DIY : memperbaiki air duct Sirkulasi AC Aerio yang bocor penyebab suara dan asap masuk {Erwin Juliant}

gambar 1
otodiy.blogspot.com
Maaf nyampah dulu juragan๐Ÿ™๐Ÿผ Berawal dari suara air yg terlindas ban depan sebelah kiri terdengar jelas di dalam mobil & juga bau asap dari kendaraan lain tercium sampai ke dalam mobil, kecurigaan mimin ada yg bocor di bagian damper inlet duct (diatas blower AC) & ternyata benar, mimin cari tau bagaimana cara membuka inlet duct berkat postingan Sdr. Iwan Yulianto dari Malang kalau ga salah

gambar 2
Pengikat inlet Duct sisi kanan ada 1pcs warna biru nut kunci 10mm, warna ijo ada screw(+) 2 pcs posisi horizontal.

gambar 3
Pengikat inlet Duct sisi kiri ada 1pcs warna biru nut kunci 10mm, warna ijo ada screw(+) 2 pcs posisi vertical, buka ini pakai obeng (+) kalau bisa yg panjang obengnya, karena mimin kesulitan karena terbatasnya area & pandangan. Khusus warna kuning patah sewaktu mengeluarkan dari dashboard๐Ÿ˜๐Ÿ™๐Ÿผ agak susah ngeluarin nya karena ga ada panduan yg jelas buat ngeluarin itu๐Ÿ˜๐Ÿ™๐Ÿผ jadi pakai akal & okol/otot

gambar 4 - inside circulation
Ni posisi penampakan damper saluran udara (inside circulation). Switch/saklar-nya (lampu orange menyala) posisi switch/saklar dibawah knob AC (old mode), switchnya gambar mobil yg ada tanda panah muter di dalam mobil. Kalau new mode kayaknya ada tanda sendiri (anak panah muter didalam mobil), lampu orange berada di posisi inside yg menyala

gambar 5 - outside circulation
Ni posisi penampakan damper saluran udara (outside circulation). Switch/saklar-nya (lampu orange mati) posisi switch/saklar dibawah knob AC, switchnya gambar mobil yg ada tanda panah muter di dalam mobil (old mode). Kalau new mode kayaknya ada tanda sendiri (anak panah dari luar masuk kedalam mobil), lampu orange di posisi outside yg menyala


gambar 6
Tanda merah sobek, kelihatannya abis dimakan tikus๐Ÿ˜ฑ, ni seperti membran valve tp terbuat dari bahan kanvas/kain, untuk fungsinya kayaknya dipakai membagi flow udara dari outside circulation ±90% inside circilation ±10% maaf sok teu๐Ÿ˜ . Untuk tanda kuning namanya lever/link mechanism/coro jowone tuas/pengungkit yg menghubungkan ke actuator. cara buka damper mimin tadinya bingung, berbekal keberanian mimin cungkil antara body/case upper ke lever & alhamdulillah damper bisa dikeluarkan, dibersihkan & dilem bagian2 yg bolong, gambar berikutnya nanti mimin jelasin.

gambar 7
Penampakan dari atas, upper casing, blower ac & tanda panah warna kuning menunjukkan "Actuator/penggerak damper agar bisa menutup (inside circulation) & membuka (outside circulation).

gambar 8
Buka blower AC sekalian ben resik/bersih, ada 3 pcs bolt/baut ukuran kunci 8mm, mimin buka pakai kunci shock, bisa juga dibuka pakai Allen key/kunci L bintang ukuran 4mm. Tanda hijau lepas socket kabel untuk blower caranya gampang, pencet lock tanda panah merah trs cabut. Keluarkan blower AC & bersihkan sirip2 blower dengan kuas+air+sabun

gambar 9
Penampakan damper setelah dicuci. Tanda hijau penampakan kain kanvas/membran Valve bekas digigit tikus/bakudung. Untuk busa bagian tengah dah pada mrupuli/rusak mimin biarin, mungkin sering berhubungan dengan udara luar & usia, yg penting area damper yg bersentuhan dengan upper casing masih ok

gambar 10
Tak buntu 4 kotak lubangnya memakai bekas kupasan kulit kabel power jembo terus kasih lem alcote, biar ga ada akses masuk untuk si bakudung/tikus atau bau knalpot dr luar atau suara dr luar (cipratan air yg terlindas ban suaranya paling kenceng).

Note:
Rekan2 bisa mengganti dg kain kanvas yg agak kaku tp resiko si bakudung/tikus bisa masuk
atau ditutup memakai plastik & dilem mati, pilihannya up to You Sir

gambar 11
Oia, sebelum mencongkel lever-nya damper (tanda warna biru), congkel terlebih dahulu lever-nya actuator yg menempel ke lever-nya damper, Congkelnya pakai perasaan ya gan๐Ÿ˜๐Ÿ™๐Ÿผ

gambar 12
Ni gan posisi switch/saklar-nya damper (khusus Oreo Old Mode), kalau lampu orange nyala berarti flow/sirkulasi udara yg dihembuskan blower AC hanya dari dalam mobil saja, kalau lampu orange mati berarti flow/sirkulasi udara yg dihembuskan blower AC ngambil dari luar ruangan. Abaikan switch yg bawah (on-off-on & US) ๐Ÿ˜ the others project๐Ÿ˜

gambar 13
Oia maaf gan, baru nemu cara paling mudah untuk mengeluarkan atau memasang inlet duct yaitu lewat box/Laci Dash board๐Ÿ˜… fuihh

gambar 14
Jangan lupa damper dipasang dahulu sebelum memasang inlet duct (elbow), masukkan duct dari bawah naik ke atas

gambar 15
Pas kan dulu 2 pcs baut yg paling atas, kemudian tekan ke bawah elbownya, karena agak terhalang dengan saluran AC yg warna hitam

sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Tarik kabel lampu kabin untuk lampu yang mengikuti nyala lampu kabin

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Ganti steering rack Ertiga dengan merk Heiker {Muhammad Rivaldi}