Kamis, 26 November 2009

tune up Engine Conditioner di GBT

Berawal dari baca brosur di GBT Raden Saleh Surabaya, tentang tune up Engine Conditoner, newbie ingin mencobanya. Maka di tanggal 14 November 2008 newbie menuju lokasi, biaya sebesar 225 rb atau 250 rb (sori agak-agak lupa).


Yang dilakukan adalah :
Cek emisi
gambar 1

hmmm Lamda agak lean, HC ama CO cukup rendah untuk mobil yang tanpa Catalyc Converter.

Peralatan injector cleaning disiapin :

gambar 2

gambar 3

Yang disiapkan di sini :
  • Selang bensin dari tangki ke fuel rail / injector di lepas, selang bensin dari fuel rail menuju tangki (fuel return) dilepas. Kedua selang tersebut disambungkan sehingga aliran bensin cuman muter-muter doang, jadi fuel pump dibiarkan saja kerja tidak akan masalah.
  • Dari tabung yang digantung, akan diisi cairan pembersih injector dan mesin akan menyala menggunakan cairan ini. Jadi dari tabung ini keluar selang masuk ke fuel rail, sedangkan selang dari fuel rail yang harusnya kembali ke tangki dibuntu. Kemudian tabung tersebut diberi tekanan dan tekanannya diatur menyerupai tekanan dari pompa bensin (fuel pump) dari mobil.
  • Berikutnya mesin dihidupkan, jadi mesin sekarang hidup memakai bahan bakar cairan pembersih injector. Diharapkan fuel rail, injector dan klep ini yang terlewati cairan pembersih ini jadi bersih. Mesin terus dijalankan dan sekali-kali di-gas sampai cairan pembersih habis.
Berikutnya disiapkan Carbon Clean, untuk membersihkan kerak karbon yang ada di ruang bakar (combustion chamber).

gambar 4

gambar 5

gambar 6

gambar 7



Cairan carbon clean dimasukkan ke alat dan ditiupkan ke dalam ruang bakar melalui lubang busi, busa akan luber keluar lewat lubang busi dan dibersihkan dengan cara disedot.

Saya sendiri tidak terlalu bisa merasakan hasilnya, kemungkinan karena kondisi mobil saat itu tidak terlalu kotor. Bisa juga karena perasaan newbie kurang peka :D

Lumayan lah, 200rb an dapet paket injector cleaning ama carbon clean.
Beli pembersih Carbon Clean nya di mana yah ? pingin DIY nih..... kalo pake cairan Engine Conditioner (EC) yang kaleng semprot isinya cuman dikit dan bakal habis berkaleng-kaleng kalo pingin sampai busa keluar dari lubang busi seperti di atas.
Kalau injector cleaning newbie lebih prefer cara bro centraltech8 :D

regards,
singachu

Comments
0 plus+

0 comments :

Poskan Komentar