanya. Semua dicek satu per satu mulai dari mounting, bushing" lower arm Dan ball join nya. Ahirnya disimpulkan bahwa yang rusak dan perlu diganti adalah
  1. Engine mounting depan, belakang, dan kanan (rusak parah)
  2. Inner CV.join kanan dan kiri (rusak parah dan sudah diganjel)
  3. Laker intermediate (sudah kering)
  4. Long tie rod (sudah Oblak parah)

Rusaknya engine mointing menyebabkan tidak ada peredaman, ditambah dengan kerusakan di inner CV join Dan long tie rod ahirnya pada kecepatan di atas 60km/jam body dan stir getar parah. Selain itu juga akibat kerusakan inner CV join akan terasa bunyi "klukkk atau kleekkk" saat akan akselerasi atau saat kecepatan nanggung misalkan mau berhenti di lampu stopan akan nyendal" karena ada speleng di inner CV join (antara bearing CV join dengan rumah CV joint).

Mungkin itu sedikit repiu dari saya dan yang mengerjakan adalah mas mekanik. Untuk teman" yang punya keluhan dengan Aerio nya jangan ragu" cari dulu di search engine ya....

*Salam Ojo sambat*


video 1 - test drive getar di 80 kpj
#curhatNganu....Aerio temen kalau diatas 80 km/jam (pedal gas diinjak) body geter sampai ke dashboard, tapi kalau pedal gas tidak diinjak meskipun kecepatan Diyas 80 km/jam geternya ilang (video 1). Kondisi engine mointing depan belakang rusak.Pertanyaannya adalah1. Apakah itu disebabkan karena engine mointing2. Apakah itu disebabkan oleh inner CV join3. Apakah itu disebabkan oleh laker intermediate4. Apakah itu disebabkan oleh laker roda.Makasihsumber : facebook AIC



video 2 - part yang diganti

video 3 - test drive setelah perbaikan
gambar 2 - inner cv joint kanan 
gambar 3 - inner cv joint kanan 
gambar 4 - inner cv joint kiri 
gambar 5 - intermediate shaft dan bearing intermediate
 gambar 6 - bearing intermediate
 gambar 7 - long tie rod
 gambar 8 - nota
gambar 9 - nota
Untuk engine mointing aku pake original. Untuk part lainnya pake KW saja.

by Yogi Suryawan
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Letak fan double blower, evaporator dan pembuangan air AC Innova {ipah2.0v}