DIY : modifikasi celah klep Aerio untuk mengatasi bunyi mesin yang kasar {Yogi Suryawan}

 
gambar 1 - modifikasi setel klep
otodiy.blogspot.com
Kembali belajar dan kembali berbagi

Singkat cerita..... Aerio kesayangan dan yang tersayang om Hayat Agung Sarono habis turun mesin. Tetapi setelah selesai turun mesin saat mesin dihidupkan suara mesinnya seperti suara mesin diesel. Penyebab awalnya adalah saat bongkar Shim dan tapet tidak diurutkan atau dikasih tanda sehingga saat dipasang mungkin yang seharusnya misalkan tapet dan shim klep nomor 5 dipasang di klep no 16, sehingga celah shim dan noken as bisa terlalu rapat atau terlalu renggang dan tidak sesuai rekomendasi manual repair Suzuki aerio (gambar posisi shim sebelum di bongkar). Nomor ketebalan shim ada dibalik Shim Dan ketebalan shim sesuai nomor shim (gambar ketebalan shim).

video 1 - suara mesin kasar karena celah klep
 gambar 2
 gambar 3
 gambar 4
 gambar 5
gambar 6

Kemudian saya coba bagi menurut ketebalan shim 240 (3pc), 243 (5pc), 245 (5pc), 248 (2pc), 250 (1pc). Untuk 240 dan 243 saya letakkan di klep in, Dan yang 245 dan 248 dan 250 saya letakkan di katup ex (gambar posisi shim setelah ditukar posisi). Setelah itu saya ukur celahnya (gambar celah sebelum distel) ternyata celahnya in bervariasi 0,05-0,15 dan celah ex 0,00-0,20. Rekomendasi celah in kondisi dingin adalah 0,10 dan celah ex adalah 0,20, saat kondisi mesin panas celah in 0,20 Dan celah ex 0,30 info dari om Asep Ruhiyat (makasih udah minjemin buku manual repair Aerio versi bahasa indonesia 😁😁😁). Kok bisa ukuran celahnya tidak sesuai rekomendasi manual repair, bisa jadi saat skur klep menggunakan mesin sehingga siting klep "kemakan" banyak atau bisa juga saat head di slep tidak menggunakan mesin mingkin kira" seperti itu.

Ahirnya.....eng.....ing.....eng...... Dengan bantuan mas mekanik mas Yadi Mekanik, saya minta pertimbangan dan bantuan, kira" yang dikurangi (slep) permukaannya, punggung tapet atau kepala klep? Diputuskan lah oleh mas mekanik adalah kepala klep dengan cara di amplas menggunakan bor dengan alat yang ditancang sedemikian rupa. ahirnya celah yang tidak sesuai rekomendasi manual repair di slep dengan alat khusus ala mas mekanik sampai dapat celah sesuai rekomendasi manual repair dan informasi dari om asep, celah in dibuat 0,10 dan celah ex dibuat 0,20.

video 2 - tipiskan kepala klep 1
video 3 - tipiskan kepala klep 2 
 gambar 7
 gambar 8
 gambar 9
 gambar 10
 gambar 11
gambar 12 - 240
gambar 13

Setelah celah sesuai rekomendasi manual repair, Alhamdulillah setelah dihidupkan mesin suaranya halus meskipun masih ada suara klep tapi lirih (video terahir maaf kalau suaranya berisik karena belum dipasang filter udara)

Trusss repiunya suara berisik klep gimana?
1. Sempat terbalik posisi metal noken as, metal polos diletakkan di atas (nap noken as) dan metal yang ada jalur oli diletakkan di body cylinder head sehingga oli tidak sampai di noken as in suplai olinya miskin. Untung gak patah di jalan.... Heheheheheh.
2. Sebisa mungkin diberi tanda saat sebelum dibongkar dan dikembalikan diposisi yang sama saat merakit, minimal di foto. Kata mas mekanik.
3. Skur klep jangan menggunakan bor, harus manual, supaya siting klep dan klep tidak "kemakan" banyak. Kalau "kemakan" banyak ahirnya klep nya modot. Karena klep yang model ship tidak bisa di stel.
4. Mulai saat ini kalau mau slep cylinder head harus dibawa ketukang bubut, jangan dibubut pakai kaca, karena kalau pakai kaca takutnya permukaan cylinder head yang tegesek-gesek tidak rata biasanya yang "kemakan" banyak sisi pinggir karena tekanan tangan akibatnya permukaan cylinder head bisa melengkung meskipun hanya sekian milimeter dan ahirnya klep bisa modot dan noken as bisa goyang dombret karena ketarik.
5. Celah antara noken as dan shim terlalu rapat mengakibatkan suara klep berisik karena oli tidak bisa masuk dan menyerap antara tapet dan rumah shim. Untung ae per klep gak pedot perjalan dari banjarnegara sampai Sleman.

Alat dan bahan
  1. Kunci shock set
  2. Kunci T"8", T"10"
  3. Kunci Inggris meskipun Made in China
  4. Dongkrak
  5. Jangka Sorong
  6. Kunci ring set
  7. Kunci L meskipun bentuknya lurus
  8. Treebond
  9. Bor dan SST ala mas mekanik
  10. Amplas
  11. Pokokmen kudu iso, nek gak ISO head cylinder ganti ae daripada pusing.

Terimakasih buat ibu pemilik kost karena boleh pinjem tempat untuk dijadikan bengkel misbar dan maaf buat mba kost yang ngerjakan di depan pintu kamar jadi kelihatan jemurannya.

Sekian cerita dari saya, mudah"an awet tur anti sambat.
video 4 - hasil setel klep
gambar 14 - kepala klep / valve di bawah tapped yang di selep

by Yogi Suryawan
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}

DIY : service maintenance air compressor / kompresor angin

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten